Sekilas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan di Malaysia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Mengenyam bangku perguruan tinggi menjadi salah satu tujuan utama dari siswa yang baru saja lulus dari jenjang SMA. Tentu, berkat kemajuan teknologi, siswa Indonesia bisa memiliki kesempatan untuk kuliah di luar negeri. Untuk masuk ke Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan di Malaysia misalnya, bukan lagi menjadi hal yang sulit selama siswa tersebut benar-benar mampu dan memiliki keinginan.

Ya, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan di Malaysia cukup menjadi favorit karena memang memiliki kualitas berstandar internasional serta peluang kerja yang menjanjikan. Bagaimana tidak? Hampir setiap lulusan dari bidang ini mampu mendapatkan pekerjaan dengan gaji yang cukup tinggi, di Malaysia atau di luar Malaysia, bahkan di Indonesia sekalipun.

Kali ini, agar dapat memberikan gambaran, akan sedikit dijabarkan mengenai serba-serbi fakultas calon guru dan tenaga pendidik tersebut. Simak selengkapnya!

Spesialisasi dan Peminatan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Untitled design636 - Sekilas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan di Malaysia

Karena di Malaysia cukup banyak universitas yang memiliki Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, tak heran jika spesialisasi dan peminatan yang ditawarkan juga sangat banyak pilihannya. Nah, jika mungkin Anda belum mengetahui hal tersebut, Anda bisa melihat daftar singkat berikut ini:

  • Perkembangan Anak.
  • Pendidikan Usia Dini.
  • Pendidikan Sekolah Dasar.
  • Pendidikan Sekolah Menengah Pertama.
  • Pendidikan Sekolah Menengah Atas.
  • Pendidikan Usia Dewasa.
  • Pendidikan Berkebutuhan Khusus.
  • Pendidikan Kesehatan Jasmani dan Rohani.
  • Pendidikan Ilmu Sains.
  • Spesialisasi Bimbingan dan Konseling.
  • Bidang Kurikulum dan Instruksi.
  • TESOL dan TESL.

Beberapa dari daftar di atas juga menyebutkan bidang pendidikan non guru yang bisa menjadi pilihan. Mengingat bidang pendidikan memang tidak sekedar dijalankan oleh tenaga pengajar saja, maka kemampuan tenaga bidang non pengajar juga diperlukan agar tercipta ekosistem pendidikan yang benar-benar berkualitas.

Bagaimana? Di antara sekian yang termasuk dalam daftar di atas, apakah ada yang menarik minat Anda? Jika mungkin Anda memerlukan info lebih lengkap, Anda bisa mengunjungi situs resmi universitas yang Anda inginkan secara langsung.

Jenis Mata Kuliah Secara Umum

Untitled design635 - Sekilas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan di Malaysia

Mengingat banyaknya kampus yang menawarkan program ini, maka mungkin daftar mata kuliah yang ada pada artikel ini tidak sepenuhnya persis. Hanya saja, sebagai bayangan, berikut adalah daftar mata kuliah yang diajarkan untuk bidang spesialisasi Early Childhood Education.

  • Learning Through Play.
  • Art and Craft for Young Children.
  • Philosophy of Early Childhood Education.
  • Guiding Young Children’s Positive Development.
  • Computers for Young Children.
  • Cognitive Development of Young Children.
  • Social and Emotional Development of Young Children.
  • Children with Special Needs.
  • Music and Movement for Young Children.
  • Curriculum and Learning Activities for Nursery.
  • Developing Critical and Creative Thinking for Young Children.

Jika dilihat beberapa mata kuliah yang diajarkan, mungkin Anda sudah memiliki bayangan akan seperti apa jalannya perkuliahan yang dilaksanakan. Kelengkapan mata kuliah tersebut juga telah disusun sedemikian rupa sehingga dapat benar-benar memenuhi kebutuhan tenaga pendidikan yang diperlukan di berbagai sekolah di Malaysia dan negara lain.

Ijazah Bidang Pendidikan Besar Nilainya

Untitled design634 - Sekilas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan di Malaysia

Jika berbicara mengenai prospek dan peluang kerja untuk lulusan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, mungkin frasa yang tepat adalah sangat cerah. Ya, ijazah yang didapatkan ketika Anda selesai berkuliah pada bidang ini memiliki nilai yang besar di dunia pendidikan. Terlebih jika kampus yang menjadi almamater Anda telah bekerja sama dengan berbagai pihak yang siap menerima tenaga pendidik baru, tentu pekerjaan tak lagi perlu dikhawatirkan.

Ada beberapa kampus mungkin yang bisa menjadi rujukan utama ketika Anda ingin benar-benar masuk ke Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Anda bisa melihatnya di bagian berikut ini.

Rekomendasi Universitas di Malaysia untuk Bidang Pendidikan

Untitled design633 - Sekilas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan di Malaysia

Seperti yang diungkapkan sebelumnya, terdapat beberapa universitas yang bisa dikatakan termasuk unggul dalam fakultas pendidikannya. Universitas ini tidak sebatas yang berstatus negeri saja, namun juga universitas swasta.

Untuk jajaran universitas negeri, ada nama University of Malaya dan Universiti Sains Malaysia. Sedangkan untuk universitas swasta, terdapat nama seperti Taylor’s University, Universiti Tunku Abdul Rahman, University of Nottingham Malaysia, Management and Science University, UNITAR International University, serta International Islamic University of Malaysia.

Setiap nama ini memiliki reputasi besarnya masing-masing. Yang terpenting adalah bahwa setiap universitas di atas telah memiliki izin resmi untuk menerima mahasiswa dari negara lain untuk kuliah di sana. Jadi status Anda ketika nanti berkuliah adalah legal dan sah secara hukum.

Baca Juga: Keuntungan Buka Rekening Bank di Malaysia, Mahasiswa Wajib Tahu! 

Sedikit memahami mengenai Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan di beberapa universitas di Malaysia secara umum semoga dapat memberikan gambaran dan inspirasi untuk Anda. Nah, ketika nanti sudah memiliki penghasilan, tentu Anda juga wajib memiliki partner remitansi yang berkualitas. Qelola, dalam hal ini, bisa menjadi partner yang tepat. Dengan proses mudah, biaya murah, serta berbagai fitur pelengkap lain, Anda bisa mengirimkan uang ke keluarga yang ada di tanah air dalam hitungan menit saja. Unduh aplikasinya di sini, dan semoga Anda mendapat manfaat dari artikel ini!

Tags: , , , , , , , , , , ,