Ingin Kuliah di Universiti Putra Malaysia? Simak Info Ini

universiti putra malaysia

Universiti Putra Malaysia (UPM) merupakan salah satu universitas yang banyak diincar oleh pelajar yang ingin kuliah di Malaysia. Pasalnya, universitas ini masuk dalam daftar universitas terbaik yang ada di Malaysia. Selain itu, UPM berada pada peringkat 159 universitas terbaik di dunia. Kualitas hidup dan pendidikan akademik yang baik di UPM juga menjadi alasan mengapa universitas ini begitu diminati oleh para pelajar di Indonesia.

Banyak pelajar memilih untuk melanjutkan kuliah di UPM karena mereka mudah beradaptasi dengan kehidupan di sana. Sistem pendidikan yang hampir sama dengan Indonesia membuat para pelajar nyaman melanjutkan pendidikan di tempat tersebut. Biaya hidupnya pun cukup terjangkau jika dibandingkan dengan kuliah di negara lain. Bagi Anda yang tertarik kuliah di Universiti Putra Malaysia, simak dahulu informasi berikut ini.

Profil Universiti Putra Malaysia

rsz upmcampustext - Ingin Kuliah di Universiti Putra Malaysia? Simak Info Ini

Sumber: www.asiaexchange.org

Universiti Putra Malaysia didirikan pada tahun 1971, menjadi universitas negeri berbasis pertanian yang terkemuka di Malaysia. Awalnya, universitas ini hanya berfokus pada disiplin ilmu pertanian. Seiring berjalannya waktu, UPM telah memperluas program studinya ke berbagai disiplin ilmu seperti teknik, ilmu kedokteran, sains murni, ekonomi, dan manajemen. Secara lengkap, UPM menawarkan program sarjana dan pascasarjana dengan 17 fakultas yang mereka miliki. Sementara untuk program riset ditawarkan melalui 9 institusi riset. Universitas dengan jumlah mahasiswa kurang lebih 21.302 orang ini berlokasi di Serdang, Selangor, Malaysia.

Visi dari UPM adalah menjadi universitas yang terkenal dan bertaraf internasional. Untuk mewujudkan visi tersebut, UPM memiliki misi untuk selalu memberikan kontribusi bagi pembangunan bangsa dan pengembangan sumber daya manusia melalui eksplorasi serta penyebaran ilmu pengetahuan. Dalam rangka melaksanakan misinya, pada tahun 2019, Universiti Putra Malaysia juga membuka peluang kerja sama pendidikan dengan Indonesia, khususnya pada perguruan tinggi di wilayah DKI Jakarta, Jawa Barat, dan juga Daerah Istimewa Yogyakarta. Tak hanya itu, UPM telah mengemukakan 488 hak patennya dalam bidang inovasi dan pengembangan di Malaysia. Angka tersebut menjadi rekor tertinggi dari semua universitas negeri di Malaysia.

Daftar Fakultas di Universiti Putra Malaysia

rsz dsc 0012 9 e1488736615116 - Ingin Kuliah di Universiti Putra Malaysia? Simak Info Ini

Sumber: www.dimalainesie.com

UPM merupakan salah satu universitas di Malaysia yang menyediakan berbagai macam disiplin ilmu. Rincian disiplin ilmu yang ditawarkan di tingkat sarjana, magister, dan doktor berdasarkan fakultas adalah sebagai berikut:

  1. Fakultas Pertanian
  2. Fakultas Perhutanan
  3. Fakultas Kedokteran Hewan
  4. Fakultas Kedokteran dan Sains Kesehatan
  5. Fakultas Ekologi Manusia
  6. Fakultas Ekonomi dan Manajemen
  7. Fakultas Teknik
  8. Fakultas Sains dan Teknologi Makanan
  9. Fakultas Pendidikan
  10. Fakultas Sains
  11. Fakultas Desain dan Arsitektur
  12. Fakultas Bahasa dan Komunikasi
  13. Fakultas Sains Komputer dan Informasi
  14. Fakultas Bioteknologi dan Sains Biomolekul
  15. Fakultas Lingkungan Hidup
  16. Fakultas Sains Pertanian dan Makanan
  17. Pusat Asasi Sains Pertanian

Baca Juga: Pilihan Universitas di Malaysia yang Murah, Ini Dia Opsinya!

Biaya Akomodasi dan Biaya Kuliah

closeup accountant hands counting calculator 1262 3170 - Ingin Kuliah di Universiti Putra Malaysia? Simak Info Ini

Universiti Putra Malaysia telah menyediakan kualitas pendidikan yang terbaik dengan program pembelajaran dinamis. Ketersediaan fasilitas dan layanan yang baik tersebut tentunya sebanding dengan biaya kuliah dan akomodasi kampus yang harus dikeluarkan mahasiswa. Biaya kuliah rata-rata per tahun untuk sarjana mencapai RM15.540, sedangkan untuk magister dan doktor mencapai RM40.000. Akomodasi kampus untuk mahasiswa UPM per tahun rata-rata sekitar RM7.200. Kemudian, mengenai biaya hidup rata-rata per tahun mencapai RM12.600. Biaya hidup tersebut dapat berubah sesuai dengan pengelolaan keuangan Anda selama kuliah di Malaysia.

Beasiswa Universiti Putra Malaysia

asian young student reading doing homework library university 41418 3506 - Ingin Kuliah di Universiti Putra Malaysia? Simak Info Ini

Bagi Anda yang ingin kuliah gratis di Malaysia, tenang saja, UPM memiliki program beasiswa untuk pascasarjana di Asia. Beasiswa tersebut masuk dalam skema International Graduate Student Scholarship (IGSS). IGSS ditujukan bagi para pelajar yang memiliki nilai akademik memuaskan untuk melakukan penelitian di UPM. Prioritas beasiswa ini diberikan kepada pelamar yang tergabung dalam anggota institusi yang memiliki kerja sama dengan UPM. Beasiswa ini dikhususkan bagi Anda yang memiliki minat untuk melakukan penelitian di bidang prioritas yang relevan dengan UPM.

Keuntungan dari beasiswa IGSS berupa potongan biaya 50% dari uang perkuliahan (tuition fees) selama 6 semester. Potongan yang diterima kurang lebih senilai RM20.000.000. Setiap tahunnya akan diadakan review tahunan pada kemajuan akademik masing-masing penerima beasiswa IGSS. Selain beasiswa dari UPM, Anda bisa mencoba beasiswa kuliah di Malaysia lainnya seperti Malaysian International Scholarship (MIS), KPMG ASEAN Scholarship, dan sebagainya.

Itulah ringkasan informasi seputar Universiti Putra Malaysia yang bisa Anda ketahui. Kuliah di Malaysia pasti bisa diraih dengan niat dan tekad yang kuat. Namun, tidak cukup dengan hal itu, persiapan dan pengelolaan uang yang matang akan memudahkan Anda untuk beradaptasi dengan lingkungan di sana. Untuk itu, layanan Qelola hadir untuk membantu Anda.

Qelola menawarkan layanan seperti e-wallet, transfer uang domestik dan internasional, serta layanan multi-billing untuk pembayaran segala keperluan Anda. Dengan fitur tersebut, transaksi keuangan Anda selama menempuh pendidikan di Malaysia akan berjalan semakin mudah. Melalui Qelola, transaksi pengiriman dan penerimaan uang dapat dilakukan secara cepat dengan biaya terjangkau. Tunggu apalagi? Yuk, unduh aplikasi Qelola sekarang juga! 

Tags: , , , , , , , ,