3 Cara Transfer Uang Tanpa ATM, Siapa Tahu Perlu

Cara Transfer Uang Tanpa ATM

Saling berkirim uang saat ini adalah aktivitas yang sangat lumrah terjadi. Mulai dari untuk transaksi jual-beli, pembayaran tagihan, hingga transfer untuk berbagai kepentingan lain. Berbagai cara transfer uang tanpa ATM juga dapat dilakukan, ketika Anda tidak berhasil menemukan mesin ini di sekitar lingkungan Anda. Tapi bisakah cara-cara ini dilakukan untuk pengiriman uang ke luar negeri?

Mesin ATM sebenarnya merupakan perpanjangan bank dalam memberikan layanan untuk memudahkan penggunanya melakukan transaksi. Namun dengan kemajuan teknologi, mesin ini justru rasanya semakin sulit ditemukan. Perlahan, peran ATM digantikan dengan banyak aplikasi yang hadir pula pada segmen urusan yang sama.

Beberapa cara transfer uang tanpa ATM bisa Anda lakukan, seperti yang dijelaskan di bawah ini. Dalam konteks pengiriman uang ke luar negeri, berikut cara yang bisa Anda pilih.

Perusahaan Transfer Uang Antar Negara

Untitled design505 - 3 Cara Transfer Uang Tanpa ATM, Siapa Tahu Perlu

Paling sederhana dan mudah, mungkin adalah menggunakan jasa layanan perusahaan pengiriman uang antar negara seperti Western Union. Perusahaan ini dikenal luas menyediakan jasa pengiriman uang dari satu negara ke negara lain dengan sejumlah biaya tertentu. Nantinya penerima dapat mendatangi Kantor Western Union terdekat untuk mengambil uang yang dikirimkan untuknya.

Proses yang mudah serta cakupan wilayah yang luas menjadi keunggulan utama dari layanan ini. Selain itu, kantor pelayanan perusahaan ini juga sudah menjamur di berbagai daerah di Indonesia. Anda cukup mendatangi kantor terdekat dengan membawa uang yang akan dikirimkan dan identitas lengkap Anda. Pastikan juga identitas penerima jelas dan lengkap sesuai dengan apa yang tertera dalam kartu identitas.

Setelah sampai di kantor yang dituju, penerima dapat mendatangi kantor dengan membawa identitas lengkap serta kode yang menjadi kunci validasi identitas. Prosesnya dapat dikatakan cukup cepat dan tidak rumit. Hanya saja biaya dan waktu pengirimannya tidak bisa dilakukan secara real-time.

Layanan Pos Indonesia

Untitled design504 - 3 Cara Transfer Uang Tanpa ATM, Siapa Tahu Perlu

Anda juga bisa menggunakan layanan yang disediakan oleh Pos Indonesia untuk mengirimkan uang dari dan ke luar negeri. Layanan ini disebut dengan Weselpos. Dengan layanan ini Anda bisa mengirimkan uang ke luar negeri dan menerima kiriman uang dari luar negeri.

Dalam layanan ini sendiri Pos Indonesia bekerja sama dengan beberapa perusahaan remitansi lainnya sehingga layanan yang diberikan memiliki cakupan yang sangat luas. Layanan yang bekerja sama dengan Pos Indonesia sendiri antara lain Western Union, Moneygram, Transfast, Ria Money Transfer, Fire Cash (BCA), dan Wesel PIN BNI (BNI). Setiap layanan ini dapat menggunakan Kantor Pos Indonesia yang tersebar di setiap daerah di Indonesia sebagai tempat transaksinya.

Fasilitas yang disediakan oleh Pos Indonesia sebagai perusahaan pengiriman milik negara ini mendapat sambutan yang cukup baik dari masyarakat, mengingat hampir setiap daerah di Indonesia memiliki cabang Kantor Pos Indonesia. Kantor-kantor yang sudah ada sejak lama kemudian mengalami modernisasi, dan kini dapat membantu Anda dalam urusan pengiriman uang antar negara.

Cara Transfer Uang Tanpa ATM, Qelola

Untitled design503 - 3 Cara Transfer Uang Tanpa ATM, Siapa Tahu Perlu

Terakhir, cara terbaru dan layanan paling handal untuk cara transfer uang tanpa ATM adalah aplikasi Qelola. Ya, layanan remitansi yang satu ini sudah dapat digunakan untuk Anda yang bekerja di Malaysia, untuk melakukan pengiriman uang ke Indonesia. Beberapa kelebihan bisa Anda nikmati dengan menggunakan layanan ini.

Pertama, transfer dilakukan secara real-time, jadi ketika Anda mengirimkan uang lewat aplikasi Qelola, hampir pada saat yang bersamaan uang akan diterima oleh penerima yang Anda tunjuk. Layanan ini terbilang sangat efektif karena penerima tidak perlu menunggu berhari-hari untuk mendapatkan kiriman uang dan mencairkannya.

Kedua, layanan ini bisa digunakan lewat smartphone yang Anda miliki. Anda cukup mengunduh aplikasinya, membuat akun, mengisi saldo akun, kemudian mengirimkan ke akun penerima atau rekening bank yang dituju. Proses transaksi selesai, sederhana, cepat, dan efektif.

Ketiga, biaya transfer yang sangat rendah akan memberikan keuntungan untuk Anda dan penerima. Jika biasanya biaya pengiriman uang dengan cara lain memakan sekitar belasan ringgit, dengan aplikasi Qelola biaya yang harus Anda keluarkan hanya di bawah 5 ringgit. Cukup jauh bukan selisihnya? Jika dilakukan secara rutin, selisih ini akan sangat terasa baik untuk Anda yang mengirim uang atau keluarga di tanah air yang menerima uang.

Keempat, fitur pembayaran tagihan langsung secara resmi untuk PLN, PDAM, dan BPJS yang bisa Anda lakukan dengan menu yang ada di aplikasi Qelola.

Baca Juga: Tentang Konversi Mata Uang dan Aplikasi Kurs Berkapasitas Kecil

Cara transfer uang tanpa ATM nyatanya cukup banyak dan bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan. Namun demikian, sangat direkomendasikan untuk menggunakan Qelola, mengingat 4 kelebihan yang sudah disebutkan sebelumnya. Anda bisa mengunduh aplikasinya secara langsung di sini, dan mulai menikmati setiap fiturnya. Ingat, pengiriman uang mudah, cepat dan murah, hanya dengan layanan remitansi Qelola!

 

Tags: , , , , , , , , , , , , ,