Paklaring Adalah Surat Keterangan Bekerja, Intip Informasinya Berikut Ini

surat paklaring

Pernahkah Anda mendengar kata paklaring sebelumnya? Istilah tersebut mungkin masih awam di telinga Anda, padahal sebenarnya Anda sudah akrab dengan dokumen yang satu ini. Ya, paklaring adalah surat pengalaman kerja dari perusahaan yang menerangkan jabatan dan jangka waktu kerja yang sudah Anda lalui selama ini. Jadi paklaring ini dapat disamakan dengan surat pengalaman kerja atau surat referensi kerja yang bisa Anda peroleh jika memutuskan resign dari perusahaan tempat Anda bekerja. Sayangnya, banyak karyawan yang masih menyepelekan surat ini karena minim pengetahuan akan manfaatnya. Lalu sebenarnya apa saja ya manfaatnya? Yuk ketahui seluk beluk tentang paklaring di artikel berikut ini.

Mengenal Apa Itu Surat Paklaring

Di zaman sekarang surat paklaring penting untuk dimiliki apabila Anda memutuskan berhenti dari sebuah perusahaan. Seperti yang sudah disinggung pada paragraf sebelumnya bahwa paklaring adalah surat yang menerangkan bahwa Anda pernah bekerja pada suatu perusahaan pada posisi, jabatan dan kurun waktu tertentu. Namun, untuk bisa mendapatkannya Anda juga harus memenuhi syarat-syarat tertentu.

Surat paklaring akan diterbitkan oleh suatu perusahaan jika Anda sudah bekerja selama paling tidak setahun sebelum resign. Alasan keluar dari perusahaan pun karena mengundurkan diri secara baik-baik, bukan karena dipecat atau tersandung kasus tertentu yang merugikan perusahaan. Apabila Anda memiliki prestasi di perusahaan, tentu hal ini akan semakin memudahkan Anda untuk bisa mendapatkan surat ini. Apabila saat keluar dari perusahaan Anda belum menerima surat paklaring, datangilah kembali perusahaan Anda sebelumnya tersebut untuk dibuatkan surat paklaring.

Manfaat Surat Paklaring

paklaring adalah 2 - Paklaring Adalah Surat Keterangan Bekerja, Intip Informasinya Berikut Ini

Surat paklaring kini banyak diburu oleh para karyawan karena beberapa alasan. Salah satu alasan yang paling banyak ditemukan adalah surat paklaring menjadi syarat mutlak yang harus dilampirkan saat proses pencairan JHT BPJS. Jika dulu klaim JHT BPJS Ketenagakerjaan bisa dicairkan 5 tahun setelah resign kini hal tersebut bisa dilakukan segera setelah Anda keluar dari perusahaan. Hal ini tertulis dalam aturan pemerintah No.60 Tahun 2015 yang menyebutkan JHT BPJS Ketenagakerjaan dapat diklaim tanpa harus menunggu 5 tahun.

Manfaat lain dari paklaring adalah sebagai dokumen sah atau bukti otentik bahwa Anda pernah bekerja pada suatu perusahaan tertentu sebelumnya. Di dalam surat paklaring terdapat kop surat, tanda tangan serta cap perusahaan sebelumnya, jadi hal ini menjadi bukti yang valid yang bisa membuat pihak HRD percaya. Adanya surat paklaring ini juga bisa menjadi penentu diterimanya Anda pada perusahaan baru. Apalagi jika pada perusahaan sebelumnya Anda memiliki prestasi-prestasi yang menguntungkan perusahaan. Jadi, pastikan sebelum keluar dari perusahaan Anda sudah mengantongi surat ini karena sangat berguna bagi kehidupan Anda selanjutnya.

Baca Juga: Tips dan Trik Membuat Lamaran Kerja yang Efektif Agar Mudah Diterima

Bagaimana Cara Membuat Surat Paklaring?

paklaring adalah 3 - Paklaring Adalah Surat Keterangan Bekerja, Intip Informasinya Berikut Ini

Surat paklaring ini dibuat oleh perusahaan atas permintaan Anda, tentunya dengan memenuhi persyaratannya terlebih dahulu. Lamanya waktu yang dibutuhkan untuk menerbitkan surat ini tergantung dari atasan Anda karena harus ditandatangani olehnya terlebih dahulu. Berikut ini adalah kisi-kisi yang ada di dalam surat paklaring:

  • Kop Surat

Di dalam surat resmi seperti surat paklaring pasti harus disertai kop surat perusahaan di bagian atas. Selain sebagai identitas perusahaan, kop surat juga mengindikasikan bahwa surat paklaring Anda bukanlah surat palsu.

  • Nomor Surat

Untuk mempermudah proses pengarsipan, nomor surat harus tercantum di dalamnya. Hal ini dilakukan untuk mempermudah proses pencarian data jika sewaktu-waktu nanti dibutuhkan.

  • Isi Surat

Pada bagian isi surat biasanya menjelaskan tentang informasi karyawan seperti nama, jabatan, dan lama bekerja di perusahaan tersebut. Selain itu bagi yang memiliki prestasi, biasanya juga akan dituliskan beberapa rekomendasi dari perusahaan yang menerangkan pencapaian Anda kala itu. 

  • Pengesahan

Bagian ini biasanya berisi tentang pihak berwenang yang memiliki otoritas mengeluarkan dan mengesahkan surat paklaring tersebut.

  • Cap dan Tandatangan

Cap dan tandatangan merupakan bagian penting dalam pembuatan surat ini. Dengan adanya cap dan tandatangan membuktikan bahwa dokumen tersebut sifatnya resmi dan dapat dipertanggungjawabkan keasliannya.

Sampai disini sudah mengerti kan apa yang dimaksud dengan surat paklaring dan apa yang membuat surat ini begitu penting. Bukan hanya sekedar surat pengalaman kerja biasa, surat paklaring adalah surat yang bisa menentukan masa depan Anda nantinya. Jadi mulai sekarang jangan pernah remehkan surat penting yang satu ini ya!

IMG 20200502 151001 1 700x454 - Paklaring Adalah Surat Keterangan Bekerja, Intip Informasinya Berikut Ini

Selain surat paklaring, Anda juga harus jeli dalam memilih aplikasi keuangan. Zaman sekarang aplikasi keuangan sangat penting untuk mengelola keuangan Anda setiap bulannya. Selain itu aplikasi keuangan juga memiliki beberapa layanan menarik lainnya yang akan memudahkan Anda untuk melakukan berbagai transaksi keuangan secara online. Salah satu aplikasi keuangan yang sangat direkomendasikan adalah aplikasi Qelola.

Aplikasi Qelola adalah sebuah aplikasi online yang dirancang khusus untuk TKI di Malaysia yang ingin berkirim uang ke tanah air. Uang yang Anda kirim pun langsung masuk ke rekening tujuan di hari itu juga dalam sekejap saja. Tidak perlu ragu melakukan transaksi keuangan dengan aplikasi ini, karena dijamin aman dan terpercaya. Selain kirim uang, Qelola juga mendukung Anda untuk bisa membayar berbagai tagihan di Indonesia lho! Mulai dari tagihan listrik, air, TV Kabel, bahkan BPJS Kesehatan dapat Anda lunasi langsung dari Malaysia. Caranya bagaimana? Cukup dengan mengunduh aplikasi Qelola di ponsel pribadi, kini Anda bisa kirim-kirim uang dan bayar-bayar tagihanmu di mana saja dan kapan saja. Lebih lanjut tentang aplikasi ini, Anda bisa mampir ke website resmi Qelola disini!

 

Tags: , , , , ,