Mengincar Jurusan Psikologi di Kampus Terbaik Malaysia

Jurusan Psikologi

Belajar mengenai perilaku manusia dan kesehatan mental merupakan fokus utama dari jurusan Psikologi yang ada di perguruan tinggi. Belajar mengenai bidang ini memerlukan dedikasi dan kesabaran yang tinggi. Jika Anda benar-benar ingin mendalami bidang ini sekaligus mendapatkan pengalaman baru, Anda bisa mencari universitas yang menawarkan jurusan ini di luar negeri.

Tapi kenapa di luar negeri? Apakah di Indonesia tidak ada universitas dengan jurusan Psikologi yang baik kualitasnya? Tentu ada, namun dengan kuliah di luar negeri, banyak pengalaman baru yang bisa Anda dapatkan sebagai pelajaran hidup. Ini mengapa sangat direkomendasikan untuk mengenyam bangku perkuliahan di luar negeri. Tak perlu terlalu jauh, Malaysia menawarkan cukup banyak universitas yang memiliki kualitas jurusan Psikologi berkualitas baik.

Apa Saja Pilihan Universitas yang Menawarkan Jurusan Psikologi?

Untitled design691 - Mengincar Jurusan Psikologi di Kampus Terbaik Malaysia

Malaysia dikenal sebagai salah satu negara dengan kualitas pendidikan terbaik di wilayah ASEAN. Banyaknya universitas, baik negeri maupun swasta, yang masuk ke jajaran top peringkat dunia membuat negara ini jadi tujuan banyak mahasiswa asing untuk menimba ilmu. Selain kualitas yang terbukti, biaya perkuliahan di Malaysia juga tergolong murah.

Nah, pertama-tama, Anda bisa menyimak rekomendasi universitas dengan jurusan Psikologi terbaik di Malaysia.

University of Malaya

Menjadi universitas tertua yang ada di Malaysia, University of Malaya memiliki kualitas jurusan Psikologi yang sangat bergengsi. Hal ini dibuktikan dengan posisinya yang berada di peringkat 84 dalam urutan universitas terbaik di dunia pada tahun 2018. Tentu, melihat hal ini saja banyak calon mahasiswa yang mengincar kursi di universitas ini.

Dari sekian ribu jurusan Psikologi yang ada di berbagai universitas di dunia, jurusan Psikologi University of Malaysia berada pada range 251 sampai 300. Tentu saja, angka ini sangat baik, mengingat banyaknya universitas di dunia yang memiliki jurusan ini. Bukti kualitas universitas ini juga dapat dilihat dari lulusannya, yang saat ini menjabat sebagai Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad.

Raffles University Iskandar Malaysia

Dikenal juga dengan singkatan RUI, merupakan hasil kerjasama antara pemerintah Malaysia dan Raffles Education Corporation. Universitas ini kemudian mendapatkan pengakuan dari Ministry of Higher Education Malaysia pada tahun 2011, tepatnya pada bulan Oktober. Pengakuan ini menjadikan RUI sebagai salah satu universitas yang boleh menerima dan mengajar mahasiswa asing di lingkungan kampusnya.

Jika berbicara mengenai jurusan Psikologi yang dimiliki universitas ini, dapat dikatakan bahwa jurusan tersebut menjadi salah satu jurusan unggulan. Kampusnya berada di Johor Bahru sehingga cukup mudah dijangkau oleh mahasiswa dari berbagai penjuru dunia.

University of Nottingham Malaysia   

Menjadi salah satu cabang dari universitas induknya di daratan Britania, University of Nottingham Malaysia memiliki standar yang setara dengan University of Nottingham di Inggris Raya. Ijazah yang akan Anda terima setelah lulus dari kampus ini sama nilainya dengan ijazah yang dikeluarkan oleh kampus induk, jadi kualitasnya tidak bisa diremehkan.

Salah satu kelebihan dari jurusan Psikologi yang ada di universitas ini adalah keberadaan student career center yang bekerjasama dengan Wall Street Society, sehingga peluang karir yang ditawarkan terbilang sangat baik. Berbagai workshop juga diberikan pada mahasiswa agar setiap lulusannya memiliki kompetensi yang tinggi di dunia kerja.

Dengan Kualitas Seperti Itu, Berapa Biayanya?

Untitled design693 - Mengincar Jurusan Psikologi di Kampus Terbaik Malaysia

Seperti yang sudah diungkapkan pada bagian awal tadi, Malaysia menjadi negara tujuan kuliah karena biaya perkuliahan yang harus ditanggung tergolong ekonomis. Dikatakan demikian sebab Anda bisa mendapatkan kualitas pendidikan standar internasional dengan harga kawasan ASEAN.

Untuk program Strata 1 sendiri, biaya yang harus dikeluarkan bagi calon mahasiswa jurusan Psikologi adalah antara Rp30.000.000 hingga Rp100.000.000 per semesternya (untuk universitas negeri). Sedangkan untuk program S2, Anda setidaknya harus menyediakan Rp45.000.000 sampai dengan Rp100.000.000 per semesternya (universitas negeri).

Biaya ini tergolong murah jika dibandingkan dengan biaya perkuliahan di Eropa. Tentu, untuk kampus swasta, biayanya akan sedikit lebih mahal. Meski demikian karena subsidi yang diberikan oleh pemerintah Malaysia untuk bidang pendidikan, total biayanya tetap masih dalam kategori terjangkau dan masuk akal.

Biaya Lain-Lain

Untitled design694 - Mengincar Jurusan Psikologi di Kampus Terbaik Malaysia

Variabel yang tak boleh dilupakan adalah biaya hidup dan biaya lain-lain. Untuk dua variabel ini, ukurannya bisa dilihat dari biaya yang dikeluarkan ketika Anda kuliah di kota besar di Indonesia. Selisih biayanya tak akan terlalu jauh, jadi tetap akan dapat dijangkau oleh calon mahasiswa.

Baca Juga: Biaya Hidup di Malaysia, Calon Mahasiswa Indonesia Wajib Tahu Ini! 

Belajar di jurusan Psikologi memang menjadi salah satu favorit calon mahasiswa Indonesia ketika kuliah di Malaysia. Nantinya jika Anda mendapat pekerjaan, Anda harus dapat mengelola gaji dengan baik dan mengirimkannya kepada keluarga di Indonesia. Untuk urusan yang satu ini, pilih layanan remitansi yang handal. Qelola, dapat menjadi pilihan tepat. Dengan kecepatan transfer dan biaya yang murah, Qelola akan memberikan layanan terbaik untuk Anda. Unduh aplikasinya di sini, dan semoga sukses dengan kuliah dan karir Anda di Malaysia!

 

Tags: , , , , , , , , , , , , , ,