Tertarik Kuliah di Luar Negeri? Intip 5 Universitas Terbaik di Malaysia

universitas terbaik di malaysia

Seperti yang sudah umum diketahui, bahwa salah satu wilayah Malaysia berbatasan langsung dengan Kalimantan, Indonesia. Maka dari itu, tidak heran jika hingga kini ada banyak sekali mahasiswa asal Indonesia yang kuliah di Malaysia. Ditambah lagi, jika dilihat secara rangking, Malaysia adalah negara dengan kualitas pendidikan satu tingkat di atas Indonesia. Bagi Anda yang tertarik untuk kuliah di luar negeri, Malaysia menjadi salah satu negara tujuan yang tepat. Berikut ini ada beberapa informasi tentang sistem pendidikan di Malaysia dan rekomendasi universitas terbaik di Malaysia yang perlu Anda ketahui.

Baca Juga: Kenali 5 Universitas Bisnis Terbaik di Malaysia Berikut

Sistem Pendidikan di Malaysia

Sistem pendidikan di Malaysia dimulai pada usia 3 hingga 6 tahun pada pendidikan pra sekolah. Namun pra sekolah ini tidak diwajibkan, khususnya bagi masyarakat yang tinggal di pedalaman. Setelah itu, mereka akan melanjutkan ke jenjang pendidikan primer, yang dibagi menjadi menjadi dua kategori berdasarkan bahasa yang digunakan yaitu Melayu atau Inggris.

Kemudian pendidikan level secondary dimulai anak usia 12 hingga 17 tahun, yaitu selama lima tahun. Setelah level secondary selesai, setiap siswa diberikan kebebasan untuk memilih apakah akan melanjutkan ke tingkat kelas 6 atau melanjutkan ke kelas matrikulasi (pre-university) selama 1 hingga 2 tahun. Setelah itu, pendidikan dilanjutkan ke higher education dengan rata-data biaya tuition sekitar MYR30.000 hingga MYR75.000.

Ada beberapa tipe institution yang menyediakan pendidikan pada level ini. Diantaranya adalah Colleges, University, Institute of Technology dan Politeknik. Level undergraduate di Malaysia dapat digunakan untuk mendapatkan gelar foundation, certificate, diploma dan bachelor. Sedangkan pada level post-graduate terdapat graduate certificate atau pre-mester dan master program. Setidaknya ada 20 Universitas Negeri, 40 Universitas Swasta, 5 Universitas Cabang dari luar negeri dan 500 Colleges Swasta dengan berbagi program menarik yang bisa dipilih di Malaysia.

Rekomendasi Universitas Terbaik di Malaysia

Untuk memudahkan Anda dalam menentukan universitas mana yang akan Anda pilih, berikut ini ada beberapa rekomendasi universitas terbaik di Malaysia sebagai bahan pertimbangan Anda.

1.  University of Malaya

universitas terbaik di malaysia 1 - Tertarik Kuliah di Luar Negeri? Intip 5 Universitas Terbaik di Malaysia

Berdasarkan QS World Ranking University, University of Malaya berada di peringkat 167 dengan score 56.9 di dunia dan peringkat 32 dengan score 80.4 di Asia. Kampus University of Malaya terletak di Lingkungan Budi, Kuala Lumpur. Visi dari kampus ini adalah memajukan pengetahuan melalui perbaikan secara terus menerus untuk semua orang, khususnya mahasiswa University of Malaya itu sendiri. Fasilitas yang terkenal di kampus University of Malaya adalah Museum of Asian Art dan Botanical Garden. 

2.  Universiti Kebangsaan Malaysia

universitas terbaik di malaysia 2 - Tertarik Kuliah di Luar Negeri? Intip 5 Universitas Terbaik di Malaysia

Kampus Universiti Kebangsaan Malaysia terletak di Jalan Reko, Bangi, Selangor, Kuala Lumpur. Universiti Kebangsaan Malaysia ini dikelilingi oleh bukit-bukit yang hijau yang membuat pemandangan di sekitar kampus sangat menyejukkan. Berdasarkan QS World Ranking University, Universiti Kebangsaan Malaysia berada di peringkat 56 dengan score 65.4 di Asia. Universiti Kebangsaan Malaysia memiliki 8 Fakultas, 1 Sekolah, 16 Institutes, Pusat Manajemen Pascasarjana, Pusat Studi Umum, Pusat Pengembangan Mahasiswa, dan pusat pelayanan-pelayanan lainnya. Khusus untuk perpustakaan di Universitas Kebangsaan Malaysia ini standarnya sudah berbasis Internasional.

3.  Universiti Sains Malaysia

universitas terbaik di malaysia 3 - Tertarik Kuliah di Luar Negeri? Intip 5 Universitas Terbaik di Malaysia

Universiti Sains Malaysia menawarkan program Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Pengetahuan Terapan, Ilmu Kedokteran dan Kesehatan, Ilmu Farmasi, Ilmu Gedung dan Ilmu Teknologi, Ilmu Sosial, Humaniora, dan Pendidikan. Berdasarkan QS World Ranking University, Universiti Sains Malaysia berada di peringkat 57 dengan score 64.0 di Asia. Pada tahun 2008, Universitas ini telah terpilih untuk berpartisipasi dalam APEX, yaitu sebuah program Fast-Track untuk membantu perguruan tinggi mencapai tingkat internasional. Universiti Sains Malaysia terletak di Jalan Sungai Dua, Georgetown, Pulau Penang, Malaysia.

4.  Universiti Teknologi Malaysia

universitas terbaik di malaysia 4 - Tertarik Kuliah di Luar Negeri? Intip 5 Universitas Terbaik di Malaysia

Kampus Universiti Teknologi Malaysia ini telah menerima banyak penghargaan internasional di bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Berdasarkan QS World Ranking, Universiti Teknologi Malaysia berada di peringkat 66 dengan score 59.6 di Asia. Kampus ini memiliki dua kampus utama yaitu Universiti Teknologi Malaysia Johor Bahru dan Universiti Teknologi Malaysia Kuala Lumpur. Universiti Teknologi Malaysia merupakan salah satu dari 3 universitas yang fokus untuk bidang riset. 

5.  Universiti Putra Malaysia

universitas terbaik di malaysia 5 - Tertarik Kuliah di Luar Negeri? Intip 5 Universitas Terbaik di Malaysia

Berdasarkan QS World Ranking, Universiti Putra Malaysia berada di peringkat 76 dengan score 57.2 di Asia. Kampus Universiti Putra Malaysia ini terletak di Serdang, Serangol, Dhrul Ehsan, Malaysia. Pada tahun 2014, mahasiswa Universiti Putra Malaysia meraih peringkat ke-2 dalam kompetisi teknologi makanan di New Orlan, Amerika Serikat. Menariknya lagi, Universiti Putra Malaysia dilengkapi dengan infrastruktur yang komprehensif dalam penelitian dan pembangunan. Selain itu, Universiti Putra Malaysia juga telah mengemukakan 448 hak patennya di Malaysia. Hal ini menjadi rekor tertinggi dari semua universitas terbaik di Malaysia. 

Itulah 5 rekomendasi universitas di Malaysia yang bisa Anda pilih sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda dalam melanjutkan pendidikan. Sementara untuk urusan akomodasi, sebagai mahasiswa di Malaysia Anda bisa memilih asrama. Asrama merupakan pilihan utama mahasiswa internasional yang ada di Malaysia. Selain pasti berjarak dekat dengan kampus, asrama juga biasanya berlokasi di tempat-tempat yang strategis. Namun bagi Anda yang menginginkan akomodasi yang lebih private, maka Anda bisa memilih kondominium atau hostel.

Selama kuliah di Malaysia, pastikan Anda bisa mengatur keuangan sebaik mungkin. Agar lebih praktis, sebaiknya gunakan aplikasi keuangan seperti Qelola. Qelola akan membantu Anda untuk mengirim dan menerima kiriman uang dari Malaysia ke Indonesia dan sebaliknya. Kirim uang dengan Qelola bisa dilakukan dengan sangat mudah, cepat, aman, dan yang pasti biayanya sangat murah. Selain untuk keperluan kirim uang, Qelola juga bisa Anda andalkan untuk transaksi lain seperti bayar tagihan, beli pulsa, dan lainnya. Yuk, langsung unduh aplikasinya sekarang juga!

Tags: , , , , , ,