Apa Perbedaan Master by Coursework dan Research? Cek di Sini

master by coursework

Master by Coursework dan Master by Research pada dasarnya merupakan tipe-tipe program pascasarjana yang ada di luar negeri, salah satunya Malaysia. Jika Anda ingin melanjutkan pendidikan di Malaysia, ada baiknya untuk mengetahui tipe program yang akan Anda ambil. Terkadang, banyak lulusan sarjana yang hanya ingin kuliah pascasarjana di luar negeri tanpa mengetahui program-program yang tersedia. Setelah mendaftar dan diterima, tidak jarang dari mereka panik karena tidak memahami tipe program yang akan diambil.

Secara umum, pendidikan master di luar negeri dibagi menjadi dua program yaitu Master by Coursework dan Master by Research. Sederhananya, program Master by Coursework lebih berfokus pada pembelajaran di kelas, sedangkan Master by Research lebih mengarah ke penelitian. Agar lebih jelas memahami tipe-tipe program master tersebut, simak uraian lengkapnya berikut ini.

Program Master by Coursework

two beautiful asian girls embrace graduation ceremony 44621 418 - Apa Perbedaan Master by Coursework dan Research? Cek di Sini

Kuliah Master by Coursework secara umum memiliki struktur yang hampir sama dengan kuliah pada tingkat sarjana. Mulai dari mengikuti kelas perkuliahan, mengerjakan tugas, hingga mengikuti ujian. Program ini lebih cocok untuk para lulusan S1, atau untuk Anda yang telah bekerja namun ingin mendapatkan pengetahuan tambahan dan gelar tambahan untuk meningkatkan karir. Para lulusan baru atau fresh graduate lebih disarankan mengambil tipe program ini. Mengambil program Master by Research akan lebih susah untuk diterima, terutama jika Anda belum memiliki pengalaman kerja dan pengalaman penelitian.

Dalam program ini, ada juga program Master by Coursework (with honours). Program ini biasanya berdurasi 4 semester, dengan 3 semester kuliah dan semester terakhir menulis tesis. Untuk menulis tesis, mahasiswa perlu melakukan penelitian. Jadi, secara singkat, program Master by Coursework (with honours) merupakan kombinasi antara perkuliahan dengan penelitian. Tujuannya adalah mempersiapkan para mahasiswa untuk melanjutkan pendidikan S3 yang memerlukan pengalaman penelitian.

Program Master by Research

asian girls graduated received degree 44621 381 - Apa Perbedaan Master by Coursework dan Research? Cek di Sini

Tipe program ini lebih mengarah pada penelitian sehingga tidak memiliki jadwal kelas kuliah. Selain itu, tidak ada juga pengumpulan tugas dan ujian. Setiap mahasiswa yang mengambil program Master by Research akan memiliki seorang pembimbing yang disesuaikan dengan topik penelitian. Penelitian tidak harus dilakukan di laboratorium. Para mahasiswa bebas mencari sumber referensi penelitian dari mana saja, baik dari jurnal, artikel, hasil survei, dan lain sebagainya. Mahasiswa wajib melakukan diskusi hasil penelitian secara rutin dengan dosen pembimbing.

Masa perkuliahan yang ditempuh oleh para mahasiswa selama 2 tahun akan difokuskan pada riset. Jadi, pada hari pertama Anda kuliah, Anda sudah memulai kegiatan riset untuk keperluan tesis. Mahasiswa tipe program Master by Research hanya diminta kuliah seperlunya saja untuk menunjang keperluan riset, tidak sampai 20 SKS per semester. Umumnya, program Master by Research ini lebih banyak diambil oleh para dosen atau para peneliti yang mempunyai tujuan melanjutkan S3 yang isinya sepenuhnya berfokus pada penelitian.

Baca Juga: Lengkap! Begini Sistem Pendidikan di Malaysia

Bagaimana Memilih Program Master yang Tepat?

young happy attractive asian student smiling camera 1439 171 - Apa Perbedaan Master by Coursework dan Research? Cek di Sini

Setelah memahami penjelasan program Master by Coursework dan Master by Research, Anda harus bisa menentukan program dan universitas mana yang paling sesuai untuk Anda. Jika Anda ingin perkuliahan yang berfokus pada pembelajaran, maka pilihlah universitas yang menyediakan program Master by Coursework. Sedangkan, jika Anda ingin bereksplorasi pada penelitian, ada baiknya Anda memilih universitas yang menyediakan program Master by Research seperti Universiti Malaya di Malaysia. Untuk membantu Anda memilih mana program yang tepat, berikut adalah kekurangan dan kelebihan masing-masing program yang perlu Anda ketahui.

  • Kelebihan dan Kekurangan Master by Coursework

Kelebihan mengambil Master by Coursework adalah ilmu yang didapat akan sangat mendalam. Hal tersebut akan menambah wawasan dan memperluas jenjang karir Anda di kemudian hari. Kekurangan program ini adalah kurangnya riset yang dihasilkan. Akan lebih sulit mengharapkan mahasiswa lulusan program Master by Coursework untuk menghasilkan jurnal internasional, karena para mahasiswa program ini lebih banyak berada di kelas menjalani perkuliahan.

  • Kelebihan dan Kekurangan Master by Research

Mahasiswa program ini akan memiliki banyak pengalaman riset yang berguna untuk melanjutkan pendidikan S3. Para mahasiswa program Master by Research akan sangat mudah untuk membuat dan menerbitkan karya ilmiah. Kekurangan dari program ini adalah para mahasiswa akan lemah di konsep dasar, karena dari awal kuliah berfokus dengan riset, mahasiswa program ini tidak memiliki kedalaman tingkat keilmuan.

Demikian uraian tentang perbedaan program Master by Coursework dan Master by Research yang bisa Anda pahami. Pastikan saat akan melanjutkan kuliah pascasarjana, Anda telah memiliki mengambil pilihan program yang tepat. Lakukan persiapan matang yang dapat menunjang kelancaran hidup Anda selama menempuh kuliah di Malaysia.

Persiapan yang tak boleh Anda lewatkan salah satunya adalah mengelola keuangan. Untuk mempermudah pengelolaan keuangan Anda di Malaysia, Anda bisa menggunakan aplikasi Qelola. Layanan keuangan Qelola menawarkan kemudahan transfer uang dan pembayaran berbagai tagihan dari Malaysia ke Indonesia. Dengan biaya administrasi yang sangat ekonomis, Anda sudah bisa melakukan berbagai transaksi keuangan dengan cepat. Segera unduh aplikasi Qelola dan nikmati setiap fiturnya!

Tags: , , , , ,