9 Street Food Penang Favorit Para Foodies, Pasti Suka!

street food penang

Berwisata ke Penang kurang lengkap rasanya jika tak mencicipi berbagai kuliner yang menarik. Penang menjadi salah satu tujuan wisata kuliner paling populer di Malaysia karena memiliki banyak street food. Ingin dapat pengalaman seru menyantap masakan yang menggoyang lidah di Penang? Foodies, coba datangi street food Penang terbaik yang telah dirangkum berikut ini.

Street food makanan pedagang kaki lima bisa Anda temukan dengan mudah di Penang. Harganya pun cukup terjangkau dengan kualitas rasa tiada tara.

1. Macalister Street

Jalan Macalister ini terletak tepatnya di Ibukota Penang, Georgetown. Jalan ini membentang mulai dari Magazine Circus di sebelah Komtar hingga ke sisi bagian barat kota. Pemberian nama “Macalister” sebagai penghormatan kepada Kolonel Norman Macalister, seorang Gubernur Penang di awal abad ke-19.

Berbagai restoran, kafe, dan warung kaki lima banyak berjejer rapi di sepanjang jalan. Anda bisa menikmati makan di restoran saat siang hari dan pada malam harinya bisa beralih menikmati kuliner kaki lima. Beberapa makanan yang menjadi ikon pusat kuliner ini adalah nasi kandar pelita dan char koay tiaow.

2. Makan di Gurney Drive Sambil Menikmati Sunset

Gurney Drive terkenal sebagai street food Penang yang ramai di malam hari. Lokasinya berada di pesisir laut bagian utara Georgetown. Anda bisa menemukan berbagai restoran, bar, kafe, dan pedagang kaki lima. Di sini juga terdapat pedagang muslim yang ditandai dengan tulisan berwarna hijau dalam bahasa Arab yang berarti halal. Untuk Anda yang pertama kali datang ke Gurney Drive, Anda harus mencoba lok lok dan pasembur.

Lok lok adalah semacam sup bening yang berisi daging dan seafood serta sayuran. Anda bisa pilih lok lok manis dengan kecap, lok lok dengan saus kacang, atau lok lok pedas. Pasembur adalah makanan khas Malaysia dengan perpaduan citarasa India. Anda bisa memilih sendiri menu tambahan pilihan seperti daging, seafood, sayuran, atau tahu untuk masing-masing Pasembur.

3. Chinatown Penang

Untitled design 92 - 9 Street Food Penang Favorit Para Foodies, Pasti Suka!

Sumber: depositphotos.com

Area kuliner di Chinatown Penang berada di jalan utamanya, yaitu Chulia Street. Wisata kuliner Pecinan ini ramai di malam hari. Makanan khas yang dijual di area Chinatown Penang adalah mie, pangsit, dan sate. Selain itu ada juga curry mee, kway teow, dan char kway teow. 

4. Sri Weld Food Court

Destinasi street food Penang ini terletak di Lebuh Pantai No. 21, Georgetown. Sri Weld Food Court merupakan salah satu pusat kuliner terbaik di Penang. Menariknya, pusat kuliner ini buka sejak pagi hari, sehingga Anda bisa bersantap sarapan dan makan siang di sini. Makanan yang harus Anda coba saat mampir di Sri Weld Food Court antara lain nasi lemak yang dibungkus daun pisang, laksa, dan nasi kandar.

Baca Juga: 7 Daftar Makanan Khas Malaysia yang Wajib Anda Coba

5. The Jetty Food Court

Untitled design 93 - 9 Street Food Penang Favorit Para Foodies, Pasti Suka!

Sumber: tripadvisor.com

Wan tan mee (mie pangsit) adalah makanan populer di The Jetty Food Court. Selain mie pangsit, pusat jajanan ini juga terkenal dengan char koay teow dan sate lok lok. Lokasi The Jetty Food Court berada di Gat Lebuh Armenian, Georgetown dan buka dari jam 10.00 – 01.00 waktu setempat.

6. Esplanade Park Food Court

Salah satu street food Penang ini terletak di dekat monumen bersejarah di Padang Kota Lama, Georgetown. Hidangan khasnya adalah Hameed ‘Pata’ Special Mee, mie goreng yang memiliki rasa unik karena ditambahkan dengan sotong (cumi). WIsata kuliner ini buka dari Senin – Sabtu mulai pukul 11.00 – 23.00 waktu setempat.

7. Northam Beach Cafe

Northam Beach Cafe memang tidak terletak di pusat kota, namun di sini Anda akan disajikan pemandangan pantai yang cukup indah. Anda bisa menikmati makanan bersama keluarga dan teman sambil menikmati angin sepoi-sepoi. Northam Beach Cafe buka setiap hari mulai pukul 17.00 – 00.30 waktu setempat.

8. Cecil Street Food Court

Tempat ini dikenal sebagai street food Penang terbesar dengan menyajikan banyak pilihan makanan lezat. Sebut saja char koay teow, wan tan mee, curry puffs, dan masih banyak lagi. Food court ini terletak di Lebuh Cecil, Georgetown dan buka setiap hari pukul 07.30 – 19.00 waktu setempat.

9. Goodall Food Court

Goodall Food Court terletak di Jalan Gottlieb, Taman Selamat, Georgetown dan buka Rabu – Senin pukul 08.30 – 00.30 waktu setempat. Di sini pengunjung bisa menemukan street food yang cukup menarik seperti lok lok atau sate yang disajikan secara prasmanan. Pengunjung dapat memilih sate beragam isian yang diinginkan, lalu direbus dengan bumbu.

Liburan ke Penang memang tak lengkap rasanya tanpa berwisata kuliner. Dengan ragam pilihan destinasi street food Penang, tentu Anda memerlukan banyak waktu untuk menjelajahi seluruhnya. Tempat mana dulu yang akan para foodies datangi? Nah, jika Anda ingin lebih puas mencicipi kuliner di Penang, rencanakan dan siapkan biaya liburan Anda mulai sekarang menggunakan aplikasi Qelola. Ketika sudah berada di Malaysia, Anda tak perlu bingung lagi ketika harus membayar berbagai tagihan bulanan keluarga di rumah. Qelola menyediakan layanan multi-billing payment ke Indonesia untuk segala pembayaran berbagai kebutuhan secara online. Unduh dan install aplikasi Qelola melalui smartphone Anda sekarang juga! Lakukan pendaftaran dan pengaktifan akun Qelola untuk menikmati berbagai layanan keuangan. Dapatkan informasi lebih lengkap di sini.

Tags: , , , , , , , , , ,