Sekilas Pengenalan Universiti Sains Malaysia

Universiti Sains Malaysia

Mengenyam pendidikan di luar negeri mungkin menjadi impian banyak orang. Kuliah di Eropa, atau Amerika, akan terdengar sangat keren. Namun demikian, sebenarnya kualitas pendidikan yang baik juga bisa didapatkan pada negara-negara yang dekat dengan Indonesia seperti Malaysia. Universiti Sains Malaysia contohnya, memiliki kualitas pendidikan yang cukup menjanjikan tanpa perlu harus menjelajah benua lain.

Profil Singkat Universiti Sains Malaysia

Untitled design222 - Sekilas Pengenalan Universiti Sains Malaysia

Didirikan pada tahun 1969, Universiti Sains Malaysia menjadi universitas kedua di Malaysia. Kampus ini berfokus pada penelitian, inovasi, serta mendidik mahasiswa lokal maupun mahasiswa asing. Tujuan besar dari kampus ini adalah pengembangan pendidikan tinggi bidang sains, ilmu terapan, ilmu kedokteran dan kesehatan, ilmu farmasi, ilmu pengetahuan bangunan dan teknologi, teknik, ilmu pengetahuan sosial, ilmu humaniora dan pendidikan.

Kompetensi inti yang dimiliki adalah pengajaran, penelitian dan konsultan, serta segala hal yang berhubungan dengan kemajuan pengembangan SDM dan pembangunan kapasitas pengetahuan dan daya saing industri. Ini mengapa, kampus ini memiliki kualitas pendidikan yang sangat baik.

Jurusan dan Studi yang Disediakan

Untitled design223 - Sekilas Pengenalan Universiti Sains Malaysia

Universiti Sains Malaysia terbagi menjadi 3 lokasi kampus berbeda. Kampus utama terletak di Pulau Penang, dan hanya beberapa kilometer saja dari area wisata George Town. Untuk mencapainya, hanya diperlukan waktu beberapa menit saja menggunakan angkutan umum yang mudah ditemukan.

Kampus ini memiliki 8 fokus studi yang kemudian terpecah ke dalam beberapa fakultas dan jurusan yang bisa Anda pilih.

  1. Ilmu Pengetahuan Terapan, termasuk di dalamnya School of Housing, Building and Planning, School of Industrial Technology, School of Pharmaceutical Sciences, dan School of Computer Sciences.
  2. Seni Terapan, di antaranya School of Educational Studies, School of Management, School of Housing, Building and Planning, School of Communication, dan School of Arts.
  3. Seni Murni, di antaranya School of Languages, Literacies and Translation, School of Humanities, dan School of Social Sciences.
  4. Ilmu Pengatahuan Murni, termasuk di dalamnya School of Biological Sciences, School of Chemical Sciences, School of Mathematical Sciences, dan School of Physics.
  5. Kesehatan, yakni School of Health Sciences.
  6. Kedokteran, yakni School of Medical Sciences.
  7. Kedokteran Gigi, yaitu School of Dental Sciences.
  8. Teknik, termasuk di dalamnya School of Electrical and Electronic Engineering, School of Materials and Mineral Resources Engineering, School of Aerospace Engineering, School of Chemical Engineering, School of Civil Engineering, dan School of Mechanical Engineering.

Jika dilihat secara seksama, fokus studi dan jurusan yang disediakan tampaknya cukup lengkap bukan? Bukan tanpa sebab, karena Universiti Sains Malaysia ingin dapat memfasilitasi sebanyak mungkin mahasiswa yang ingin belajar dan mengembangkan diri, sehingga benar-benar dapat berperan dalam meningkatkan kualitas SDM mahasiswanya.

Akses yang Mudah untuk Mencapai Kampus

Untitled design224 - Sekilas Pengenalan Universiti Sains Malaysia

Jika Anda mulai tertarik belajar di kampus ini, tentu Anda harus mengetahui bagaimana cara agar bisa sampai ke kampus ini. Dengan letak kampus utama di Pulau Penang, Anda bisa mencapainya dengan tiga cara, yakni darat, laut, dan juga jalan udara.

Untuk transportasi darat, Anda bisa berkendara sepanjang Jembatan Penang yang ikonik untuk sampai ke Pulau Penang. Anda bisa langsung menuju ke kampus setelah melewati jembatan ini. Moda lain yang bisa dikendarai adalah bus umum, taksi, dan lain sebagainya. Ingat, Anda bisa berhenti di Kota Gelugor karena kota ini lokasinya sangat dekat dengan kampus.

Untuk transportasi udara, Anda bisa menggunakan pesawat terbang. Anda bisa secara langsung mencapai Bandara Penang dari berbagai kota besar yang ada di dunia. Misalnya, Anda bisa berangkat langsung ke Penang dari Phuket dan Bangkok, Singapura, Medan, XIamen, atau Madras. Jarak antara Bandara Penang hingga kampus Universiti Sains Malaysia cukup dekat, sekitar kurang dari 20 kilometer.

Nah, untuk jalur laut, Anda bisa mencapainya melalui dermaga dan layanan kapal jarak dekat ke Pulau Penang. Setelah sampai, lanjutkan dengan moda transportasi darat baik berupa taksi atau bus yang sangat mudah ditemui di Pulau Penang.

Baca Juga: Pilihan Universitas di Malaysia yang Murah, Ini Dia Opsinya!

Berikut tadi ulasan singkat mengenai kampus yang cukup bergengsi di Malaysia, Universiti Sains Malaysia atau dikenal juga dengan sebutan USM. Sebagai informasi tambahan, USM mencatatkan dirinya sebagai kampus nomor 57 di wilayah Asia pada peringat yang disusun oleh QS University Ranking tahun 2014, peringkat 309 di dunia pada penyelenggara survei yang sama tahun 2014, dan meningkat pada urutan ke 289 di dunia pada QS World University Ranking yang diadakan tahun 2015.

Universiti Sains Malaysia nyatanya menyediakan banyak pilihan jurusan yang bisa memfasilitasi minat dan bakat Anda sekalian yang ingin kuliah di Malaysia. Tentu, ada serangkaian tes yang harus dijalani sebelum Anda bisa masuk ke universitas ini. Ketika Anda sudah sampai di sana, Anda tak lagi perlu khawatir dalam rangka pengiriman uang dari Malaysia ke Indonesia. Gunakan layanan Qelola untuk urusan ini, dan lakukan transaksi transfer dengan cepat dan aman. Unduh aplikasinya di sini, dan jadilah mahasiswa yang sukses!

Tags: , , , , , , , , ,