Liburan ke Penang Hill Tidak Akan Seru Tanpa Melakukan Aktivitas Ini

penang hill

Destinasi wisata di Malaysia yang seru dan menarik tidak hanya Kuala Lumpur, tapi Penang juga bisa menjadi pilihan. Beribukota di George Town, Penang tidak hanya terkenal sebagai tempat berobat atau medical tourism saja. Tetapi di Penang juga banyak destinasi wisata, salah satunya adalah Penang Hill atau yang dikenal dengan nama Bukit Bendera. Terletak di Air Itam, lokasinya berada sekitar 6 kilometer dari pusat kota George Town. Karena letaknya yang tidak jauh dari George Town, maka akses untuk menuju Penang Hill tidak sulit. Terdapat beberapa bus yang dikenal dengan nama Rapid Penang yang bisa digunakan untuk menuju ke sana. Sementara untuk mencapai puncak tertinggi di Penang Hill, setiap pengunjung bisa naik kereta api dengan jalur kemiringan yang cukup memacu adrenalin. Anda tertarik untuk mencobanya? Lantas, aktivitas seru apa saja yang bisa dilakukan saat liburan ke Penang Hill? Yuk simak ulasan di bawah ini.

Baca Juga: Ingin Traveling ke Luar Negeri? Ini Cara Membuat Paspor dan Visa

Daftar Aktivitas Seru di Penang Hill

penang hill 1 - Liburan ke Penang Hill Tidak Akan Seru Tanpa Melakukan Aktivitas Ini

Setidaknya ada 3 aktivitas seru yang wajib Anda lakukan jika berkunjung ke Penang Hill Malaysia. Di antaranya adalah seperti berikut ini:

  1. Naik kereta miring. Kereta tersebut mampu mengangkut hingga 100 penumpang dalam sekali berangkat dan beroperasi mulai pukul 06.30 hingga 21.00 waktu setempat. Jalur kereta api atau yang biasa dikenal Penang Hill Railway dibangun sekitar tahun 1906 hingga 1923. Sejak 21 Oktober 1923 hingga saat ini, Penang Hill Railway telah dibuka untuk umum. Tiket yang Anda butuhkan untuk naik kereta tersebut tergolong murah.
  2. Melihat pemandangan Kota Penang dari ketinggian. Wisata alam Penang Hill memang menyuguhkan pemandangan Kota Penang dari ketinggian serta flora-flora khas Penang. Oleh karena itu, Anda akan dengan leluasa melihat seisi kota dengan kekayaan alamnya yang berupa pantai, hutan, dan pemandangan langit yang indah dari puncak. 
  3. Mengabadikan momen di gembok cinta. Saat berada di ketinggian yang indah, tidak ada salahnya jika Anda mendokumentasikan diri atau ikut berpartisipasi meramaikan tradisi gembok cinta. Terdapat ikon tulisan LOVE yang akan menambah kesan romantis, sehingga sayang jika Anda melewatkan tradisi foto alias pasang gembok cinta dengan menulis nama Anda dengan pasangan atau keluarga dan sahabat. 

Rekomendasi Destinasi Wisata di Penang

penang hill 2 - Liburan ke Penang Hill Tidak Akan Seru Tanpa Melakukan Aktivitas Ini

Selain Penang Hill, ada sederet destinasi wisata yang juga tidak kalah menarik untuk Anda kunjungi. Kota Penang termasuk dalam daftar warisan dunia oleh UNESCO karena berhasil melestarikan warisan dari kolonial Inggris pada abad ke-18. Itulah mengapa tidak heran jika ada banyak wisatawan yang datang ke kota ini. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini:

  • Taman Burung Penang, yang terletak di Butterworth. Menariknya, di kawasan ini para wisatawan akan di bagi menjadi dua. Pertama adalah zona yang bersangkar, dan yang kedua adalah zona bebas terbuka. Di sana, Anda bisa berinteraksi secara langsung dengan hewan-hewan, dan Anda juga bisa memberi makan, atau berfoto dengan mereka.
  • Pantai Batu Feringgi, yang memiliki berbagai macam wahana seperti parasailing, jetski, banana boat, dan masih banyak lagi.
  • Fort Cornwalis, terletak di sebelah Kota Padang Lama yang menghadirkan nuansa bersejarah karena menjadi tempat berlabuhnya Sir Francis Kight pada tahun 1876.
  • Taman Negara Pulau Pinang, yang merupakan tempat perpaduan antara air tawar dan air laut yang disebut dengan Tasik Meromitik. Berada di sana, Anda juga bisa melakukan trekking, berkemah, berenang, dan menyusuri hutan belantara yang eksotis dan mempesona.
  • Taman Botani Penang, juga disebut dengan nama Taman Monyet karena ada banyak monyet-monyet yang berkeliaran di sana. Waktu yang paling tepat untuk mengunjungi kawasan ini adalah di pagi dan sore hari. Di mana, Anda bisa menikmatinya dengan jalan-jalan menyusuri setiap sudut kawasan di kaki Bukit Penang.
  • Pantai Tanjung Bungah, adalah tempat yang paling menarik untuk melihat sunset. Oleh karena itu, tidak heran jika pada petang hari banyak wisatawan yang akan melihat banyak sekali pengunjung yang duduk di atas pasir untuk menikmati sunset.
  • Tropical Spice Garden seluas sekitar 8 hektar, memiliki 500 jenis spesies yang tumbuh di sana. Banyak ilmu pengetahuan yang dihadirkan dari berbagai tanaman yang ada di sana, sehingga kawasan ini juga sayang untuk dilewatkan.
  • Padang Kota Lama, yaitu sebuah taman yang berada di tepi laut. Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan di sana. Seperti memanfaatkan kawasan permainannya yang cukup beragam dan lengkap, atau menikmati berbagai kulinernya.

Rencanakan Liburan ke Penang dengan Matang

penang hill 3 - Liburan ke Penang Hill Tidak Akan Seru Tanpa Melakukan Aktivitas Ini

Liburan ke Penang kurang lengkap rasanya jika Anda belum melihat berbagai keindahannya, termasuk pergi ke atas Penang Hill untuk menyaksikan pesona Pulau Penang. Di ketinggian Penang Hill itulah Anda bisa menikmati keindahan Pulau Penang sambil mencicipi beragam kuliner yang dijajakan di sana. Yuk, mulai persiapkan rencana liburan Anda dengan matang. Karena liburan Anda tidak akan berjalan dengan lancar jika Anda sembarang dalam mempersiapkannya. Mulai dari menyusun itinerary liburan, hingga mempersiapkan biaya liburan Anda.

Agar terhindar dari pemborosan, Anda bisa menggunakan dompet digital Qelola untuk menyimpan sebagian uang Anda. Dengan tidak membawa uang cash dalam jumlah yang terlalu banyak, Anda akan terhindar dari belanja barang-barang di luar kebutuhan selama liburan di luar negeri. Ketahui informasi lebih banyak tentang Qelola, atau Anda juga bisa langsung download aplikasinya di sini.

Tags: , , , , , , , ,