Hal Seru yang Bisa Dilakukan Ketika Kuliah di Malaysia

Kuliah di Malaysia

Mengenyam bangku pendidikan merupakan hal pokok dalam kemajuan suatu negara. Nah, sebagai kaum muda, tentu Anda juga ingin merasakan pendidikan hingga ke taraf yang cukup tinggi bukan? Tentu pengalaman ini akan jauh lebih berkesan jika Anda bisa kuliah di luar negeri. Untuk orang Indonesia sendiri, mungkin kuliah di Malaysia bisa menjadi opsi yang sangat menyenangkan.

Tapi mengapa demikian? Karena dengan kuliah di Malaysia, Anda bisa merasakan banyak pengalaman baru. Bayangkan, pengalaman pertama berkuliah dipadukan dengan pengalaman pertama hidup di negeri tetangga, tentu akan sangat seru bukan? Kuliah di Malaysia juga banyak dipilih karena biaya kuliah serta biaya hidup yang cenderung lebih ekonomis jika dibandingkan dengan kuliah atau hidup di Singapura misalnya. Ini mengapa, melanjutkan studi di negeri Jiran banyak diambil oleh calon mahasiswa.

Untuk beberapa hal yang dapat Anda lakukan dan menjadi pengalaman berkesan, Anda dapat melihatnya di sini. Siapa tahu, dengan mengetahui apa saja hal unik yang akan Anda alami, Anda semakin tertarik untuk kuliah di Malaysia.

Komunikasi yang Sedikit ‘Jetlag

Untitled design1 1 - Hal Seru yang Bisa Dilakukan Ketika Kuliah di Malaysia

Mengapa demikian? Karena secara umum dipahami jika bahasa yang digunakan di Malaysia memiliki banyak kemiripan dengan bahasa yang digunakan di Indonesia. Namun demikian, ada hal-hal yang berbeda dan akan membuat Anda sedikit merasakan keanehan. Meski memiliki pengucapan dan ejaan yang mirip, namun makna beberapa kata sangat berbeda.

Paling sederhana adalah kata ‘pusing’. Di Indonesia, kata ini dimaknai sebagai kata yang digunakan untuk mengungkapkan rasa sakit di bagian kepala bukan? Di Malaysia, kata ini memiliki arti yang 180 derajat berbeda. Arti dari kata ‘pusing’ di Malaysia adalah ‘jalan’ yang merupakan kata kerja. Penggunaannya misalnya ‘pusing kanan’ artinya belok kanan, ‘pusing-pusing’ artinya jalan-jalan, dan lain sebagainya.

Kuliah di Malaysia Serba Online

Untitled design2 1 - Hal Seru yang Bisa Dilakukan Ketika Kuliah di Malaysia

Jika banyak kampus di Indonesia yang sudah mulai menggunakan sistem online untuk berbagai keperluan, di Malaysia hal ini sudah menjadi suatu kewajaran. Hampir setiap urusan yang berkaitan dengan kampus dan mahasiswa dilakukan secara online sehingga informasi yang diberikan dapat tersampaikan dengan cepat.

Hal ini kemudian menuntut Anda, yang mengambil kuliah di Malaysia, untuk selalu online agar dapat merespon dengan cepat informasi apapun yang disampaikan kampus dalam hubungannya dengan keberlangsungan perkuliahan. Jadi kelak ketika Anda kuliah, online tak hanya sekedar menghabiskan waktu namun sudah akan menjadi seperti ‘kewajiban’ agar dapat tetap mengikuti perkembangan yang diberikan oleh kampus.

Kuliah di Malaysia = ‘Duta Wisata’ Mendadak

Untitled design3 - Hal Seru yang Bisa Dilakukan Ketika Kuliah di Malaysia

Karena dianggap sebagai orang Indonesia yang datang ke Malaysia, Anda mau tidak mau akan menerima banyak pertanyaan seputar negara tercinta kita ini. Ya, secara tidak langsung, Anda akan menjadi ‘duta wisata’ dadakan yang harus mengetahui serba-serbi negara Indonesia sehingga dapat menjawab pertanyaan dari teman-teman baru Anda.

Namun demikian hal ini tidak perlu ditanggapi sebagai ancaman. Justru dengan begini Anda akan lebih mudah mendapatkan teman sekaligus belajar lebih banyak mengenai Indonesia dan serba-serbinya. Cara belajar yang praktis dan menguntungkan bukan? Ada baiknya sebelum Anda berangkat, gali dahulu informasi mengenai daerah asal Anda dan beberapa kota besar di Indonesia. Niscaya Anda akan menjadi ‘duta wisata’ yang informatif untuk semua orang!

Kuliah di Malaysia Sekaligus Pusing-Pusing

Untitled design4 - Hal Seru yang Bisa Dilakukan Ketika Kuliah di Malaysia

Apa yang wajib dilakukan ketika kuliah di negara tetangga? Selain belajar, tentunya Anda juga bisa berjalan-jalan di negara ini. Banyak sekali objek wisata yang bisa dikunjungi dan memiliki nilai unik sehingga dapat memberikan penyegaran untuk waktu kuliah yang padat. Area wisata seperti Kuala Lumpur dan Pulau Penang misalnya, dapat menjadi tujuan wisata yang memiliki objek unik. Tidak lupa, wisata kuliner dapat memberikan kepuasan tersendiri untuk Anda yang meminatinya.

Memang mungkin untuk dapat melakukan hal yang satu ini Anda harus dapat mengatur waktu ketika kuliah di Malaysia. Jangan sampai agenda sampingan seperti jalan-jalan mengganggu proses perkuliahan Anda. Utamakan tujuan pokok Anda, baru kemudian manfaatkan waktu senggang untuk menikmati keindahan Malaysia.

 

Setelah selesai mengenyam pendidikan, tahap selanjutnya tentu adalah bekerja. Jika Anda memutuskan untuk bekerja di Malaysia dan meneruskan masa merantau tanpa melupakan keluarga di rumah, Anda bisa tetap terhubung dengan berbagai kanal komunikasi. Tidak lupa untuk juga mencari kanal pengiriman uang ketika nanti Anda menerima gaji atau upah. Mencukupi kebutuhan keluarga di tanah air tak melulu harus repot dan dikenakan potongan besar.

Qelola, kini hadir untuk mendukung Anda yang memutuskan bekerja di Malaysia, tidak memandang Anda adalah bekas mahasiswa yang kuliah di Malaysia atau merupakan memang tenaga kerja Indonesia yang berangkat ke sana. Layanan ini dapat digunakan untuk mengirimkan uang, pencairan uang kiriman, bahkan secara langsung melakukan pembayaran tagihan rutin seperti rekening listrik, PDAM hingga BPJS untuk keluarga di Indonesia. Anda bisa mengunduh aplikasinya di sini, dan memanfaatkan segala kemudahan yang ditawarkan.

Tags: , , , , , , , , , ,