Tips Menjalankan Pola Hidup Sehat Bagi Para Mahasiswa Rantau

pola hidup sehat

Siapa yang tidak ingin memiliki tubuh yang sehat? Semua orang pasti menginginkannya. Namun seiring dengan berkembangnya zaman dan banyaknya kesibukan, terkadang malah jadi lupa untuk menjalani pola hidup sehat. Alhasil, akan menjadi lebih rentan terjangkit berbagai macam penyakit, dan tidak jarang penyakit tersebut merupakan penyakit yang serius. Jika sudah begitu, pasti akan sangat merepotkan. Karena Anda harus mengeluarkan budget untuk berobat, aktifitas Anda menjadi tertunda, dan Anda akan merepotkan orang lain karena mereka harus merawat Anda selama sakit. Apalagi bagi Anda yang sedang berada di tanah rantau sebagai mahasiswa. Tentu saja akan sangat menyedihkan dan merepotkan jika Anda jatuh sakit. Untuk menghindari hal tersebut, maka hal yang paling mudah untuk Anda coba lakukan mulai sekarang adalah dengan menjalani pola hidup sehat.

Apa sih yang dimaksud dengan pola hidup sehat? Lalu, bagaimana cara menerapkannya? Pola hidup sehat adalah suatu upaya yang dilakukan untuk menjaga tubuh agar tetap sehat. Pola hidup sehat ini dapat dilakukan dengan cara mengkonsumsi makanan yang bergizi, berolahraga secara rutin, dan istirahat yang cukup. Bagi sebagian orang mungkin menganggap bahwa pola hidup sehat adalah pola hidup yang sulit untuk dijalani. Namun sebenarnya, ada banyak cara yang mudah Anda lakukan untuk menjaga diri Anda tetap sehat. Simak beberapa tipsnya berikut ini.

Baca Juga: Persiapan dan Tips Agar Lolos Saat Tes Kesehatan (Medical Check Up)

1.  Mengkonsumsi Makanan Bergizi

pola hidup sehat 1 - Tips Menjalankan Pola Hidup Sehat Bagi Para Mahasiswa Rantau

Makanan merupakan salah satu faktor utama yang menentukan apakah Anda bisa memiliki hidup sehat atau tidak. Oleh karena itu, Anda dapat mengganti makanan Anda dengan makanan yang penuh gizi seperti rendah gula, kaya serat, dan banyak vitamin. Makanan penuh gizi tersebut akan sangat membantu untuk menjadikan tubuh Anda lebih sehat. Selain itu, Anda juga perlu menghindari makanan berlemak, dan makanan yang mengandung pengawet karena hal tersebut dapat berbahaya bagi tubuh. Perbanyak makan sayur dan buah, kurang lebih Anda bisa mengkonsumsinya sebanyak lima sampai enam porsi setiap harinya.

Jika merasa terlalu banyak, Anda bisa memulainya dengan mengkonsumsi satu porsi terlebih dahulu setiap hari. Lalu dalam waktu satu minggu, Anda tambah lagi satu porsi. Agar tidak bosan, Anda dapat mengolahnya menjadi smoothies dengan mencampurkan beberapa jenis buah dan sayur. Selain itu, Anda juga dapat menyulapnya menjadi healthy bowl dengan menambahkan topping berupa potongan buah atau biji-bijian ke dalam healthy bowl buatan Anda. 

2.  Berolahraga Secara Rutin

pola hidup sehat 2 - Tips Menjalankan Pola Hidup Sehat Bagi Para Mahasiswa Rantau

Melakukan olahraga secara rutin bukan hanya menjadi bagian dari pola hidup sehat orang muda. Namun olahraga merupakan kegiatan yang penting untuk dilakukan orang di segala usia. Berapapun usia Anda, usahakan untuk tetap aktif secara fisik. Banyak orang yang berpikir bahwa olahraga adalah kegiatan yang melelahkan, sehingga tidak heran apabila saat ini semakin banyak orang yang malas untuk berolahraga. Padahal olahraga memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan hidup Anda. Olahraga juga dapat membantu Anda untuk menjalani pola hidup yang sehat.

Jika Anda tidak terbiasa untuk berolahraga, Anda dapat memulainya dengan cara melakukan olahraga kecil seperti melakukan pemanasan di pagi hari setelah bangun tidur, atau berlari-lari kecil mengelilingi rumah. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan hobi Anda sebagai olahraga mingguan yang asyik. Contohnya aerobik, zumba, futsal, basket, bersepeda, berenang, tenis meja, dan lainnya. Kegiatan-kegiatan tersebut dapat Anda lakukan bersama dengan keluarga dan kerabat agar terasa lebih menyenangkan.

3.  Istirahat Cukup

pola hidup sehat 3 - Tips Menjalankan Pola Hidup Sehat Bagi Para Mahasiswa Rantau

Memiliki waktu istirahat yang cukup juga menjadi bagian yang penting dalam menjalani pola hidup sehat. Kebutuhan istirahat dan tidur setiap individu berbeda-beda, sesuai dengan tahap perkembangan aktivitas yang sedang dijalani. National Sleep Foundation merekomendasikan bahwa usia dewasa muda yaitu rentang usia 18-25 tahun membutuhkan waktu tidur selama 7-9 jam per malam. Jika mereka tidak memiliki waktu tidur yang cukup, maka akan berpotensi terkena penyakit mematikan, seperti kanker, dan jantung.

Bahkan, memiliki waktu tidur yang kurang juga setara dengan mengkonsumsi racun atau menjalani pola makan yang buruk. Oleh karena itu, sesibuk apapun aktivitas kuliah Anda, usahakan untuk selalu beristirahat dan tidur dengan cukup. Selain menjaga tubuh agar tetap bugar, tidur juga dapat membantu Anda untuk membentuk tubuh yang proporsional. Tidur dalam posisi yang baik akan merangsang kreativitas dan meningkatkan ingatan Anda. Jadi mulai sekarang, atur jam tidur Anda agar bisa mendapatkan tidur yang efektif dan hidup sehat.

4.  Berpikir Positif

Secara psikologis, berpikir positif merupakan aktivitas berpikir yang dilakukan dengan tujuan untuk membangkitkan aspek positif pada diri, baik itu yang berupa potensi, semangat, tekad, maupun keyakinan diri. Sehingga akan memunculkan perasaan, perilaku, dan hal baik yang menjadi sistem berpikir. Para peneliti telah menemukan manfaat dari berpikir positif untuk kesehatan, salah satunya adalah berpikir positif dapat membantu membangun sistem kekebalan tubuh. Berpikir positif tidak hanya dapat menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat saja, tetapi juga dapat menunjukkan pengaruh kondisi seseorang secara keseluruhan. Sehingga akan mampu memperpanjang usia. Selain itu, seseorang dengan pemikiran yang positif akan merasa lebih bahagia. Sehingga hal ini dapat memicu Anda untuk menjadi orang yang lebih produktif.

Itulah beberapa tips untuk menerapkan pola hidup sehat. Anda berniat untuk mulai melakukan tips yang mana dulu? Pastikan Anda konsisten dalam melakukannya, ya. Lakukan tips di atas selama beberapa hari secara konsisten, hingga hal tersebut akan terbentuk menjadi sebuah kebiasaan baru bagi Anda. Seperti halnya dengan pentingnya menjalankan pola hidup sehat, kondisi keuangan Anda juga harus sehat. Jika butuh bantuan, Anda bisa menggunakan aplikasi Qelola untuk urusan keuangan Anda. Aplikasi Qelola memiliki fitur lengkap yang bisa Anda manfaatkan kapan saja dengan mudah. Seperti kirim uang, bayar tagihan listrik, PDAM, BPJS, beli pulsa, token listrik, dan lainnya. Dengan melakukan transaksi pembayaran menggunakan aplikasi ini, pengeluaran Anda akan lebih terkontrol. Karena Anda selalu bisa mengecek pengeluaran apa saja yang telah Anda lakukan setiap harinya. Coba unduh aplikasi Qelola di Google Playstore, deh!

Tags: , , , , ,