9 Manfaat Kuliah di Luar Negeri yang Sayang Dilewatkan

kuliah di luar negeri

Biaya kuliah di luar negeri memang tidak semurah yang kita bayangkan di banding dengan biaya yang akan kita keluarkan jika kuliah di negeri sendiri. Tapi di balik itu banyak manfaat yang akan di peroleh bila mengambil kuliah di luar negri. Salah satunya, memiliki jalur karir yang lebih baik dibandingkan lulusan dalam negeri. Entah karena faktor kemampuan bahasa inggris yang bagus atau memang perusahaan besar umumnya dari luar negeri, faktanya hampir semua Top Manajemen perusahaan besar adalah mereka yang punya latar belakang pendidikan di luar negeri.

Ingin tahu manfaat kuliah di luar negeri lainnya? Simak rangkumannya di bawah ini.

Jadi Lebih Mandiri

Untitled design341 - 9 Manfaat Kuliah di Luar Negeri yang Sayang Dilewatkan

Tinggal sendiri dan jauh dari keluarga akan membuat Anda menjadi pribadi yang lebih mandiri dan tangguh. Anda akan belajar dan terbiasa untuk mengurus semua kebutuhan hidup mulai dari makan, bersih-bersih dan lain-lain. Anda akan sepenuhnya menjadi pribadi yang bisa diandalkan bagi diri Anda sendiri. Ini akan sangat bermanfaat dalam dunia kerja karena Anda akan lebih proaktif, bertanggung jawab serta dapat diandalkan.

Mendapatkan Pengalaman Internasional

Alasan lain kenapa banyak orang memutuskan untuk melanjutkan kuliah di luar negeri adalah pengalaman internasional. Anda akan bertemu, berinteraksi, bahkan berteman dengan orang dengan berbagai latar belakang budaya dan bahasa. Selain itu, Anda juga akan berada di lingkungan yang benar-benar baru serta jauh dari keluarga. Hal ini akan mengajarkan Anda banyak hal dan membuat Anda berkembang secara pribadi.

Lebih Berinisiatif

Meninggalkan Indonesia berarti mengeluarkan diri Anda dari zona nyaman dimana kamu lahir dan dibesarkan. Butuh keberanian untuk melakukan hal seperti ini, namun  Anda akan terlatih untuk berinisiatif dalam melakukan sesuatu. Keterampilan ini akan membuat Anda juga baik dalam mengembangkan ide, rencana, berpikir rasional serta tekun dalam melakukan sesuatu. Semua hal tersebut merupakan soft-skill yang akan sangat berguna untuk untuk kehidupan professional Anda kelak.

Fasih Berbahasa Asing

bahasa malaysia sehari hari 1 - 9 Manfaat Kuliah di Luar Negeri yang Sayang Dilewatkan

Kemampuan bahasa asing adalah salah satu manfaat kuliah di luar negeri lainnya. Sebagai mahasiswa internasional Anda tentu terbiasa menggunakan bahasa Inggris untuk berkomunikasi selama berada di luar negeri. Jika Anda melanjutkan studi di negara yang memiliki bahasa sendiri seperti Jerman atau Jepang, Anda mungkin juga akan bisa menggunakan bahasa asli negara tersebut. Dalam perusahaan multinasional, kemampuan berbahasa ini akan membantu Anda mendapatkan nilai lebih untuk dapat diterima.

Kemampuan Analisis dan Penyelesaian Masalah

Selama tinggal dan belajar di luar negeri, Anda akan terbiasa menghadapi berbagai situasi dan kondisi yang akan membuat kemampuan analisismu terasah. Anda juga akan terlatih untuk menyelesaikan masalah demi masalah baik dari skala yang paling kecil hingga dalam konteks pembelajaran. Setelah lulus Anda akan menjadi lulusan dengan kemampuan analisis dan pemecahan masalah yang baik. Ini juga salah satu manfaat kuliah di luar negeri lainnya. Perlu Anda ketahui, bahwa dua kemampuan ini sangat berguna dalam dunia kerja.

Mampu Mengelola Uang

pengiriman uang 1 - 9 Manfaat Kuliah di Luar Negeri yang Sayang Dilewatkan

Tinggal jauh dari orang tua akan membuat Anda mengatur segala hal sendiri, termasuk dalam hal keuangan. Jika Anda terbiasa bergantung pada orang tua, sekarang Anda sudah akan lebih bisa mengatur keuangan sendiri agar uang saku yang diberikan selalu cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup. Kemampuan ini akan selalu terpakai hingga Anda sudah menghasilkan uang sendiri setelah bekerja. Selain itu, banyak pula perusahaan yang membutuhkan orang yang baik dalam hal mengatur keuangan.

Sikap Fleksibel

Selama kuliah di luar negeri, Anda akan terlatih untuk bersikap fleksibel dalam menghadapi keberagaman. Hal ini juga akan membantu Anda untuk dapat segera beradaptasi di dunia kerja yang memiliki keberagaman seperti kolega yang berbeda cara kerja, berpikir, karakter, hingga cara interaksi. Anda juga tidak akan canggung untuk berhadapan dengan orang-orang yang memiliki perbedaan ras, budaya, dan agama. Menjadi fleksibel akan membuat Anda cepat akrab dengan banyak orang dan menjadi pribadi yang disenangi.

Memiliki Pengetahuan Internasional

Jika ingin mengenal dan memahami sesuatu dengan baik, kamu harus terlebih dahulu terlibat di dalamnya. Sebagai mahasiswa internasional, kamu akan terlibat dengan orang-orang dengan budaya dan pemikiran yang berbeda. Segala hal yang Anda dapatkan dan alami tersebut akan menambah wawasan Anda. Hal ini tentunya akan berguna di bidang apapun tempat Anda akan bekerja nantinya.

Memahami Komunikasi Lintas Budaya

malaysia 1 - 9 Manfaat Kuliah di Luar Negeri yang Sayang Dilewatkan

Berteman dengan banyak orang dari berbagai negara akan meningkatkan keterampilan berkomunikasi secara lintas budaya. Selama belajar di luar negeri, Anda akan terbiasa memiliki pemahaman atas budaya orang lain dan berpikir positif dengan keberagaman, sehingga meminimalkan konflik. Berbekal komunikasi yang baik dalam hal lintas budaya, Anda akan lebih mudah berkolaborasi dengan banyak relasi di skala internasional.

Baca Juga: Ingin Kuliah di luar Negeri? Ke Malaysia Saja, Ini Alasannya

Itulah beberapa ulasan mengenai manfaat kuliah di luar negeri. Ketika Anda sudah memutuskan untuk kuliah di luar negeri terutama di Malaysia, jangan lupa untuk mempersiapkan masalah keuangan dengan baik. Kami sarankan Anda untuk menggunakan aplikasi keuangan yang bisa membantu Anda untuk lebih mudah melakukan pembayaran. Anda bisa menggunakan aplikasi Qelola untuk melakukan transfer kepada keluarga di Indonesia selama kuliah di Malaysia. Dengan menggunakan Qelola, Anda akan terbebas dari biaya administrasi yang tinggi dan waktu pengiriman yang lama. Anda juga bisa menginvestasikan sebagian keuangan Anda melalui produk investasi Qelola. Tunggu apa lagi, segera download aplikasi Qelola sekarang juga.

Tags: , , , , , , ,