Ayo Rencanakan Liburan Seru dan Menantang di Sabah Malaysia

sabah malaysia

Tentu Anda setuju jika beberapa bulan terakhir adalah waktu yang mengharuskan Anda menunda liburan, terlebih lagi liburan ke luar negeri. Meskipun begitu, rencana dan persiapan liburan perlu juga dilakukan dari sekarang untuk tetap menjaga semangat dan tidak putus harapan. Salah satu hal yang seru dilakukan untuk menjaga mood liburan adalah mendata tempat wisata mana saja yang harus dikunjungi. Oleh karena itu, cobalah lihat daftar tempat wisata di Sabah Malaysia berikut ini. Beberapa tempat wisata ini sudah direkomendasikan oleh banyak orang karena keseruannya.

1.  Kota Kinabalu

Berwisata di Sabah Malaysia tidak boleh meninggalkan daya tarik menonjol yang dimilikinya, yaitu Kota Kinabalu. Mulai dari wisata sejarah, budaya, hingga pusat bermain keluarga yang menyenangkan. Jika Anda tertarik melihat berbagai macam objek wisata sejarahnya, Anda dapat mengunjungi Menara Jam Atkinson, Museum Sabah, Monumen Double Six, Pu Tuo Si Temple, dan lain-lain. Akan lebih bermakna lagi jika Anda menggunakan jasa pemandu wisata agar sejarah setiap tempat dapat tersampaikan dengan baik.

600 culture dance - Ayo Rencanakan Liburan Seru dan Menantang di Sabah Malaysia

Sumber: visit-malaysia.com

Sedangkan untuk wisata budaya, salah satu tempat yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi adalah Kinabalu Cultural Dance. Anda akan disuguhkan penampilan berbagai tarian khas Sabah dan Malaysia. Selain menikmati pertunjukan, Anda juga akan mendapat sedikit pengetahuan tentang arti gerakan tangan, dan sebagainya. Selain itu, tidak ketinggalan pula Kinabalu Park yang cocok sekali bagi Anda yang mencari wisata alam sederhana bagi semua anggota keluarga. Kinabalu Park menawarkan pemandangan alam hijau yang membentang dan menyegarkan mata. Bahkan Anda juga bisa menikmati World Heritage Site yang masih menjadi bagian Kinabalu Park.

2.  Gunung Kinabalu

img 20181128015219 5bfd92639d365 - Ayo Rencanakan Liburan Seru dan Menantang di Sabah Malaysia

Sumber: travel.detik.com

Jika Anda memiliki jiwa petualangan yang tinggi dan gemar menaklukkan gunung-gunung di Indonesia, maka Gunung Kinabalu bisa menjadi tujuan wisata di Sabah yang harus dicoba. Gunung dengan ketinggian 4.095 mdpl ini merupakan salah satu situs warisan UNESCO sehingga jangan ditanyakan lagi kepopulerannya. Karena daya tarik yang dimiliki, pengunjung Gunung Kinabalu tak pernah sepi. Sehingga pengelola menerapkan kuota pendaki setiap harinya agar kondisi alam di sana tetap terkontrol. Oleh karena itu, Anda dan teman-teman harus mendaftar terlebih dahulu beberapa hari bahkan beberapa minggu sebelumnya.

Selain itu, tentu saja persiapan pendakian itu sendiri. Anda tidak perlu membawa tenda dan banyak air minum untuk mendaki gunung ini. Dalam jalur pendakian tersebut, terdapat beberapa pos yang menyediakan toilet dan air untuk mengisi ulang botol Anda. Kemudian pada ketinggian sekitar 3000 mdpl, Anda akan menemukan penginapan untuk para pendaki yang cukup luas. Itulah kenapa Anda tidak perlu membawa tenda. Seru dan menarik dicoba bukan?

3.  Muara Bay Fireflies

be - Ayo Rencanakan Liburan Seru dan Menantang di Sabah Malaysia

Sumber: tripadvisor.com.my

Tempat wisata berikutnya di Sabah Malaysia yang seru untuk dikunjungi adalah Muara Bay Fireflies. Waktu yang tepat untuk mengunjungi objek wisata ini adalah sore hari menjelang senja hingga malam hari tiba. Kenapa? Pada sore hari, Anda dapat menikmati indahnya pantai dan pemandangan matahari tenggelam yang indah. Kemudian malam harinya Anda akan diajak berkeliling hutan bakau yang penuh dengan cahaya kelap-kelip dari ribuan kunang-kunang di sana. Pemandangan langka yang harus dicoba karena tidak setiap hari Anda melihat banyaknya kunang-kunang bukan? Tempat ini juga cocok sekali bagi Anda yang mencari spot foto yang unik dan instagramable.

4.  Pulau Mantanani

mantanani island snorkeling tour 7d9191dc35f36ac6e0bf1756ba613459793ea255 - Ayo Rencanakan Liburan Seru dan Menantang di Sabah Malaysia

Sumber: befreetour.com

Lagi-lagi, Sabah menawarkan Anda wisata alam yang tak dapat diragukan lagi keseruannya, yaitu laut di Pulau Mantanani. Hamparan bibir pantai dengan pasir putih yang indah akan memanjakan mata Anda. Ditambah dengan air laut yang biru jernih menjadikan Anda seakan-akan bisa melihat dasar laut dengan mata telanjang. Aktivitas seru yang harus dicoba ketika datang ke Pulau Mantanani adalah snorkeling dan diving di kedalaman laut. Anda akan disuguhkan pemandangan terumbu karang dan ikan kecil berwarna warni. Jangan takut jika Anda belum pernah menyelam laut sebelumnya, karena ada banyak petugas yang akan membantu.

5.  Poring Hot Spring

13425588595 71df29f917 b - Ayo Rencanakan Liburan Seru dan Menantang di Sabah Malaysia

Sumber: flickr.com

Setelah lelah mengunjungi berbagai wisata alam di atas, ada baiknya Anda mencoba menenangkan diri di pemandian air panas Poring Hot Spring. Selain sensasi tenang, sirkulasi darah Anda juga akan lebih lancar dengan mandi air hangat. Terdapat beberapa kolam renang air panas yang dapat dicoba anggota keluarga berbagai usia, bahkan anak-anak sekalipun. Poring Hot Spring juga menyediakan kolam renang yang lebih tertutup bagi Anda yang tidak terlalu menyukai kolam renang umum. Selain menikmati indahnya hutan di sekitar kolam, Anda juga dapat menelusuri jalur hiking sederhana di sana. Bahkan keluarga juga dapat mengunjungi peternakan kupu-kupu, konservasi bunga anggrek, jembatan gantung, dan berbagai aktivitas seru lainnya.

Baca Juga: Liburan ke Sabah Malaysia? Jelajahi 7 Destinasi Wisata Ini

Wah, terlihat mengasyikkan bukan tempat wisata di Sabah Malaysia tersebut? Terlebih lagi jika Anda mengunjungi Sabah saat cuaca sedang cerah atau saat musim panas tiba. Beruntungnya, cuaca Malaysia memiliki kemiripan dengan di Indonesia sehingga akan lebih mudah memprediksinya. Karena bagaimanapun juga liburan ke luar negeri harus menyenangkan sehingga perencanaan itu penting.

Hal yang tak kalah penting dipersiapkan sebelum liburan ke Sabah Malaysia adalah urusan membayar tagihan rutin ke Indonesia dengan cara yang paling mudah. Qelola hadir sebagai aplikasi pembayaran tagihan seperti BPJS, listrik, dan sebagainya yang bisa dilakukan meskipun Anda sedang di Malaysia. Ketahui lebih banyak tentang Qelola di sini. Kemudian download untuk merasakan manfaatnya langsung di sini.

Tags: , , , ,