Lengkap! Begini Sistem Pendidikan di Malaysia

sistem pendidikan di Malaysia

Sistem pendidikan yang diterapkan di Malaysia tentu berbeda dengan Indonesia. Pembentukan sistem pendidikan tersebut secara umum dipengaruhi oleh berbagai hal seperti faktor sosio-kultural, lingkungan, sejarah, dan hal-hal lainnya. Sama seperti negara lainnya dalam menerapkan sistem pendidikan, Malaysia juga memiliki pertimbangan yang berkaitan dengan tujuan pelaksanaan, baik dalam jangka panjang maupun jangka pendek. Tujuan sistem pendidikan yang sesuai akan mengarah pada terciptanya sumber daya manusia yang berkualitas. Tanpa ada sistem pendidikan yang jelas dalam suatu negara, arah serta output dalam proses belajar hanya akan menjadi tidak jelas dan abu-abu.

Malaysia menjadi negara yang kerap menjadi tujuan pelajar Indonesia untuk melanjutkan pendidikan di luar negeri. Selain karena dekat dengan Indonesia, pendidikan di Malaysia tergolong bagus dan memiliki biaya yang hampir sama dengan pendidikan di Indonesia. Tak hanya itu, pelajar khususnya mahasiswa internasional yang berkuliah di Malaysia diizinkan untuk bekerja sambil kuliah. Malaysia juga memiliki izin imigrasi yang relatif mudah dibandingkan dengan negara lain. Hal-hal tersebut menjadi alasan mengapa negara ini sangat diminati Warga Negara Indonesia (WNI) untuk melanjutkan pendidikan.

Sayangnya, tak semua orang yang memiliki minat melanjutkan pendidikan di Malaysia mengetahui sistem pendidikan di sana, sehingga mengalami kesulitan beradaptasi selama proses pembelajaran. Agar terhindar dari masalah demikian, berikut ulasan lengkap terkait sistem pendidikan di Malaysia yang bisa Anda ketahui.

Sistem Pendidikan di Malaysia

asian students taking exam 33745 859 - Lengkap! Begini Sistem Pendidikan di Malaysia

Sistem pendidikan di Malaysia berada di bawah wewenang Kementerian Pelajaran Malaysia. Di Malaysia, masyarakat dapat menempuh pendidikan dari sekolah milik kerajaan atau sekolah swasta. Walaupun sistem pemerintahan di Malaysia adalah kerajaan, namun kerajaan tak memiliki hak untuk menentukan kurikulum atau cara pengajaran yang ditetapkan. Semua wewenang diatur oleh Kementerian Pelajaran Malaysia. Sementara untuk aturan pendidikan di perguruan tinggi diatur oleh Kementerian Pengajian Malaysia. Mulai dari tahun 2003 hingga saat ini, Malaysia telah menetapkan aturan menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar di perguruan tinggi, khususnya di mata pelajaran tertentu seperti sains dan matematika.

Jenjang Pendidikan di Malaysia

confident asian students cute girl holding book smiling camera outside classroom 4236 770 - Lengkap! Begini Sistem Pendidikan di Malaysia

Di Indonesia jenjang pendidikan dimulai dari pendidikan anak usia dini, kemudian dilanjutkan pendidikan menengah, dan pendidikan perguruan tinggi. Sama halnya dengan Indonesia, negara Malaysia juga memiliki jenjang pendidikan, di antaranya:

  • Pendidikan Prasekolah

Pendidikan prasekolah atau yang disebut ‘tadika’ mengajar anak mulai usia 4 sampai 6 tahun. Pendidikan ini bukan pendidikan yang wajib di Malaysia. Pendidikan prasekolah umumnya diselenggarakan oleh pemerintah maupun pihak swasta. Jika di Indonesia, pendidikan ini seperti PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) atau TK (Taman Kanak-Kanak).

  • Pendidikan Rendah

Pendidikan rendah di Malaysia ditempuh dalam waktu 6 tahun, pada usia 7 hingga 12 tahun. Mata pelajaran wajib yang diajarkan yaitu bahasa Melayu dan bahasa Inggris. Pendidikan rendah di Malaysia secara umum dibagi menjadi dua jenis, yaitu Sekolah Kebangsaan dan Sekolah Jenis Kebangsaan. Perbedaan kedua jenis tersebut adalah bahasa pengantar yang digunakan. Sekolah Kebangsaan menggunakan bahasa Melayu sebagai bahasa pengantar, Sekolah Jenis Kebangsaan menggunakan bahasa Tamil atau bahasa Mandarin.

  • Pendidikan Menengah

Pendidikan ini berlangsung selama 5 tahun. Bahasa pengantar yang digunakan adalah bahasa Melayu untuk semua mata pelajaran, kecuali sains dan matematika. Pada jenjang pendidikan ini, pelajar akan diberi kebebasan untuk memilih bidang yang diminati, seperti sains atau seni (arts).

  • Pendidikan Pra-Universiti

Jenjang pendidikan ini diperuntukkan khusus bagi pelajar yang akan melanjutkan ke pendidikan tinggi Malaysia. Tak hanya itu, pelajar internasional yang akan masuk universitas di Malaysia biasanya harus menempuh pendidikan ini terlebih dahulu. Pendidikan ini ditempuh dalam kurun waktu 6 bulan hingga 2 tahun.

  • Pengajian Tinggi

Pengajian tinggi merupakan program pendidikan tinggi yang ada di Malaysia. Jika di Indonesia, hal ini seperti pendidikan perguruan tinggi. Pada jenjang ini, kerajaan banyak memberikan subsidi atau beasiswa yang cukup besar di berbagai universitas di Malaysia. Dalam pelaksanaannya, pengajian tinggi ini diatur oleh Kementerian Pengajian Tinggi Malaysia.

Jenis Pendidikan di Malaysia

asian young student reading doing homework library university 41418 3506 - Lengkap! Begini Sistem Pendidikan di Malaysia

Tak hanya Indonesia yang memiliki jenis pendidikan seperti pendidikan akademik, pendidikan kejuruan, pendidikan vokasi, dan sebagainya. Malaysia pun memiliki beberapa jenis dalam sistem pendidikannya, antara lain:

  • Sekolah Kebangsaan

Jenis pendidikan atau sekolah yang menggunakan bahasa Melayu sebagai bahasa pengantar di semua mata pelajaran.

  • Sekolah Kluster

Jenis sekolah yang masuk kategori unggulan di Malaysia.

  • Sekolah Jenis Kebangsaan

Jenis pendidikan yang menggunakan bahasa Cina atau bahasa Tamil sebagai pengantar di semua mata pelajaran.

  • Sekolah Wawasan

Jenis sekolah yang dibentuk dengan tujuan membangun dan menciptakan sumber daya manusia yang memiliki kecintaan terhadap negaranya dan mampu berinteraksi dengan berbagai kaum di Malaysia.

  • Sekolah Agama Islam

Jenis sekolah yang dibentuk untuk pelajar yang ingin mendapatkan pengetahuan tentang Islam. Umumnya, pelajar yang menempuh pendidikan ini akan melanjutkan pendidikan ke Pakistan atau Mesir.

  • Sekolah Bestari

Jenis pendidikan ini memiliki fokus utama pada penerapan perkembangan teknologi. Maka, media pembelajaran yang digunakan dalam sekolah ini banyak menggunakan komputer atau alat teknologi lainnya.

  • Sekolah Teknik dan Vokasional

Jenis sekolah ini memiliki fokus utama untuk menciptakan sumber daya manusia yang memiliki kemampuan dalam bidang sains dan teknologi. Umumnya, lulusan dari sekolah jenis ini akan bekerja di bidang industri negara Malaysia.

  • Sekolah Berasrama Penuh

Jenis sekolah ini diperuntukkan untuk tenaga-tenaga ahli yang dibutuhkan negara Malaysia. Sekolah ini menerapkan sistem penerimaan siswa dengan kemampuan akademik, kemampuan leadership, serta bakat-bakat olahraga yang menonjol.

Secara keseluruhan, negara Malaysia memiliki sistem, jalur, dan jenis pendidikan yang hampir sama dengan Indonesia. Apapun sistem pendidikan yang digunakan, pastikan hal tersebut dapat melancarkan pendidikan Anda. Jika Anda berencana melanjutkan pendidikan di Malaysia, Anda bisa menggunakan aplikasi Qelola untuk mendukung kelancaran pengelolaan uang selama berada di Malaysia. Qelola menawarkan layanan yang beragam seperti e-wallet, transfer uang, dan layanan multi-billing untuk pembayaran segala kebutuhan Anda. Segera unduh aplikasi Qelola dan maksimalkan penggunaan fitur di dalamnya sekarang juga.

 

Tags: , , , , ,