Kira-Kira Berapa Biaya Kuliah di Malaysia Sampai Lulus?

Biaya Kuliah Di Malaysia

Sebelum mendaftar dan berangkat untuk kuliah di Malaysia, ada baiknya Anda juga mencari informasi mengenai berbagai hal terkait perihal kehidupan perkuliahan. Hal ini mulai dari jurusan yang diinginkan, kampus yang dituju, tempat tinggal, biaya hidup, serta biaya kuliah di Malaysia. Jika segala informasi ini sudah didapatkan, Anda bisa mempertimbangkan dan memantapkan niat Anda untuk kuliah di Negeri Jiran ini.

Kuliah di luar negeri mungkin memiliki kesan pertama berbiaya mahal. Padahal nyatanya, kuliah di Malaysia biayanya tidak setinggi kuliah di Eropa. Hal ini dikarenakan Malaysia terletak cukup dekat dengan Indonesia serta kondisi ekonomi yang tidak jauh berbeda. Sehingga biaya kuliah di Malaysia cenderung tidak berbeda jauh dengan biaya kuliah di Indonesia.

Biaya Kuliah di Malaysia

Untitled design335 - Kira-Kira Berapa Biaya Kuliah di Malaysia Sampai Lulus?

Untuk menjelaskan biaya kuliah di Malaysia mungkin tidak dapat dilakukan secara mendetail. Hal ini disebabkan karena banyaknya universitas di Malaysia yang menawarkan studi untuk mahasiswa asing, sehingga rentang biayanya juga cukup lebar. Biaya ini akan tergantung dengan tempat Anda ingin berkuliah, jurusan yang ingin Anda ambil, dan program kuliah yang Anda ikuti.

  • Untuk program sarjana sendiri (S1) ada beberapa gambaran biaya kuliah yang bisa dijadikan acuan.
  • Bidang kuliah bisnis rata-rata membutuhkan dana sebesar 33.000 hingga 85.000 ringgit Malaysia untuk masa studi 3 tahun.
  • Bidang kuliah teknik rata-rata membutuhkan dana sebesar 46.000 hingga 115.000 ringgit Malaysia untuk masa studi 4 tahun.
  • Bidang kuliah teknologi informasi membutuhkan dana sebesar 35.000 hingga 90.000 ringgit Malaysia untuk masa studi 3 tahun,
  • Untuk bidang studi perhotelan dan pariwisata, biaya kuliahnya adalah 35.000 hingga 183.000 ringgit Malaysia untuk masa studi 3 hingga 4 tahun.
  • Untuk bidang kedokteran, biaya yang dihabiskan kira-kira 300.000 hingga 450.000 ringgit Malaysia untuk masa studi 5 tahun.
  • Untuk bidang studi farmasi, biaya yang dihabiskan kira-kira 100.000 hingga 140.000 ringgit Malaysia untuk masa studi 4 tahun.

Jika dilihat, mungkin angka yang disebutkan tadi terbilang besar. Namun angka ini adalah jumlah biaya kuliah di Malaysia secara total untuk menyelesaikan masa studi ideal yang diberikan. Jadi misalnya untuk studi perhotelan dan pariwisata akan memakan total 35.000 hingga 90.000 sampai studi Anda selesai dalam jangka waktu 3 tahun. Jika dibagi 3, tidak terlalu besar bukan?

Selain Program Reguler, Ada Juga Program Twinning

Untitled design334 - Kira-Kira Berapa Biaya Kuliah di Malaysia Sampai Lulus?

Nah, jika yang tadi Anda lihat adalah biaya kuliah total untuk program sarjana reguler, di Malaysia juga dikenal istilah Twinning untuk studi perkuliahan. Studi Twinning ini dilakukan dengan berkuliah di dua universitas secara berkelanjutan, Anda dapat menyelesaikan kuliah pada tahun pertama atau kedua di universitas di Malaysia, kemudian meneruskan masa studi di universitas lain yang sudah berpartner dengan universitas tempat Anda belajar.

Misalnya, Anda mengambil program studi hukum (biaya kuliah sekitar 42.200 hingga 53.000 ringgit Malaysia untuk 2 tahun pertama) yang bisa diselesaikan dalam 2 tahun di Malaysia, kemudian Anda akan meneruskan 1 tahun masa kuliah di universitas lain di Inggris (dengan biaya sekitar 27.000). Jadi dalam masa studi 3 tahun, Anda dapat berkuliah di dua negara sekaligus.

Program ini dapat Anda telusuri informasi lebih lanjutnya pada situs atau pusat informasi universitas yang Anda tuju. Biasanya untuk mahasiswa baru, program seperti Twinning ini diperkenalkan secara cukup terbuka karena program ini adalah salah satu program unggul yang menjadi daya tarik mahasiswa untuk berkuliah di Malaysia.

Persiapkan Diri Anda 

Untitled design333 - Kira-Kira Berapa Biaya Kuliah di Malaysia Sampai Lulus?

Informasi terkait biaya kuliah di Malaysia di atas diharapkan bisa menjadi referensi dan bahan pertimbangan untuk Anda yang ingin kuliah di negara tersebut. Tentu saja, pertimbangan ini harus dibarengi dengan mempersiapkan diri agar bisa lolos tes seleksi yang diadakan setiap kampus di sana.

Sangat direkomendasikan agar Anda bisa mulai belajar bahasa Inggris mengingat bahasa pengantar untuk perkuliahan yang menerima mahasiswa asing akan menggunakan bahasa utama ini. Selain itu, tidak ada salahnya juga Anda belajar bahasa Melayu agar dapat lekas berbaur dengan seluruh teman baru yang Anda temui di sana. Siapa tahu, dengan bahasa Melayu yang fasih Anda bisa lebih mudah mendapatkan teman sehingga masa studi Anda di Malaysia dapat berlangsung lebih menyenangkan.

Baca Juga : Informasi Universitas Kebangsaan Malaysia: Profil, Jurusan, dan Akomodasi 

Memahami perkiraan biaya kuliah di Malaysia dianggap sebagai informasi yang harus dimiliki oleh Anda yang ingin berkuliah di sini. Dengan mengetahui perkiraan biayanya, Anda bisa memperkirakan berapa biaya hidup yang harus dikeluarkan ketika Anda berkuliah di Malaysia. Nah, nantinya ketika Anda sudah lulus dan bekerja di sana, Anda tentu tidak boleh lupa untuk membantu memenuhi kebutuhan keluarga di rumah. Untuk membantu pengiriman uang Anda ke tanah air, Anda bisa menggunakan Qelola. Layanan remitansi ini dapat membantu Anda mengirimkan uang dengan cepat, efektif, dan tetntu saja murah, langsung ke akun keluarga di Indonesia. Segera unduh aplikasinya di sini, dan semoga sukses untuk kuliah dan karir yang Anda rintis!

 

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , ,