Mengambil Jurusan Pendidikan di Kampus Negeri Jiran, Malaysia

Jurusan Pendidikan

Mengambil jurusan pendidikan di perguruan tinggi menjadi banyak pilihan calon mahasiswa. Terlebih untuk calon mahasiswa asal Indonesia, bidang ini menjadi favorit karena proyeksi pekerjaan yang jelas. Salah satu opsi, yang mungkin juga jadi rencana banyak calon mahasiswa, adalah mengambil jurusan ini di Malaysia. Tapi mengapa?

Kualitas pendidikan di perguruan tinggi, khususnya bidang jurusan pendidikan di kampus-kampus Malaysia tergolong sangat baik. Tidak hanya calon mahasiswa yang berasal dari Indonesia, banyak calon mahasiswa dari berbagai negara lain juga menjadikan Malaysia sebagai tujuan belajar.

Selain karena biaya yang terjangkau, hal ini juga karena pemerintah Malaysia turut memiliki andil besar dalam pengembangan pendidikan perguruan tinggi di negeri ini. Sedikit membahas mengenai jurusan pendidikan di kampus yang ada di Malaysia, simak penjelasan berikut!

Apa Itu Jurusan Pendidikan?

Untitled design628 - Mengambil Jurusan Pendidikan di Kampus Negeri Jiran, Malaysia

Jurusan pendidikan, atau ilmu pendidikan dan keguruan merupakan ilmu yang mempelajari mengenai bagaimana cara membagikan ilmu pengetahuan dan keterampilan kepada orang lain. Tujuan utamanya adalah agar lulusan dari jurusan pendidikan dapat menjadi penyampai ilmu yang fasih, sehingga dapat membuat anak didiknya paham dan mampu berpikir lebih baik.

Jurusan pendidikan di kampus Malaysia sendiri memiliki banyak peminatan atau fokus. Beberapa di antaranya adalah untuk pendidikan anak usia dini, usia sekolah dasar, usia sekolah menengah pertama, hingga pendidikan anak di sekolah menengah atas. Semua memiliki fokus masing-masing sehingga lulusan dari kampus-kampus di Malaysia bisa benar-benar menguasai bidangnya.

Alasan Kuliah Jurusan Pendidikan di Malaysia

Untitled design630 - Mengambil Jurusan Pendidikan di Kampus Negeri Jiran, Malaysia

Jika menilik alasan mengapa kuliah jurusan pendidikan direkomendasikan di negara ini, sebenarnya ada beberapa poin besar:

Sistem Pendidikan yang Baik

Dengan komitmen pemerintah untuk memajukan sistem pendidikan tinggi di Malaysia, maka hampir setiap kampus atau universitas menggunakan sistem yang terbaik. Pendidikan yang akan diberikan pada calon-calon tenaga pendidik akan meliputi teori pengajaran, pemfokusan materi, hingga turun langsung ke lapangan guna mencari pengalaman mengajar.

Kerjasama dengan Berbagai Pihak

Selain memiliki kualitas dan sistem pendidikan yang baik, jurusan pendidikan di kampus-kampus Malaysia juga menjalin kerjasama dengan berbagai pihak di luar kampus. Kerjasama ini berguna untuk memberikan pengalaman pada mahasiswa, sekaligus memberikan ‘jalur’ keluar yang bermanfaat untuk setiap lulusannya. Tak heran, setelah menyelesaikan studinya, banyak lulusan yang bisa langsung mendapatkan pekerjaan dengan penghasilan tinggi.

Pilihan Kampus yang Luas

Dengan banyaknya universitas yang menawarkan program studi pendidikan, maka calon mahasiswa bisa memilih peminatan yang sesuai dengan bakat dan kemampuannya. Selama calon mahasiswa memiliki kemampuan yang diperlukan, maka tak perlu cemas untuk mendapatkan pendidikan tinggi yang sesuai dengan keinginan.

Syarat untuk Masuk ke Universitas Pilihan

Untitled design631 - Mengambil Jurusan Pendidikan di Kampus Negeri Jiran, Malaysia

Tentu dalam tahap pendaftaran untuk memasuki jurusan pendidikan di kampus-kampus terbaik, calon mahasiswa perlu memenuhi beberapa syarat administrasi yang sudah ditentukan. Secara umum, berikut beberapa syarat yang harus dipenuhi:

  • Ijazah SMA dengan nilai rata-rata 70 hingga 90, atau ijazah D3, atau A Level dengan 2 Passes, atau Foundation in Arts or Science in UTAR.
  • IELTS dengan nilai 6.0.
  • TOEFL dengan nilai 550.
  • English O Level 3B/B(3).
  • Kualifikasi setara lain yang bisa digunakan untuk pengganti syarat tersebut.

Memang cukup sulit, mengingat standar tinggi yang ditetapkan oleh kampus-kampus di Malaysia untuk jurusan ini. Sederhana, tujuannya agar kualitas tenaga pendidikan yang dihasilkan bisa benar-benar maksimal dan memenuhi kebutuhan pasar industri pendidikan di Malaysia atau di luar Malaysia.

Kisaran Biaya yang Diperlukan Selama Kuliah

Untitled design629 - Mengambil Jurusan Pendidikan di Kampus Negeri Jiran, Malaysia

Nah, untuk hal yang satu ini, sebenarnya rentang biaya yang dikenakan cukup besar. Alasannya, setiap universitas memiliki standar dan perhitungan masing-masing. Bahkan di satu universitas, biaya yang dikenakan bisa berbeda jauh lantaran program studi dan pemfokusan pendidikan yang berbeda.

Kisaran biaya yang mungkin bisa menjadi gambaran adalah antara Rp65.000.000 hingga Rp550.000.000 per tahun. Ingat, ini baru biaya pendidikan saja, belum termasuk biaya hidup, akomodasi, dan biaya-biaya lainnya. Tapi jangan berkecil hati, karena banyak sekali beasiswa yang bisa dicari jika calon mahasiswa benar-benar berkeinginan untuk kuliah di Malaysia.

Calon mahasiswa bisa mencari berbagai informasi terkait biaya dan jurusan pendidikan perkuliahan di situs resmi dari masing-masing universitas, atau menghubungi layanan informasi gabungan dari universitas yang ada di Malaysia.

Baca Juga: 5 Pertimbangan dalam Memilih Jurusan Kuliah di Malaysia

Memilih jurusan pendidikan sebagai tujuan kuliah tentu dapat memberikan manfaat nyata pada kemajuan pendidikan di dunia secara umum. Dengan tenaga pendidik yang mendapatkan pendidikan berkualitas, idealnya mutu pendidikan juga akan terus meningkat. Nah, ketika nanti Anda atau calon mahasiswa sudah lulus dan mendapatkan pekerjaan yang bergaji besar di Malaysia, Anda memerlukan pula layanan remitansi yang handal. Qelola, bisa menjadi pilihan tepat. Dengan biaya administrasi rendah, Qelola siap menjadi perantara Anda dan keluarga di tanah air. Unduh aplikasinya di sini, dan maksimalkan waktu yang Anda miliki!

 

Tags: , , , , , , , , , , ,