Tips dan Trik Liburan Murah ke Luar Negeri yang Wajib Dicoba

liburan murah

Anda tentu setuju bahwa liburan selalu menjadi momen yang ditunggu-tunggu setelah berkutat dengan urusan pekerjaan. Maklum saja, karena dengan berlibur akan membuat Anda lebih leluasa dalam melepas penat dan mendapatkan pengalaman yang baru. Jika Anda ingin berlibur dalam waktu dekat, pastikan Anda telah mempersiapkannya dengan matang. Yuk, intip tips dan trik liburan murah ke luar negeri yang telah kami rangkum di bawah ini.

Baca Juga: Nikmati Kuliner Malam di Petaling Street Saat Liburan ke Malaysia

1.  Menyusun Itinerary Liburan Secara Detail

liburan murah 1 - Tips dan Trik Liburan Murah ke Luar Negeri yang Wajib Dicoba

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menyusun itinerary liburan secara cermat. Selain bertujuan agar bisa Anda bisa memperoleh pengalaman liburan yang menakjubkan, itinerary juga akan membantu Anda untuk lebih hemat saat liburan. Anda bisa mengutamakan destinasi wisata gratis saat membuat itinerary liburan. Cara ini bisa menekan budget liburan Anda agar tidak habis hanya untuk keluar masuk tempat wisata saja.

Pastikan juga Anda menentukan rute itinerary yang tepat. Ada banyak jalur alternatif yang bisa Anda pilih saat membuat itinerary liburan. Namun, Anda harus memastikan bahwa jalur tersebut merupakan jalur yang tercepat dan yang paling aman. Selain itu, tidak ada salahnya jika Anda memilih jalur ramai yang terdiri dari banyak tempat wisata atau pusat oleh-oleh. 

2.  Membeli Tiket Pesawat dengan Harga Promo

Setelah itinerary liburan Anda selesai dibuat, saatnya Anda mencari tiket pesawat untuk keberangkatan dan kepulangan Anda. Rajinlah untuk mengecek tiket promo secara online dengan cara kunjungi situs-situs resmi beberapa maskapai secara teratur untuk mengetahui adanya program promo. Untuk mendapatkan tiket murah penerbangan ke luar negeri, Anda bisa membelinya jauh-jauh hari yaitu minimal 5 bulan sebelum jadwal liburan Anda.

Jika Anda berlibur bersama-sama, sebaiknya Anda tidak membeli tiket sekaligus untuk memperoleh tiket murah. Tetapi Anda harus membeli tiket masing-masing dengan browser atau aplikasi yang berbeda. Tetapi resikonya adalah Anda akan duduk secara terpisah dengan teman-teman seperjalanan Anda. Bagaimana, Anda tertarik untuk mencoba trik ini?

3.  Cerdas Memilih Penginapan

Jika Anda telah berhasil membeli tiket pesawat dengan harga promo, langkah selanjutnya adalah memilih tempat menginap yang nyaman, namun tetap ekonomis. Hotel mungkin bisa menjadi pilihan pertama, tetapi harganya jelas lebih mahal jika dibandingkan dengan alternatif tempat penginapan lainya seperti apartemen, motel, hostel, dan masih banyak lagi. Meskipun ada perbedaan dari segi fasilitas, tapi harga yang ditawarkan juga memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Lagipula, liburan adalah saatnya mengeksplorasi tempat-tempat yang baru dan bukannya berdiam diri di hotel hanya untuk menikmati fasilitasnya, bukan?

4.  Memilih Transportasi Umum Selama Liburan

liburan murah 2 - Tips dan Trik Liburan Murah ke Luar Negeri yang Wajib Dicoba

Salah satu cara yang sangat menarik untuk menikmati liburan ke luar negeri adalah mencoba untuk merasakan gaya hidup orang-orang lokal di sana. Salah satu caranya adalah dengan mencoba menggunakan transportasi umum untuk mengunjungi beberapa tempat tujuan Anda. Anda bisa mencoba menggunakan berbagai macam sarana transportasi umum seperti bus, kereta, atau MRT untuk merasakan budaya lokal sekaligus menghemat budget liburan. Sementara jika Anda ingin merasakan sedikit lebih nyaman, maka Anda bisa coba menggunakan transportasi online yang telah beroperasi di negara tersebut. Transportasi online tersebut biasanya memiliki tarif yang lebih rendah jika dibandingkan dengan taksi umum. Untuk lebih hemat lagi, gunakan transportasi online tersebut bersama teman-teman. 

Sebenarnya, kondisi para peserta liburan lah yang akan menentukan pilihan moda transportasi apa yang harus digunakan. Jika ada lansia, dan anak-anak dalam rombongan liburan, sebaiknya Anda memilih akomodasi yang nyaman berupa mobil travel yang berkapasitas besar. Sehingga lansia, dan anak-anak tidak akan mudah kelelahan ketika menempuh perjalanan yang cukup jauh. Sebaliknya, jika rombongan yang terdiri dari anak muda saja maka bisa menggunakan transportasi umum berupa bus, kereta, atau MRT untuk lebih menghemat budget dan merasakan pengalaman yang istimewa.

5.  Mencoba Street Food Lokal

Pengeluaran yang tidak bisa dihindari begitu saja saat liburan adalah urusan makan. Namun sebenarnya Anda tetap bisa menghematnya dengan cara memilih tempat-tempat makan yang unik dan harganya terjangkau. Anda bisa mencoba street food yang ada di negara-negara tersebut. Makanan-makanan yang dijual dengan konsep street food biasanya memiliki harga yang lebih murah jika dibandingkan dengan makanan bintang lima. 

Rekomendasi Negara Tujuan Liburan yang Murah

liburan murah 3 - Tips dan Trik Liburan Murah ke Luar Negeri yang Wajib Dicoba

Jika Anda ingin pergi liburan ke luar negeri dengan biaya yang murah, Anda bisa mengunjungi negara-negara berikut ini:

  1. Malaysia, merupakan negara tetangga Indonesia yang bisa dijangkau dengan mudah dan murah. Biaya hidup yang diperlukan saat berada di Malaysia juga tidak jauh berbeda dengan biaya hidup di Jakarta.
  2. Laos, juga menawarkan biaya hidup yang lebih rendah jika dibandingkan dengan negara di Asia Tenggara lainnya. Di Laos, Anda hanya perlu mempersiapkan uang sekitar Rp150.000 per hari untuk biaya penginapan dan makan selama 2 kali sehari, lho.
  3. India, merupakan salah satu negara yang juga menawarkan biaya hidup yang ramah di kantong Anda. Biaya yang dibutuhkan setiap hari hanya sekitar Rp130.000 yang di dalamnya sudah termasuk biaya penginapan, biaya makan 2 kali sehari, dan biaya untuk membeli aneka snack.
  4. Hungaria, juga menawarkan biaya liburan yang relatif murah. Biaya penginapan di Hungaria dihargai sebesar Rp200.000 per malam. Biaya ini jelas jauh lebih murah jika dibandingkan dengan biaya penginapan di negara Benua Eropa lainnya.

Melakukan persiapan dengan matang bertujuan agar liburan Anda menjadi lebih berkesan dan tentunya lebih hemat. Rencanakan mulai dari tiket pesawat, penginapannya, tanggalnya, dan uang cash yang harus Anda bawa. Agar terhindar dari pemborosan selama liburan, sebaiknya Anda tidak membawa uang cash terlalu banyak. Sementara untuk tetap berjaga-jaga, Anda bisa menyimpan sebagian uang Anda di rekening atau di e-wallet. Di Malaysia, Anda bisa menggunakan aplikasi Qelola yang bisa Anda operasikan dengan sangat praktis. Dapatkan informasi lebih lengkap tentang Qelola di sini. Atau Anda juga bisa langsung unduh aplikasinya di Google Playstore.

Tags: , , , , , ,