Informasi Lengkap Seputar Jurusan Ilmu Komputer di Malaysia

jurusan ilmu komputer

Ada berbagai pilihan jurusan saat Anda memilih kuliah di Malaysia. Salah satunya adalah jurusan ilmu komputer. Jurusan ilmu komputer saat ini sangat diminati para pelajar. Pasalnya, perkembangan teknologi yang semakin maju membuat banyak pelajar ingin menambah wawasan di bidang teknologi dan mendapatkan prospek kerja yang bagus di bidang tersebut.

Bagi Anda yang tertarik berkuliah di Malaysia dengan jurusan ilmu komputer, ada baiknya Anda mengetahui informasi lengkap seputar jurusan ini. Tujuannya, agar Anda bisa mengambil pilihan yang tepat dan keputusan yang matang. Tanpa berlama-lama lagi, berikut adalah informasi lengkap seputar jurusan ilmu komputer di Malaysia yang wajib Anda ketahui.

Spesialisasi Jurusan Ilmu Komputer di Malaysia

developing programmer development website design coding technologies working software company office 18497 1235 - Informasi Lengkap Seputar Jurusan Ilmu Komputer di Malaysia

Kuliah jurusan ilmu komputer di Malaysia memiliki banyak keuntungan. Salah satunya adalah banyaknya pilihan spesialisasi di bidang ini. Jadi, Anda bisa memilih spesialisasi yang Anda minati sejak awal masuk kuliah. Pada umumnya, universitas di Malaysia memiliki beberapa spesialisasi yang berbeda-beda jenis dan jumlahnya, terutama dalam bidang ilmu komputer. Sebagai contoh, berikut adalah spesialisasi di jurusan ilmu komputer yang ada di Asia Pacific University of Technology and Innovation:

  • Information Technology (Teknik Informatika)
  • Information System Security
  • Database Administration
  • Cloud Computing
  • Network Computing
  • Mobile Technology
  • Business Information Systems
  • Internet of Things (IoT)
  • Software Engineering (Sistem Informasi)
  • Computer Science (Ilmu Komputer)
  • Data Analytics
  • Intelligent Systems

Rekomendasi Universitas Terbaik untuk Jurusan Ilmu Komputer

portrait smiling asian student 1098 17239 - Informasi Lengkap Seputar Jurusan Ilmu Komputer di Malaysia

Banyak universitas berkualitas di Malaysia yang menyediakan jurusan ilmu komputer. Baik universitas negeri maupun universitas swasta. Bahkan, beberapa di antaranya masuk dalam daftar universitas terbaik di dunia. Contohnya, Monash University Malaysia, Universiti Teknologi Petronas, dan Taylor’s University. Untuk memudahkan Anda menentukan tempat kuliah, berikut adalah rekomendasi universitas terbaik di Malaysia untuk jurusan ilmu komputer:

  • Curtin University
  • Swinburne University of Technology
  • Monash University Malaysia
  • Management & Science University (MSU)
  • Asia Pacific University of Technology and Innovation (APU)
  • Universiti Teknologi Petronas (UTP)
  • Taylor’s University
  • INTI International University
  • HELP University

Baca Juga: 5 Cara Tepat Menentukan Tempat Kuliah di Malaysia

Persyaratan Masuk Jurusan Ilmu Komputer di Malaysia

closeup hands passing contract unrecognizable businessman 1098 19612 - Informasi Lengkap Seputar Jurusan Ilmu Komputer di Malaysia

Setiap universitas di Malaysia menetapkan syarat masuk yang berbeda-beda terutama di bidang ilmu komputer. Hal ini tergantung kebijakan yang ditetapkan masing-masing universitas. Jika Anda telah menetapkan tempat kuliah di Malaysia, ada baiknya jika Anda menghubungi institusi pendidikan yang Anda tuju untuk mendapatkan informasi mengenai syarat masuk. Apabila Anda belum menentukan tempat kuliah, berikut ini adalah contoh persyaratan masuk jurusan ilmu komputer secara umum yang bisa Anda jadikan referensi.

  • Ijazah SMA dengan nilai rata-rata 7–9 untuk program sarjana, ijazah S1 untuk program master.
  • Nilai minimum TOEFL sekitar 500–551 dengan tes berbasis kertas, nilai 195–237 dengan tes berbasis komputer.
  • Nilai minimum IELTS 5,5 untuk program sarjana, nilai 6,5 untuk program master.

Syarat di atas hanya syarat masuk secara akademis. Perlu Anda ingat, Anda tetap harus mempersiapkan syarat administratif seperti paspor, visa, dan lain sebagainya.

Biaya Kuliah Ilmu Komputer

graduation hat coins money glass bottle white background 106094 131 - Informasi Lengkap Seputar Jurusan Ilmu Komputer di Malaysia

Biaya kuliah di Malaysia untuk bidang ilmu komputer tentu berbeda di setiap universitas. Hal ini tergantung jenis universitas, program pendidikan, durasi kuliah, spesialisasi, dan lainnya. Umumnya, biaya kuliah di universitas swasta atau asing tentu lebih mahal daripada universitas negeri atau lokal. Mengenai durasi kuliah, biasanya untuk menempuh program pendidikan sarjana membutuhkan waktu selama 3 tahun, sementara program magister membutuhkan waktu 1–2 tahun.

Kisaran biaya kuliah program sarjana ilmu komputer di universitas lokal atau negeri berkisar Rp70–Rp300 juta, sementara di universitas asing atau swasta sekitar Rp120–Rp450 juta. Untuk program magister, biaya kuliah di universitas lokal atau negeri sekitar Rp15–Rp90 juta, sedangkan di universitas asing atau swasta bekisar Rp120–Rp200 juta.

Biaya tersebut hanya biaya kuliah saja, belum termasuk biaya akomodasi pelajar dan biaya hidup selama kuliah di Malaysia. Namun tenang saja, Malaysia terkenal dengan biaya akomodasi dan biaya hidup yang terjangkau untuk pelajar jika dibandingkan dengan negara-negara lain seperti Inggris, Australia, dan Amerika. Akomodasi dan biaya hidup di Malaysia tentu jauh lebih murah daripada biaya kuliah yang harus Anda bayar. Dengan catatan, Anda selalu disiplin mengelola keuangan. Untuk mempermudah pengelolaan keuangan, Anda bisa menggunakan layanan keuangan Qelola sebagai solusinya.

Qelola menawarkan kemudahan pengiriman dan penerimaan uang dari Malaysia ke Indonesia. Dengan fitur menarik seperti e-wallet, transfer uang domestik dan internasional, serta layanan multi-billing payment, pengelolaan keuangan selama menempuh pendidikan di Malaysia akan lebih praktis dan efisien. Melalui Qelola, Anda sudah bisa melakukan berbagai transaksi keuangan dengan proses yang cepat dan biaya terjangkau. Tunggu apalagi? Unduh aplikasi Qelola sekarang juga! Jangan lupa lakukan pendaftaran akun dan pengisian saldo agar Anda bisa mendapatkan manfaat yang maksimal dari setiap fiturnya.

Tags: , , , , , , , , ,