Agar Lebih Mantap, Ini Keuntungan Mengambil MBA di Malaysia

MBA di Malaysia

Malaysia sebagai salah satu world third country telah tumbuh dengan pesat dalam beberapa dekade terakhir, salah satunya dalam sektor pendidikan. Sebagai negara yang mengedepankan pendidikan, kualitas MBA Malaysia telah banyak diakui dunia internasional. Sebagai jenjang lanjutan, MBA (Master of Business Administration) merupakan jenjang pendidikan yang dibutuhkan hampir semua jurusan. Selain itu, program MBA juga memiliki peranan penting dalam membangun karir Anda sebagai tenaga profesional. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan jika mengambil MBA, terlebih lagi jika melakukannya di Malaysia. Berikut adalah beberapa keuntungan menempuh jenjang MBA di Malaysia.

1.  Kultur Sosial Budaya yang Tidak Jauh Berbeda

Indonesia dan Malaysia adalah dua negara dengan satu rumpun budaya melayu, tentu saja hal tersebut menimbulkan banyak kemiripan budaya bagi keduanya. Dengan perbedaan budaya yang tidak mencolok serta kehidupan sosial yang familiar tersebut, proses adaptasi bukanlah hal yang sulit bagi mahasiswa asal Indonesia saat menempuh pendidikan MBA di Malaysia. Kedepannya, Anda akan mendapat kemudahan dalam menjalani kehidupan kampus di luar negeri.

2.  Efisiensi Biaya Kuliah dan Biaya Hidup

biaya kuliah di malaysia - Agar Lebih Mantap, Ini Keuntungan Mengambil MBA di Malaysia

Di samping kondisi sosial budaya yang nyaman tersebut, letak Indonesia dan Malaysia yang berdekatan sebagai negara tetangga tentu memudahkan akses mobilitas bagi mahasiswa untuk tetap bisa berhubungan secara langsung dengan keluarga di tanah air. Hal ini akan sangat berpengaruh pada efisiensi biaya kuliah dan biaya hidup Anda selama belajar dan mengikuti program MBA di Malaysia. Bandingkan saja, pulang pergi Indonesia – Malaysia dengan pulang pergi Indonesia – Eropa tentu jauh lebih murah, bukan?

3.  Biaya Pendidikan Terjangkau dengan Kualitas Internasional

Jenjang pendidikan MBA dapat dijumpai di berbagai belahan dunia, mulai dari USA, Australia, atau UK. Namun dari destinasi yang menawarkan pendidikan MBA tersebut, biaya pendidikan yang harus dikeluarkan lebih tinggi jika dibandingkan dengan negara lain di Asia. Malaysia dengan kualitas pendidikan yang berstandar internasional menawarkan biaya pendidikan yang lebih terjangkau dengan kualitas yang bersaing di era modern ini. Dibekali dengan fondasi pendidikan yang kuat, serta standar dan pengawasan yang teliti, Malaysia menjamin pendidikannya untuk tetap berada di kelas atas dalam persaingan industri 4.0.

Buktinya, Malaysia memiliki 5 universitas yang mampu mendapat ranking di atas 300 tingkat dunia menurut QS World University Ranking 2018. Hal ini memastikan pendidikan Malaysia menjadi salah satu yang terbaik di dunia. Malaysia menjadi salah satu negara yang dipilih oleh instansi pendidikan tingkat internasional sebagai tempat bagi cabang mereka. University of Nottingham, Heriot-Watt University, dan University of Reading in Malaysia menjadi beberapa universitas berkualitas internasional yang mempercayakan cabang di Malaysia.

Baca Juga: Berapa Biaya Kuliah S2 di Malaysia? Cek Infonya di Sini

4.  Berpotensi Besar Dipromosikan atau Mendapat Pekerjaan

Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, lulusan MBA sendiri sudah mendapat nilai tambah dalam dunia kerja. Bagi yang sudah bekerja, gelar MBA dapat menjadi pendukung untuk naik jabatan atau dipromosikan. Secara tidak langsung, gaji Anda juga akan naik. Sedangkan bagi Anda yang baru akan mencari pekerjaan, tim HRD perusahaan berkemungkinan besar akan mempertimbangkan gelar MBA yang Anda miliki. Terlebih lagi jika Anda diketahui mengambil gelar MBA di Malaysia yang notabene memiliki sistem pendidikan tinggi yang berkualitas di Asia. Sehingga semakin sedikit keraguan Anda untuk mengambil program MBA di Malaysia, bukan?

5.  Keunikan MBA di Malaysia

gaji kerja di malaysia - Agar Lebih Mantap, Ini Keuntungan Mengambil MBA di Malaysia

Keuntungan paling mencolok saat mengambil MBA di Malaysia adalah adanya kesempatan yang memungkinkan Anda kuliah sambil kerja paruh waktu. Beberapa universitas di Malaysia membuka program MBA paruh waktu yang memungkinkan Anda kuliah sambil bekerja. Hal ini tentu akan sangat bermanfaat bagi Anda yang ingin kuliah MBA tapi biaya hidup terbatas.

Selain itu, beberapa universitas di Malaysia juga sangat mengedepankan materi praktek disamping materi teoritik. Bahkan dalam pembentukan kurikulumnya, universitas tersebut telah melibatkan praktisi profesional dalam bidang bisnis. Hal ini tentu akan sangat menguntungkan karena Anda dapat belajar banyak ilmu, tips, solusi, serta pengalaman yang dirasakan langsung oleh para praktisi. Meskipun mereka tidak mengajar langsung, namun mereka ikut membuat modul pembelajaran bagi mahasiswa program MBA di Malaysia.

Melanjutkan studi MBA di Malaysia, dengan berbagai kekayaan budayanya serta kualitas pendidikan yang terjamin, menjadi sebuah pilihan tepat bagi Anda. Terutama Anda yang mengejar profesionalitas dalam dunia kerja serta untuk meningkatkan kemampuan diri. Jadi tunggu apa lagi, segeralah bersiap dan bergegas mengambil program MBA di Malaysia. Karena akan ada banyak hal yang harus dipersiapkan. Mulai dari prosedur pendaftaran hingga persyaratan yang harus dipenuhi. Termasuk mempersiapkan kemudahan menerima biaya hidup selama di luar negeri. Salah satu solusinya adalah dengan download dan mulai gunakan aplikasi Qelola. Aplikasi pembayaran dan transfer uang antar negara yang mudah digunakan serta lebih murah biaya transfernya. Ketahui lebih lanjut tentang Qelola di sini.

Tags: , , , ,