6 Alasan Mengapa Harus Kuliah di Universiti Utara Malaysia (UUM)

universiti utara malaysia

Universiti Utara Malaysia (The Nothern University of Malaysia) telah berdiri sejak 16 Februari 1984. Salah satu perguruan ternama di Negeri Jiran Malaysia ini berlokasi utama di Sintok, negara bagian Kedah, dan kampus cabangnya berada di Kuala Lumpur. Tidak ada ruginya jika Anda memilih untuk belajar di Universitas Utara Malaysia, karena kampus ini memiliki beberapa keunggulan yang sudah diakui. Salah satunya adalah lulusannya mampu bersaing di bidang manajemen secara internasional maupun menjadi wirausaha handal yang berilmu. Mari ketahui lebih lanjut berbagai keunggulan dan alasan memilih Universiti Utara Malaysia (UUM) berikut ini.

1.  Termasuk dalam Jajaran Universitas Terbaik di Dunia

Salah satu keuntungan dari kuliah di luar negeri adalah Anda akan mendapatkan pengalaman baru dengan lingkungan yang baru pula. Menimba ilmu di Universiti Utara Malaysia (UUM) menjadi kesempatan terbaik yang sayang dilewatkan. Per 2020, UUM berada di peringkat 591 – 600 universitas terbaik di dunia berdasarkan QS World University Rankings. 

Hal ini menunjukkan kualitas pendidikan dan sarana prasarana kampus ini terbilang mumpuni. Mulai dari akomodasi tempat tinggal untuk mahasiswa lokal dan asing, layanan visa bagi mahasiswa asing, perpustakaan kampus yang sangat kondusif hingga fasilitas umum untuk pejalan kaki dan pesepeda di sekitar lingkungan kampus. 

2.  Lingkungan Kampus UUM yang Asri dan Hijau

campus lawn sunny day 23 2148199911 - 6 Alasan Mengapa Harus Kuliah di Universiti Utara Malaysia (UUM)

Kampus utama UUM ini terletak di Kota Sintok, negara bagian Kedah, Malaysia Utara berjarak sekitar 400 kilometer dari Ibukota Kuala Lumpur. Letak kampus ini berada sekitar 40 kilometer dari Bandara Sultan Abdul Halim. UUM berada di atas tanah yang luas keindahan alam yang unik dengan lingkungan hijau, perbukitan, persawahan hijau membentang, udara segar, dan langit biru yang jernih. 

Lingkungan kampus yang hijau dan tenang ini sangat cocok dan mendukung untuk belajar. Perlu Anda ketahui, UUM dikenal dengan slogan “The University in a Green Forest”. Bahkan kampus ini bertengger di posisi ke-76 UI Green Matric World University Rankings 2020 dan menempati urutan ke-7 terbaik di ASEAN.

Baca Juga: Tips Menjalankan Pola Hidup Sehat Bagi Para Mahasiswa Rantau

3.  Beragam Program Studi di Universiti Utara Malaysia

exchanging funny pictures 1098 16932 - 6 Alasan Mengapa Harus Kuliah di Universiti Utara Malaysia (UUM)

UUM adalah pusat pendidikan manajemen berkualitas tinggi dan pusat sumber daya utama di bidang manajemen. Selain manajemen, Anda dapat memilih berbagai program unggulan mulai dari program sarjana, pascasarjana, dan program eksekutif. 

  1. College of Arts and Sciences (UUM CAS)
  2. College of Business (UUM COB)
  3. College of Law, Government & International Studies (UUM COLGIS)
  4. Accountancy
  5. Business Management
  6. Computing
  7. Economics, Finance & Banking
  8. Education & Modern Languages
  9. Government
  10. International Studies
  11. Islamic Business School
  12. Law
  13. Multimedia Technology & Communication
  14. Quantitative Sciences
  15. Social Development
  16. Technology Management & Logistics
  17. Tourism, Hospitality & Environmental Management

4.  Biaya Hidup Lebih Terjangkau Dibanding Kota Lain di Malaysia

Kampus UUM terletak di Kota Sintok, negara bagian Kedah dengan biaya hidup jauh lebih murah dibandingkan kota besar lain di Malaysia, seperti Kuala Lumpur. Bahkan jika dibandingkan dengan kota-kota besar di Indonesia, seperti Jakarta, biaya hidup di Sintok jauh lebih murah. Apalagi jika cermat dalam menyiasati seluruh kebutuhan bulanan serta gaya hidup sederhana, maka keuangan akan terkelola lebih baik. 

5.  Akomodasi Tempat Tinggal Khusus Mahasiswa Asing 

residential building with windows balconies 140725 7608 - 6 Alasan Mengapa Harus Kuliah di Universiti Utara Malaysia (UUM)

Mahasiswa asing tak perlu lagi mencari akomodasi yang mahal dan jauh letaknya dari kampus. UUM menyediakan akomodasi tempat tinggal untuk mahasiswa lokal maupun internasional dari jenjang sarjana hingga pascasarjana. Fasilitas yang disediakan terbilang cukup lengkap, seperti perabotan kamar, listrik, air, WiFi hingga rute bus kampus. Rata-rata harga sewa kamar per semester untuk mahasiswa lokal sekitar RM375 dan mahasiswa internasional sekitar RM450.

Selain itu, Kampus UUM juga menyediakan fasilitas akomodasi yang nyaman khusus untuk wisatawan yang berkunjung ke sana, yaitu di Universiti Inn dan EDC Hotel.

6.  Menjalin Relasi Bersama Mahasiswa Indonesia di UUM

group casually dressed young asian people standing around table looking laptop screen 1098 18618 - 6 Alasan Mengapa Harus Kuliah di Universiti Utara Malaysia (UUM)

Jumlah mahasiswa Indonesia yang belajar di UMM memang cukup banyak dibandingkan dengan negara lain. Mahasiswa Indonesia yang kuliah di luar negeri akan diwadahi dalam organisasi Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) Malaysia, termasuk di UUM. Jalinlah relasi bersama mahasiswa Indonesia lainnya dengan baik selama berkuliah di luar negeri. Di UUM Anda juga dapat memperluas jalinan pertemanan dengan mahasiswa lokal maupun mahasiswa asing dari negara lain.

Demikian ulasan mengenai berbagai keunggulan dan alasan kuliah di Universitas Utara Malaysia. Selama menempuh pendidikan di Malaysia, keuangan menjadi satu hal pokok yang harus Anda kelola dengan baik. Percayakan layanan Qelola untuk mengatur biaya hidup Anda selama kuliah dan multi-billing payment untuk segala jenis tagihan bulanan yang harus Anda bayarkan. Unduh dan install aplikasi Qelola melalui smartphone Anda sekarang juga! Ajak teman-teman dan keluarga Anda juga untuk memanfaatkan layanan sesama pengguna aplikasi Qelola. Lakukan pendaftaran dan pengaktifan akun Qelola untuk melakukan pembayaran. Dapatkan informasi lebih lengkap di sini.

Tags: , , , , , , , , , , ,