4 Cara Mentransfer Uang Lewat HP, Mudah dan Ringkas Lho!

Cara Mentransfer Uang Lewat HP

Saat mendengar ‘transfer uang’ apa yang pertama Anda bayangkan? Mesin ATM? PIN untuk transaksi? Keluarga di rumah? Atau layanan mobile banking yang kini bisa digunakan dengan mudah tanpa harus meninggalkan rumah Anda yang nyaman? Cara mentransfer uang lewat HP kini sudah jadi satu hal yang sangat awam. Hampir semua orang menggunakan layanan ini untuk melakukan transaksi.

Layanan perbankan, banyak, atau hampir seluruh layanan perbankan sekarang, sudah menyediakan fitur mobile banking yang dapat diakses melalui HP yang Anda miliki. Cukup dengan mengunduh aplikasinya, kemudian mengaktifkan layanan mobile banking yang tersedia, dan selesai. Anda bisa melakukan transfer, pengecekan saldo, transaksi lain dengan cepat dan mudah.

Namun dengan segala kemudahannya, cara mentransfer uang lewat HP sebenarnya tak cuma memanfaatkan aplikasi. Masih ada beberapa cara lain yang bisa digunakan jika misalnya saja layanan melalui aplikasi mengalami gangguan.

Cara Mentransfer Uang Lewat HP, SMS Banking

Untitled design413 - 4 Cara Mentransfer Uang Lewat HP, Mudah dan Ringkas Lho!

Seperti namanya, transfer uang dengan SMS Banking tidak memerlukan koneksi internet aktif pada HP yang Anda miliki. Layanan ini dapat dikatakan cukup ‘senior’ di antara cara yang lain, sebab sudah muncul sejak beberapa tahun silam. Dengan memanfaatkan layanan pesan singkat, Anda bisa mentransfer uang dengan cepat dan cukup efektif.

Jika dilihat dari kelebihannya, jelas, SMS Banking tidak memerlukan keterhubungan dengan jaringan internet agar dapat digunakan. Cukup dengan biaya yang cukup murah dengan pulsa Anda, Anda bisa menggunakan layanan ini. Namun demikian kelemahannya adalah Anda harus tahu dan hafal setiap kode transaksi dan kode bank, yang tentu saja cukup banyak.

Menggunakan Internet Banking

Untitled design412 - 4 Cara Mentransfer Uang Lewat HP, Mudah dan Ringkas Lho!

Perkembangan teknologi juga mempengaruhi cara mentransfer uang lewat HP yang ada. Setelah penggunaan SMS Banking, cara kedua yang digunakan adalah dengan Internet Banking. Layanan ini perlu diaktifkan dengan mendatangi teller bank yang Anda gunakan, dan kemudian mengajukan aktivasi layanan Internet Banking.

Penggunaan layanan ini perlu difasilitasi dengan keterhubungan dengan jaringan internet aktif. Well, namanya juga Internet Banking, tentu adalah layanan perbankan yang digunakan dengan bantuan internet. Beberapa bank kemudian memberikan perangkat tambahan untuk verifikasi data dan transaksi. Perangkat tambahan ini dikenal dengan sebutan token, yang digunakan untuk memasukkan PIN ketika akan transaksi.

Paling Populer, Mobile Banking

Untitled design411 - 4 Cara Mentransfer Uang Lewat HP, Mudah dan Ringkas Lho!

Menjadi salah satu layanan yang paling banyak digunakan pada era sekarang Mobile Banking nyata-nyata memberikan banyak kemudahan untuk penggunaanya. Jika Anda adalah salah satu pengguna layanan ini, tentu Anda tahu kemudahan apa saja yang disediakan. Tak hanya ringkas dan cepat karena dapat diakses melalui smartphone Anda, layanan ini juga tidak memerlukan token karena PIN dimasukkan langsung lewat aplikasi.

Anda harus mendatangi teller bank untuk melakukan aktivasi. Beberapa bank memberi kemudahan dengan aktivasi mandiri melalui mesin ATM yang ada, namun demi keamanan dan kepastian, Anda sebaiknya mendatangi teller bank terkait. Tinggal unduh aplikasinya, aktifkan layanannya, dan Anda bisa melakukan hampir semua transaksi perbankan dan pembayaran melalui aplikasi tersebut.

Aplikasi Transfer Uang Selain BankUntitled design253 - 4 Cara Mentransfer Uang Lewat HP, Mudah dan Ringkas Lho!

Selain 3 cara mentransfer uang lewat HP di atas, Anda juga dapat menggunakan layanan selain yang disediakan oleh perbankan. Layanan ini, biasanya menggunakan aplikasi, merupakan layanan yang resmi dan tercatat oleh lembaga negara terkait sebab bergerak di bidang keuangan yang menjadi bidang krusial di suatu negara.

Layanan pihak ketiga ini biasanya memberikan beberapa kelebihan dibandingkan dengan layanan Mobile Banking yang banyak digunakan. Paling sederhana dan jelas, adalah biaya transfer yang biasanya lebih rendah dari pada transfer langsung antara bank yang berbeda. Memang mungkin nilainya tidak banyak, namun cukup lumayan untuk mengurangi ‘biaya administrasi’ yang biasanya cukup besar untuk pengiriman berbeda bank.

Contoh layanan ini dapat ditemukan dengan cukup mudah. Misalnya saja, Western Union yang sudah ada sejak lama sebagai salah satu platform pengiriman uang antar negara. Atau mungkin PayPall, yang juga memiliki fungsi serupa. Kini, telah hadir pula layanan Qelola yang siap membantu Anda untuk pengiriman uang dari Malaysia ke Indonesia dengan cepat, mudah, dan murah.

Baca Juga: Tentang Konversi Mata Uang dan Aplikasi Kurs Berkapasitas Kecil

Kehadiran Qelola dalam ranah industri ini tentu memudahkan Anda yang berada dan bekerja di Malaysia untuk melakukan pengiriman uang. Kini, layanan Qelola memang baru dapat digunakan untuk transaksi satu arah saja. Namun layanannya akan terus dikembangkan agar dapat memperluas cakupan dan transaksi yang disediakannya.

Cara mentransfer uang lewat HP dengan aplikasi Qelola cukup mudah. Anda tinggal melakukan top up, kemudian masukkan nomor rekening bank yang ada di Indonesia, kemudian lanjutkan dengan memasukkan PIN dan selesai. Biaya transfer yang ini sangat ekonomis, yakni di bawah 5 ringgit Malaysia. Tentu ini di bawah layanan pengiriman yang lain yang biasa Anda gunakan. Anda bisa segera mengunduh aplikasinya di sini, dan mulai menggunakan layanan yang disediakan Qelola!

Tags: , , , , , , , , ,