8 dari 71 Negara Tanpa Visa, Siap-Siap untuk Liburan Yuk!

Negara Tanpa Visa

Negara Indonesia menjadi salah satu negara dengan paspor ‘terkuat’ di dunia. Bukan tanpa sebab, status ini diperoleh karena dengan memiliki paspor Indonesia Anda bisa berkunjung ke banyak negara tanpa memerlukan visa atau izin masuk dan tinggal dalam waktu tertentu di negara tujuan Anda. Jika demikian, adakah yang menghalangi Anda untuk berkunjung ke puluhan negara di dunia?

Bebas visa dalam hal ini tentu untuk keperluan wisata. Visa sendiri merupakan sebuah tanda bahwa Anda sudah diijinkan untuk masuk ke suatu negara, yang berisi identitas dari Anda sebagai pemegang paspor. Visa dikeluarkan oleh kedubes negara terkait, dan memiliki masa berlaku yang terbatas sesuai dengan kesepakatan kerjasama kedua negara.

Namun demikian, pada banyak negara di dunia, tercatat hingga 71 negara di dunia, paspor Indonesia memiliki keleluasaan dengan pembebasan visa dalam jangka waktu tertentu. Negara mana saja yang sudah memberikan keleluasaan ini dan berapa lama kebebasan visa yang diberikan? Simak daftar berikut sekaligus untuk merencanakan liburan Anda!

Malaysia, Dekat dan Bebas Visa yang Lama

Untitled design568 - 8 dari 71 Negara Tanpa Visa, Siap-Siap untuk Liburan Yuk!

Sebagai negara tetangga, Malaysia memiliki hubungan kerjasama yang baik dengan Indonesia. Hal ini sudah berlangsung cukup lama, mengingat kedekatan nenek moyang yang dimiliki kedua negara ini. Anda bisa berkunjung ke Malaysia dengan keleluasaan visa selama 90 hari. Jadi Anda bisa benar-benar berkeliling Malaysia dan menjelajahi setiap tempat wisata yang ada di sana. Mulai dari Bukit Bintang, Menara Kembar Petronas, hingga wilayah Penang dan masih banyak lagi.

Vietnam

Masih dalam rumpun negara ASEAN, paspor Indonesia Anda akan memiliki keleluasaan visa selama 30 hari di negara ini. Mungkin tidak selama ketika Anda berada di Malaysia, namun Anda tetap bisa memanfaatkan waktu yang dimiliki untuk berkeliling negara Vietnam dan menikmati suguhan objek wisatanya. Beberapa objek yang cukup terkenal adalah Ba Na Hills dan pula Phu Quoc.

Kolombia, Jauh Di Wilayah Amerika

Untitled design570 - 8 dari 71 Negara Tanpa Visa, Siap-Siap untuk Liburan Yuk!

Mengunjungi wilayah Bogota hingga menjelajah area Amazon, Kolombia menawarkan objek wisata yang cukup beragam untuk menikmati waktu liburan Anda. Tak perlu buru-buru, Anda bisa berwisata di negara ini selama 90 hari bebas visa. Jadi Anda benar-benar bisa mendatangi setiap tempat wisata yang ditawarkan dan memaksimalkan waktu liburan Anda.

Negeri Sakura, Jepang

Negara yang dikenal dengan Tokyo Tower-nya ini juga termasuk negara bebas visa untuk pemegang paspor Indonesia. Bebas visa yang diberikan bahkan bisa Anda nikmati lebih dari 90 hari. Namun demikian, syaratnya Anda harus menggunakan paspor elektronik yang sudah disediakan oleh pihak imigrasi. Hal ini guna memudahkan pendataan dan proses pengurusan administrasi ketika Anda ke Jepang. Wisata alam? Anda bisa mendatangi Gunung Fuji. Taman hiburan? Tokyo Disneyland akan menjadi pilihan wisata yang menyenangkan!

Republik Dominika

Untitled design569 - 8 dari 71 Negara Tanpa Visa, Siap-Siap untuk Liburan Yuk!

Menjadi salah satu negara yang memberikan keleluasaan visa untuk pemegang paspor Indonesia, jangka waktu yang diberikan adalah sekitar 21 hari. Cukup panjang untuk menikmati wisata yang ditawarkan negara ini. Mungkin jika membahas Republik Dominika, yang paling terkenal adalah pantai pasir putih di Bani Dunes.

Laos, Menikmati Sepasang Air Terjun Sungai Mekong

Kembali ke rumpun negara di ASEAN, Anda bisa menikmati wisata di Laos dengan bebas visa yang diberikan. Cukup lama, waktu yang bisa Anda nikmati untuk berkunjung di negara ini dengan bebas visa adalah 30 hari. Di negara tanpa visa yang satu ini, Anda bisa menikmati indahnya sepasang air terjung di sungai Mekong yang sangat menakjubkan.

Berkunjung ke Brazil, Negara Bebas Visa di Benua Amerika

Untitled design571 - 8 dari 71 Negara Tanpa Visa, Siap-Siap untuk Liburan Yuk!

Selama 30 hari penuh Anda dapat menikmati objek wisata yang dimiliki oleh Negeri Samba yang satu ini. Dengan iklim yang mirip dengan Indonesia, Brazil menjadi negara tanpa visa selanjutnya yang masuk di daftar ini. Tentu saja, objek atau lokasi paling ikonik dari Brazil adalah Rio de Janeiro, yang menjadi objek wajib ketika berkunjung ke sini.

Negeri Tetangga Mungil, Singapura

Last but not least, adalah negara yang lokasinya sangat dekat dengan wilayah Indonesia. Singapura jadi negara terakhir untuk menutup daftar negara tanpa visa kali ini. Meski hanya diberikan kebebasan selama 30 hari, namun rasanya ini cukup untuk Anda menikmati ‘wahana’ yang dimiliki negara ini. Mulai dari Marina Bay, Merlion Park yang ikonik, hingga Clarke Quay yang menawan, semua bisa Anda nikmati dengan kebebasan visa yang diberikan.

Baca Juga: 9 Street Food Penang Favorit Para Foodies, Pasti Suka!

Tentu masih banyak lagi negara tanpa visa yang bisa Anda kunjungi dengan paspor Indonesia. Namun demikian, sebelum berlibur tentu Anda harus memastikan semua tagihan sudah dibayarkan agar waktu liburan Anda tak terganggu dengan tagihan yang datang. Jika Anda sedang berada di Malaysia, Anda bisa menggunakan layanan Qelola. Layanan remitansi yang satu ini juga memiliki fitur pembayaran tagihan listrik, PDAM, serta BPJS, sehingga waktu liburan Anda tidak akan terganggu dengan tagihan tersebut. Cukup unduh, isi saldo, bayar, dan selesai, Anda bisa kembali menikmati waktu liburan yang menyenangkan. Unduh aplikasinya di sini!

Tags: , , , , , , , , , , , ,