6 Alasan Tepat untuk Kuliah Teknik Pertambangan di Malaysia

teknik pertambangan

Tak hanya di Indonesia, negara Malaysia pun merupakan negara yang memiliki kekayaan alam yang berlimpah, termasuk dalam sektor pertambangan. Dengan kekayaan di sektor pertambangan tersebut, Malaysia terus berupaya menciptakan sumber daya manusia yang mampu mempertahankan dan mengolah hasil tambang, khususnya minyak dan gas. Upaya itu dibuktikan dengan banyaknya jurusan teknik pertambangan di pendidikan tinggi Malaysia.

Malaysia menjadi salah satu negara tujuan studi terbaik untuk jurusan teknik pertambangan di Asia Tenggara. Teknik pertambangan di Malaysia hingga saat ini masih menjadi incaran para pelajar dari mancanegara, termasuk dari Indonesia. Salah satu alasannya karena Malaysia juga memiliki potensi tinggi dalam industri pertambangan dan akan merekrut banyak pekerja di bidang ini. Untuk mengetahui beberapa alasan mengapa kuliah teknik pertambangan di Malaysia menjadi pilihan yang sangat tepat, simak uraiannya di bawah ini.

1.  Malaysia sebagai Negara Penghasil Minyak dan Gas

petroleum gas container ship oil refinery background energy nautical transportation 1127 3250 - 6 Alasan Tepat untuk Kuliah Teknik Pertambangan di Malaysia

Malaysia menjadi salah satu penghasil minyak dan gas terbesar di Asia, selain Brunei dan Malaysia. Hal tersebut tentunya memberikan dampak positif pada para mahasiswa yang berkuliah di teknik pertambangan, karena para mahasiswa bisa mengeksplorasi bidang yang mereka pelajari secara langsung. Hal itu tentu akan meningkatkan profesionalitas Anda di mata perekrut saat mencari kerja setelah lulus nanti.

2.  Pendidikan Teknik Pertambangan di Malaysia Berkualitas

Negeri Jiran sangat dikenal memiliki sistem pendidikan yang unik dan terstruktur dengan baik. Bahkan, dalam urusan pendidikan, pemerintah Malaysia juga sangat ketat dalam memonitor proses pendidikan yang ada dalam setiap universitas di Malaysia. Tak heran, pendidikan teknik pertambangan di Malaysia memiliki kualitas tinggi sehingga para lulusan yang dihasilkan pun berkualitas dan bisa bersaing secara global. Jadi, jangan ragu lagi untuk melanjutkan kuliah di Malaysia.

3.  Berkesempatan Magang di Industri Pertambangan

engineering team stands beside working oil pumps with sky 1150 19223 - 6 Alasan Tepat untuk Kuliah Teknik Pertambangan di Malaysia

Bagi Anda yang kuliah teknik pertambangan di Malaysia, Anda akan mendapatkan kesempatan magang di semester akhir perkuliahan. Kesempatan magang di industri pertambangan yang ada di Malaysia tentu akan memberikan pengalaman kerja yang positif untuk Anda. Banyak industri pertambangan ternama di Malaysia yang menawarkan program magang untuk mahasiswa internasional dan memberikan gaji kerja yang cukup besar untuk itu. Sangat menarik bukan?

4.  Prospek Kerja Terjamin

Prospek kerja teknik pertambangan di Malaysia sangat terjamin. Ada banyak peluang kerja yang bisa Anda lakukan di bidang pertambangan. Prospek kerja untuk lulusan teknik pertambangan hampir selalu dibutuhkan sehingga sangat kecil kemungkinan Anda kesulitan mencari kerja setelah lulus nanti. Adapun prospek kerja teknik pertambangan di antaranya yaitu petroleum landman, ahli geofisika, insinyur pengeboran, petroleum accountant, ahli geologi, well log analyst, dan insinyur produksi minyak.

5.  Tawaran Gaji Kerja Tinggi

business woman hand holding coins stack desk concept saving money finance accounting 34152 1519 - 6 Alasan Tepat untuk Kuliah Teknik Pertambangan di Malaysia

Banyak yang menyebutkan bekerja di sektor pertambangan adalah kesempatan untuk bekerja dengan penghasilan yang tinggi. Benarkah demikian? Jawabannya benar. Gaji di bidang ini terbilang sangat tinggi jika dibandingkan dengan bidang atau jurusan teknik lainnya. Namun, gaji tersebut tentu disesuaikan dengan mudah atau sulitnya pekerjaan yang dilakukan.

Kisaran gaji lulusan teknik pertambangan yang bekerja di industri pertambangan yang dimiliki perusahaan lokal adalah Rp10-Rp16 juta per bulan. Sementara kisaran gaji kerja di industri pertambangan perusahaan asing adalah Rp10-Rp20 juta. Kisaran tersebut tentunya sesuai dengan jenis pekerjaan di bidang pertambangan. Bahkan, beberapa jenis pekerjaan di bidang ini memiliki gaji lebih dari kisaran itu. Sebagai contoh, rata-rata gaji well log analyst sekitar Rp60-Rp80 juta per bulan, dan gaji kerja insinyur pengeboran sekitar Rp30-Rp60 juta per bulan.

6.  Berpeluang Kerja di Malaysia dan Seluruh Dunia

Pelajar lulusan dari universitas-universitas di Malaysia tentu memiliki peluang lebih besar untuk bekerja di Malaysia. Hal ini dikarenakan perusahaan-perusahaan di Malaysia memandang positif akan kualitas dari lulusan tersebut. Bagi Anda yang ingin bekerja di perusahaan-perusahaan pertambangan ternama di Malaysia, maka kuliah di Malaysia bisa menjadi pilihan yang tepat.

Tidak hanya di Malaysia, lulusan teknik pertambangan bisa bekerja di semua sektor tambang dan minyak yang ada di seluruh dunia. Beberapa perusahaan pertambangan besar dunia seperti Chevron, Pertamina, Petronas, Conocophillips, Mobil Cepu, dan Shell Malaysia menjadi perusahaan favorit lulusan teknik pertambangan dengan tawaran gaji yang cukup menggiurkan. Dengan menentukan tempat kuliah teknik pertambangan yang tepat, Anda tentu memiliki peluang besar untuk bisa bekerja di perusahaan-perusahaan tersebut.

Baca Juga: 5 Pertimbangan dalam Memilih Jurusan Kuliah di Malaysia

Bagaimana? Sudah yakin memilih teknik pertambangan sebagai jurusan kuliah di Malaysia? Apapun pilihan jurusan Anda selama kuliah, mulailah melakukan persiapan untuk mewujudkan impian tersebut. Salah satu persiapan yang tidak boleh Anda lewatkan adalah kemampuan mengelola keuangan. Pengelolaan keuangan yang tepat akan melancarkan rencana keuangan Anda selama menempuh pendidikan di Malaysia. Anda bisa menggunakan layanan Qelola untuk membantu Anda dalam mengelola keuangan.

Qelola menawarkan layanan seperti e-wallet, transfer uang domestik dan internasional, serta layanan multi-billing untuk pembayaran segala keperluan Anda. Dengan fitur tersebut, pengelolaan dan transaksi keuangan Anda selama menempuh pendidikan di Malaysia akan berjalan semakin mudah. Melalui Qelola, Anda bisa melakukan pengiriman dan pembayaran berbagai tagihan dari Malaysia ke Indonesia secara praktis, cepat, dan murah. Tertarik mencoba? Segera unduh aplikasi Qelola sekarang juga!

Tags: , , , , , , , , ,