Agar Liburan Asyik, Jangan Remehkan Perlengkapan Traveling Ini!

perlengkapan traveling

Tentu Anda setuju jika beberapa bulan terakhir adalah waktu yang mengharuskan Anda menunda liburan, terlebih lagi liburan ke luar negeri. Meskipun begitu, rencana dan persiapan liburan perlu juga dilakukan dari sekarang untuk tetap menjaga semangat dan tidak putus harapan. Salah satu hal yang biasanya diremehkan dalam mempersiapkan liburan adalah membawa perlengkapan traveling sepele tapi sangat bermanfaat ketika liburan ke luar negeri. Apa saja barang-barang tersebut? Simak daftarnya berikut ini.

1.  Tas atau Dompet Khusus Kartu Identitas dan ATM

Kartu identitas, seperti paspor dan visa, serta dokumen dan kartu lain sebaiknya memiliki kantong, tas, atau dompet tersendiri. Karena barang-barang ini rentan terselip jika disatukan dengan barang lain. Bahkan jika perlu buatlah salinan dari dokumen perjalanan tersebut untuk solusi ketika terjadi kehilangan atau rusak. Selain itu, kartu ATM tentu akan sering digunakan sehingga lebih mudah jika ditempatkan pada kantong yang mudah diraih.

Bahkan banyak traveler yang menyarankan untuk membawa tas ransel. Selain karena tas jenis ini memuat lebih banyak perlengkapan traveling sekaligus, Anda juga dapat lebih leluasa bergerak ketika mengunjungi tempat wisata yang butuh aktivitas fisik.

2.  Botol atau Tumblr

Traveling berarti jalan-jalan ke berbagai tempat wisata, bahkan hingga beberapa objek wisata dalam 1 hari. Hal ini tentu akan menguras energi Anda, terlebih lagi jika cuaca sedang cerah cenderung panas. Maka, sangat disarankan Anda membawa air minum dengan botol atau tumblr yang sudah diisi dari hotel. Selain menghemat pengeluaran membeli minum, Anda juga dapat mendapatkan air minum lebih cepat daripada harus mencari toko atau minimarket di sekitar objek wisata. Membawa botol air minum pribadi yang dapat digunakan berkali-kali juga membantu mengurangi produksi sampah dan mencegah pencemaran lingkungan akibat penggunaan botol plastik.

3.  Universal Adaptor

9b9b8e90d76a6acadff8d89c2e6f5f0b - Agar Liburan Asyik, Jangan Remehkan Perlengkapan Traveling Ini!

Sumber: shopee.id

Adaptor listrik atau sering dikenal dengan colokan listrik di berbagai negara biasanya berbeda-beda. Maka dari itu, usahakan Anda membawa universal adaptor agar perangkat elektronik Anda bisa diisi daya baterainya. Jika perlu, bawalah universal adaptor yang dapat digunakan untuk beberapa perangkat sekaligus. Dengan begitu, Anda dapat charging telepon genggam, kamera, hingga powerbank bersamaan. Hal ini sangat berguna agar Anda tidak perlu kembali ke hotel hanya untuk menukar perangkat elektronik yang habis baterainya dengan yang sudah isi.

4.  Obat-obatan Pribadi

Penting untuk membawa obat-obatan pribadi sederhana seperti anti nyeri, pereda alergi, minyak angin, penurun demam, obat batuk, plester luka, cream penghilang pegal-pegal, dan sebagainya. Hal ini untuk berjaga-jaga jika terjadi sakit mendadak, tidak sengaja makan makanan alergen, dan sebagainya. Baik selama di perjalanan maupun selama menjelajah berbagai tempat wisata. Karena pertolongan pertama dengan mengobati saat terjadi gejala lebih baik daripada membiarkannya semakin parah hingga harus ke klinik atau rumah sakit. Terlebih lagi bagi Anda yang memiliki penyakit khusus yang rawan kambuh seperti asma.

5.  Sandal atau Sepatu Paling Nyaman

Pastikan Anda membawa sandal atau sepatu paling nyaman untuk berjalan jauh. Hal ini untuk berjaga-jaga karena siapa tau objek wisata tujuan Anda tidak boleh atau tidak bisa dilalui mobil atau kendaraan umum lain. Sehingga mengharuskan Anda untuk berjalan kaki. Terlebih lagi jika Anda berencana mengunjungi komplek bersejarah yang luas atau jalanan dengan segala daya tariknya. Jangan sampai karena Anda tidak berencana ke pantai atau gunung, lalu Anda melupakan barang penting ini.

6.  Tisu Kering dan Basah, Serta Sanitizer

Tisu merupakan barang penting yang sering diremehkan. Baik tisu kering maupun tisu basah memiliki manfaat yang banyak. Mulai dari mengeringkan keringat, membersihkan tangan setelah keluar dari toilet umum atau akan menikmati jajanan kaki lima, dan sebagainya. Begitu juga dengan hand sanitizer yang berfungsi sebagai pengganti air untuk cuci tangan. Terlebih lagi pada kondisi rawan virus seperti saat ini, tentu menjaga kebersihan tangan dan anggota badan lain adalah pilihan mutlak bagi setiap orang.

7.  Barang Opsional Lain yang Juga Bermanfaat

sunscreen 1461335 960 720 - Agar Liburan Asyik, Jangan Remehkan Perlengkapan Traveling Ini!

Pertama, payung lipat untuk melindungi Anda dari air hujan atau panasnya terik matahari ketika menikmati berbagai objek wisata.

Kedua, kain serba guna untuk dijadikan alas duduk di pantai, selimut cadangan, pengering badan darurat, dan sebagainya.

Ketiga, tabir surya (sunblock/sunscreen), baik berbentuk spray, stik, krim, maupun gel. Hal ini akan sangat berguna melindungi kulit Anda dari buruknya efek sinar UV.

Baca Juga: Wajib Dikunjungi! Tempat Instagramable di Kuala Lumpur

Apakah salah satu daftar perlengkapan traveling di atas sempat Anda lupakan? Meski Anda bisa membelinya di sana, namun bisa jadi Anda justru membutuhkannya saat sedang dalam perjalanan, misal di pesawat. Oleh karena itu jauh lebih baik jika disiapkan mulai dari sekarang.

Hal yang tak kalah penting dipersiapkan sebelum traveling ke luar negeri adalah urusan membayar tagihan rutin ke Indonesia dengan cara yang paling mudah. Qelola hadir sebagai aplikasi pembayaran tagihan seperti BPJS, listrik, dan sebagainya yang bisa dilakukan meskipun Anda sedang di luar negeri. Ketahui lebih banyak tentang Qelola di sini. Kemudian download Qelola untuk merasakan manfaatnya langsung di sini.

Tags: , , , ,