6 Masjid Termegah di Negara Malaysia yang Wajib Anda Kunjungi

masjid negara malaysia

Wisata religi adalah salah satu potensi wisata di Malaysia yang sayang jika dilewatkan selain taman hiburan dan wisata kulinernya. Seperti yang kita tahu, masjid merupakan tempat peribadatan sakral bagi umat muslim di seluruh dunia. Selain sebagai tempat beribadah, masjid juga merupakan pusat kehidupan komunitas umat muslim. Meskipun di Malaysia jumlah penduduk yang beragama Islam di tidak sebanyak di Indonesia, tetapi penerapan kebudayaan dan syariat Islam diberlakukan di beberapa negara bagian. Masjid negara Malaysia bukan hanya bangunan ibadah dengan arsitektur yang menakjubkan, beberapa bahkan ada yang memiliki sejarah panjang tentang Malaysia di masa lampau yang menarik untuk Anda ketahui.

Jadi untuk Anda yang akan berlibur ke Malaysia, menjelajahi wisata religi dan mengunjungi masjid-masjid termegah di Malaysia sangat kami sarankan. Berikut kami rekomendasikan beberapa masjid negara Malaysia yang terkenal megah yang wajid Anda kunjungi.

  1. Masjid Zahir

masjid zahir e1590796760173 - 6 Masjid Termegah di Negara Malaysia yang Wajib Anda Kunjungi

Masjid Zahir beralamat di Jalan Kampung Peak, Bandar Alor Setar, 05150 Alor Setar, Kedah. Masjid ini berdiri sejak 1912 Masehi dan terkenal karena gambarnya terpasang di perangko pemerintah Malaysia. Masjid Zahir merupakan salah satu masjid negara Malaysia yang tertua dan memiliki sejarah yang panjang. Selain dikenal sebagai masjid paling megah di Malaysia, Masjid Zahir juga dikenal sebagai masjid terindah di dunia. Bentuk kubah yang mirip dengan bawang merah serta arsitektur khas Timur Tengah merupakan daya tarik Masjid Zahir. Tidak heran jika masjid unik ini menjadi simbol Kota Kedah dan kebanggaan warga Malaysia yang kerap dikunjungi oleh para wisatawan, baik dari dalam maupun luar negeri.

  1. Putra Mosque (Masjid Putrajaya)

masjid putrajaya e1590796253453 - 6 Masjid Termegah di Negara Malaysia yang Wajib Anda Kunjungi

Masjid Putrajaya beralamat di Persiaran Persekutuan, Presint 1, 62502 Putrajaya, Wilayah Persekutuan Putrajaya, Malaysia. Tempat ibadah umat Islam ini merupakan salah satu landmark Kota Putrajaya dan destinasi wisata favorit umat Islam yang berkunjung ke Malaysia. Masjid Putrajaya juga dikenal sebagai masjid terapung. Hal tersebut disebabkan karena letak masjid yang berada di bibir Danau Putrajaya yang memberi efek ilusi terapung. Arsitektur dari masjid yang dibangun pada tahun 1997 tersebut mengadaptasi dari budaya Maroko.

  1. Masjid Negara Malaysia

Masjid Negara Malaysia Foto Depan Dari Jauh e1590796351600 - 6 Masjid Termegah di Negara Malaysia yang Wajib Anda Kunjungi

Masjid Negara Malaysia beralamat di Jalan Perdana, Tasik Perdana, 50480 Kuala Lumpur, Wilayah Persekutuan Kuala Lumpur, Malaysia. Masjid ini didesain oleh Dato’ Baharuddin Kasim yang dibangun sejak tahun 1963 dan diresmikan pada tahun 1965. Masjid ini juga merupakan salah satu tempat ibadah paling megah di Malaysia dan dikenal sebagai masjid terbesar di Malaysia karena mampu menampung sekitar 15.000 jamaah. Konsep arsitektur yang beragam bisa dilihat dari desain bangunannya. Mulai dari selasar dan gerbang yang mengadaptasi budaya melayu, kubah-kubah kecil khas budaya Islam Arab, hingga desain modern pada atap berbentuk payung yang bisa terbuka dan menguncup secara otomatis. Masjid Negara Malaysia merupakan salah satu simbol keberadaan umat Islam di Malaysia.

  1. Masjid Sultan Salahuddin Abdul Aziz

masjid sultan salahudin aziz - 6 Masjid Termegah di Negara Malaysia yang Wajib Anda Kunjungi

Masjid Sultan Salahuddin Abdul Aziz beralamat di Persiaran Masjid St., Sekysen 14, 40000 Shah Alam, Selangor. Untuk Anda yang tertarik dengan masjid yang bergaya modern, Masjid Sultan Salahuddin Abdul Aziz di Selangor bisa dijadikan referensi. Masjid ini merupakan masjid terbesar kedua di Asia Tenggara dengan kubah setinggi 51 meter. Kubah ini merupakan salah satu yang menjadi daya tarik utamanya. Dibalut dengan warna biru, kubah Masjid Sultan Salahudin Abdul Aziz semakin indah pada malam hari dan memantulkan cahaya lampu ke seluruh penjuru Kota Shah Alam.

  1. Masjid Wilayah Persekutuan

Masjid Wilayah - 6 Masjid Termegah di Negara Malaysia yang Wajib Anda Kunjungi

Masjid Wilayah Persekutuan beralamat di Jalan Sultan Mizan Zainal Abidin, Kompleks Kerajaan, 50480 Kuala Lumpur. Bangunan masjid yang mirip dengan Masjid Sultan Ahmed di Turki ini dikelilingi oleh taman dan kolam yang indah. Dengan proses pembangunan masjid yang berlangsung selama 3 tahun ini membuat Masjid Wilayah Persekutuan memiliki 4 kubah besar dan 22 kubah kecil. Daya tampung masjid sendiri mencapai 17.000 orang sehingga selain para pejabat dan petinggi kerajaan Malaysia, Masjid Wilayah Persekutuan juga sering dijadikan tempat beribadah warga Malaysia saat perayaan Idul Fitri dan Idul Adha.

  1. Al Bukhary Mosque

masjid al bukhary 2 e1590796913348 - 6 Masjid Termegah di Negara Malaysia yang Wajib Anda Kunjungi

Masjid Al Bukhary beralamat di Jalan Hang Tuah, Bukit Bintang, 55200 Kuala Lumpur. Masjid ini dibangun oleh seorang pengusaha lokal bernama Tan Sri Syed Mokhtar Al Bukhary dan merupakan salah satu ikon terbaru dan paling menakjubkan di Alor Setar, Kedah. Keistimewaan masjid ini tidak hanya dari bangunannya. Selain berfungsi sebagai tempat beribadah, Masjid Al Bukhary juga dikenal sebagai Islamic Centre yang dilengkapi dengan pusat kesehatan, panti asuhan, dan sekolah khusus untuk para jompo yang dikelola oleh Yayasan Al Bukhary.

Baca Juga: Itinerary Kuala Lumpur 3 Hari 2 Malam Paling Murah dan Seru

Itulah beberapa masjid negara Malaysia yang terkenal megah yang wajib Anda kunjungi. Sebelum pergi ke Malaysia, kami sarankan Anda untuk menginstal aplikasi keuangan seperti Qelola pada ponsel Anda untuk kemudahan transaksi Anda jika sewaktu-waktu Anda ingin melakukan transaksi atau melakukan transfer ke Indonesia. Dengan aplikasi Qelola Anda dapat dengan mudah mengirim transfer uang ke Indonesia dengan biaya yang sangat terjangkau. Membayar tagihan listrik yang terlupa maupun mengisi pulsa juga dapat dilakukan dengan mudah melalui Qelola. Qelola adalah solusi cerdas keuangan Anda selama di Malaysia.

Tags: , , , , , , , , ,