Bagaimana Cara Daftar Kuliah di Malaysia? Simak di Sini!

Daftar Kuliah

Apakah Anda memiliki kenalan atau saudara yang ingin berkuliah di Malaysia? Jika ada, mungkin artikel ini adalah artikel yang tepat untuk Anda agar memahami prosedur pendaftaran kuliah di Malaysia. Meski statusnya nanti menjadi daftar kuliah di luar negeri, namun prosesnya ternyata tidak sesulit yang dibayangkan. Bahkan dapat dikatakan justru sederhana dan cepat.

Malaysia sebagai salah satu negara yang tergolong memiliki kualitas pendidikan yang sangat baik. Dengan banyak kampus berstandar internasional, lulusan dari perkuliahan di Malaysia memiliki standar kualitas yang cukup tinggi. Maka tak heran jika peminatnya juga cukup banyak dari berbagai negara di dunia.

Kualitas pendidikan di Malaysia yang berkualitas didukung pula oleh biaya yang terjangkau. Pemerintah Malaysia sebagai lembaga tertinggi mendukung penuh pengembangan kualitas pendidikan di negeri ini, sehingga banyak biaya yang disubsidi oleh pemerintah untuk memudahkan mahasiswa yang ingin berkuliah di sini.

Proses Daftar Kuliah di Malaysia

Untitled design620 - Bagaimana Cara Daftar Kuliah di Malaysia? Simak di Sini!

Sebelum mengetahui proses daftar kuliah yang digunakan untuk kuliah di Malaysia, Anda harus memastikan bahwa universitas yang dituju sudah memiliki izin dari pihak yang berwenang untuk menerima mahasiswa asing. Izin ini menjadi syarat mutlak legalitas calon mahasiswa yang diterima, sebab jika tidak maka proses perkuliahan bisa dibatalkan.

Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh calon mahasiswa untuk daftar kuliah di Malaysia:

  • Syarat akademis dan bahasa Inggris yang ditetapkan oleh universitas tujuan.
  • Membayar biaya pendaftaran (antara 160 RM sampai 250 RM) tergantung institusi yang dipilih.
  • Melengkapi dokumen yang diperlukan, antara lain transkrip nilai dan sertifikat yang sudah dilegalisir. Transkrip nilai dan sertifikat ini juga disertakan versi terjemahan bahasa Inggrisnya. Kemudian rincian akomodasi (sifatnya opsional), fotokopi seluruh halaman paspor yang masih berlaku, fotokopi kartu identitas, pas foto ukuran 4 x 6 cm, dan laporan kesehatan.

Setiap persyaratan di atas harus dipenuhi tepat waktu dan tidak terlambat. Pasalnya proses pemeriksaan berkas dan peninjauan akan memakan waktu hingga 7 hari kerja, jadi upayakan untuk tidak menunda pengiriman berkas yang diperlukan.

Pengiriman Berkas dan Syarat yang Diperlukan

Untitled design622 - Bagaimana Cara Daftar Kuliah di Malaysia? Simak di Sini!

Setelah seluruh berkas lengkap dan sesuai dengan persyaratan institusi pendidikan yang dipilih, Anda bisa membantu calon mahasiswa untuk mengirimkan berkas tersebut ke alamat e-mail resmi institusi atau pihak yang posisinya sebagai representatif institusi. Jika dikirimkan langsung ke e-mail resmi institusi, tidak akan dikenakan biaya tambahan, namun jika melalui pihak representatif maka biasanya akan dikenakan sedikit biaya jasa.

Jika kemudian nanti berkas sudah ditinjau dan diterima, maka pihak kampus akan mengirimkan Offer of Place yang merupakan surat penerimaan. Berkas ini dikirimkan melalui e-mail, dan dilengkapi dengan detail segala hal yang berkaitan dengan perkuliahan. Tanggal mulai aktivitas kuliah, tagihan biaya kuliah, biaya akomodasi, dan sebagainya. Akan disebutkan pula kapan waktu untuk melakukan pembayaran biaya-biaya ini.

Visa Pelajar untuk Mahasiswa Asal Indonesia

Untitled design621 - Bagaimana Cara Daftar Kuliah di Malaysia? Simak di Sini!

Setelah proses selesai, maka Anda bisa mendampingi calon mahasiswa untuk mengurus visa pelajar. Visa pelajar sendiri merupakan berkas legal untuk menyatakan bahwa seseorang memiliki hak keluar dan masuk ke suatu negara untuk keperluan akademis. Pihak kampus idealnya akan membantu proses ini, dan Anda tinggal mengirimkan berkas yang diminta saja.

Visa pelajar nantinya akan dilengkapi dengan izin keluar masuk bebas sehingga mahasiswa bisa pulang dan berangkat kapan saja ke Malaysia tanpa batasan jumlah perjalanan. Lagi, hal ini akan dibantu oleh pihak kampus. Anda dan calon mahasiswa tinggal melengkapi berkas yang diminta saja.

Pahami Proses dan Berhati-hati pada Oknum Tidak Bertanggung Jawab

Mengingat perkuliahan di Malaysia yang menjadi favorit banyak orang, tak sedikit pula oknum tidak bertanggung jawab yang memanfaatkan kekurangpahaman pihak calon mahasiswa. Oknum ini akan memberikan iming-iming proses yang lebih cepat, dengan biaya yang lebih besar.

Selalu pastikan Anda memeriksa situs resmi kampus yang dituju untuk mengetahui benar syarat apa saja yang diperlukan serta berapa total biaya yang harus dilunasi. Dengan begini, Anda bisa terhindar dari oknum tidak bertanggung jawab yang ingin memanfaatkan kesempatan dan akan merugikan Anda dan calon mahasiswa.

Baca Juga: Mengapa Kursus TOEFL dan IELTS Sangat Penting? Cek Info Ini 

Proses perkuliahan di Malaysia tentu tak akan lepas dari berbagai biaya yang meliputinya. Baik biaya akademis atau non akademis, semua harus dipenuhi secara berkala agar calon mahasiswa bisa benar-benar fokus menimba ilmu di Negeri Jiran tersebut. Transaksi pengiriman uang akan jadi salah satu transaksi yang rutin dilakukan.

Setelah memahami cara dan prosedur daftar kuliah di Malaysia di atas, diharapkan Anda mendapatkan pemahaman baru sehingga keinginan untuk kuliah di Malaysia bisa dilaksanakan dengan lebih baik. Untuk layanan pengiriman uang, Anda bisa menjatuhkan pilihan pada Qelola. Dengan tarif yang sangat ekonomis, pengiriman yang yang dilakukan tidak akan membebani Anda. Meski saat ini Qelola baru bisa melayani pengiriman dari Malaysia ke Indonesia, namun tak ada salahnya mengunduh aplikasi ini terlebih dahulu karena ke depan akan terus dilakukan pengembangan sehingga bisa melayani transaksi dua arah.

Tags: , , , , , , , , , , , ,