Biaya Kuliah Hingga Prospek Kerja Lulusan Fakultas Ekonomi Malaysia

fakultas ekonomi

Dalam memilih jurusan kuliah, tidak sedikit para pelajar yang melihat dari biaya perkuliahan dan prospek pekerjaan di masa yang akan datang. Karena memang faktanya, beberapa jurusan mengharuskan Anda membayar lebih mahal untuk biaya kuliah dibanding dengan jurusan lainnya. Misalnya saja jurusan kedokteran dan jurusan matematika pasti berbeda biaya kuliah dan prospek kerjanya. Salah satu jurusan yang terbilang murah dan memiliki prospek kerja yang baik adalah jurusan yang ada di fakultas ekonomi. Jurusan-jurusan yang masuk dalam fakultas ekonomi paling umum adalah jurusan akuntansi, jurusan manajemen, dan jurusan ilmu ekonomi. Untuk urusan kualitas fakultas ekonomi, negara Malaysia tidak boleh diremehkan mengingat pertumbuhan signifikan di sektor ekonomi dan pendidikan. Berapa biaya kuliah fakultas ekonomi di Malaysia, dan bagaimana prospek kerjanya, simak jawabannya berikut ini.

1.  Biaya Kuliah di Fakultas Ekonomi

Untuk biaya kuliah, setiap jurusan tentu memiliki besarannya masing-masing. Namun biasanya, jika masih dalam fakultas yang sama, perbedaan atau selisih biaya setiap tahunnya tidaklah jauh berbeda. Tolok ukur paling menonjol dari biaya kuliah ini hanya antara universitas negeri dan universitas swasta. Berikut ini kisaran biaya kuliah untuk fakultas ekonomi di luar negeri, khususnya Malaysia:

  • S1 universitas negeri, antara Rp40 juta hingga Rp80 juta per tahun.
  • S1 universitas swasta, antara Rp150 juta hingga Rp350 juta per tahun.
  • S2 universitas negeri, antara Rp50 juta hingga Rp80 juta per tahun.
  • S2 universitas swasta, antara Rp80 juta hingga Rp200 juta per tahun.

Baca Juga: Kira-Kira Berapa Biaya Kuliah di Malaysia Sampai Lulus?

2.  Universitas Terbaik di Malaysia untuk Belajar Ekonomi

Malaysia memang memiliki sistem pendidikan tinggi yang berkualitas. Buktinya universitas yang berdiri, baik hasil kerja sama dengan negara maju lain maupun universitas lokal milik pemerintah Malaysia, sama-sama dijaga dan diawasi kualitasnya. Namun beberapa universitas di bawah ini direkomendasikan bagi Anda yang tertarik belajar di fakultas ekonomi yang ada di Malaysia.

a.  Universitas Internasional Kerja Sama dengan Malaysia

  • Monash University (Australia)
  • Curtin University (Australia)
  • Swinburne University (Australia)
  • University of Reading (UK)
  • Nottingham University (UK)
  • Heriot-Watt University (UK)

b.  Universitas Lokal Negara Malaysia

  • UCSI University
  • Asia Pacific University of Technology & Innovation
  • SEGi University
  • Taylor’s University
  • Sunway University

MUM ican education.com 2 700x366 - Biaya Kuliah Hingga Prospek Kerja Lulusan Fakultas Ekonomi Malaysia

3.  Prospek Kerja Lulusan Fakultas Ekonomi

  • Dosen, baik itu untuk mengajar materi akuntansi, manajemen, maupun ilmu ekonomi. Lulusan fakultas ekonomi dari jurusan apapun yang melanjutkan program pendidikan master dan/atau doktor, dapat menjadi dosen. Tidak hanya memberikan materi, Anda juga dapat mengikuti berbagai penelitian terkait ekonomi.
  • Auditor Internal, yaitu pekerjaan yang bisa didapatkan oleh lulusan jurusan akuntansi. Tugasnya adalah mengevaluasi internal perusahaan melalui laporan keuangan. Hal itu untuk memastikan manajemen perusahaan berjalan sebagaimana mestinya.
  • Akuntan Publik, yang hampir sama dengan auditor internal. Bedanya, pekerjaan ini tidak di bawah perusahaan tertentu, namun harus masuk anggota Ikatan Akuntan Indonesia (IAI). Sehingga, akuntan publik melayani perusahaan manapun dan bayarannya tergantung pada kesepakatan dengan perusahaan tersebut.
  • Konsultan Pajak, yaitu bertugas sebagai penyedia konsultasi pajak bagi para wajib pajak. Dalam hal ini wajib pajak berskala besar seperti perusahaan dan instansi atau lembaga. Untuk memiliki profesi ini, Anda harus lulus ujian dari Ikatan Konsultan Pajak Indonesia (IKPI) terlebih dahulu.
  • Analis Keuangan, yang dapat dilakukan oleh lulusan jurusan ilmu ekonomi, meski jurusan akuntansi terkadang juga bisa. Tugasnya adalah membantu perusahaan menentukan keputusan bisnis yang tepat melalui penyajian data verbal dan numeral terkait keuangan perusahaan. Untuk sampai di posisi ini, Anda diharuskan memiliki sertifikat CPA (Certified Financial Analyst) yang dikeluarkan oleh CFA Institute.
  • Perencana Keuangan, memiliki tugas yang hampir sama dengan analis keuangan. Bedanya, pekerjaan ini tidak hanya melayani perusahaan, namun juga individu yang ingin merencanakan keuangan dengan baik. Sama dengan poin sebelumnya, Anda harus memiliki sertifikat CPA.

notebook 614213 960 720 - Biaya Kuliah Hingga Prospek Kerja Lulusan Fakultas Ekonomi Malaysia

4.  Perkiraan Gaji Lulusan Fakultas Ekonomi

Pekerjaan Gaji Awal (Rp) Gaji Profesional/Berpengalaman (Rp)
Dosen 2,5 – 6 juta 6 juta lebih
Auditor Internal 5 – 10 juta 10 juta lebih
Akuntan Publik 5 – 10 juta 10 juta lebih
Konsultan Pajak 1 juta per pertemuan 1,5 juta lebih per pertemuan
Analis Keuangan 4 – 10 juta 10 juta lebih
Perencana Keuangan 450.000 per jam 500.000 – 700.000 per jam

Kuliah di luar negeri bukanlah hal yang dipandang sebagai mimpi yang terlalu berlebihan. Semua orang bisa kuliah di luar negeri. Tak terkecuali kuliah di fakultas ekonomi. Apakah Anda salah satu pelajar yang ingin kuliah di luar negeri? Jika ya, maka akan ada banyak hal yang harus dipersiapkan. Mulai dari prosedur pendaftaran, persyaratan yang harus dipenuhi, hingga mendaftar beasiswa yang banyak ditawarkan pemerintah agar biaya kuliah Anda ringan. Termasuk mempersiapkan kemudahan menerima biaya hidup selama di luar negeri. Salah satu solusinya adalah dengan download dan mulai gunakan aplikasi Qelola. Aplikasi pembayaran dan transfer uang antar negara yang mudah digunakan serta lebih murah biaya transfernya. Ketahui lebih lanjut tentang Qelola di sini.

Tags: , , , ,