Lebih Simpel, Ini Cara Cek Tagihan Listrik secara Online

cek tagihan listrik

Walaupun berada di negeri orang baik untuk wisata, belajar maupun bekerja, seharusnya tidak serta merta melupakan hal-hal yang ada di Indonesia. Khususnya para tenaga kerja Indonesia (TKI). Biasanya para TKI masih mempunyai tanggung jawab mengirim sebagian dari gaji untuk keluarga di kampung halaman serta memenuhi kewajiban sebagai warga negara termasuk membayar beberapa tagihan. Salah satunya adalah membayar tagihan listrik. Untuk mempermudah warga negara Indonesia yang berada di luar negeri, kini cek tagihan listrik dapat dilakukan secara online. Cek tagihan listrik secara online ini pun dapat dilakukan dengan berbagai cara di berbagai perangkat, sehingga bisa diakses dimanapun dan kapanpun. Sehingga tidak ada alasan lagi untuk menunggak pembayaran listrik, dan pastinya Anda pun akan terhindar dari denda. Berikut Qelola membagikan beberapa cara cek tagihan listrik secara online.

Baca Juga: Anti Repot, Inilah Cara Bayar BPJS Online dari Malaysia

Via Website

EP 22 1 e1585324324187 - Lebih Simpel, Ini Cara Cek Tagihan Listrik secara Online

Sumber: https://aktual88.blogspot.com/

Cara online pertama yang bisa ditempuh adalah menggunakan website. Website yang bisa Anda gunakan untuk melakukan pengecekan adalah www.cekbill.com. Dan langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah sebagai berikut:

  • Klik pilihan ‘Cek Tagihan Listrik PLN’ pada kolom sebelah kiri di homepage.
  • Setelah masuk ke halaman cek tagihan listrik, lalu masukkan ID pelanggan PLN pada kolom yang disediakan.
  • Lanjut dengan memasukkan kode captcha untuk verifikasi.
  • Lalu klik ‘Cek Tagihan’.
  • Tagihan listrik Anda akan muncul beserta status pembayaran, apakah Anda sudah membayar atau belum.

Via Aplikasi PLN Mobile

EP 22 1 - Lebih Simpel, Ini Cara Cek Tagihan Listrik secara Online

Sumber: https://www.wikipedia.web.id/

Perusahaan Listrik Negara (PLN) kini mempunyai aplikasi resmi sendiri yang dapat digunakan untuk melakukan cek tagihan listrik baik untuk perangkat android maupun iOS.

Android

Cara mudah mengecek tagihan listrik melalui PLN Mobile di perangkat android.

  1. Unduh aplikasi PLN Mobile di Play Store.
  2. Setelah diunduh, buka aplikasi, dan lakukan pendaftaran terlebih dahulu.
  3. Selesai mendaftar, maka Anda bisa masuk dengan akun yang telah Anda buat.
  4. Klik menu ‘Informasi’ pada tab menu.
  5. Klik menu ‘Informasi Tagihan dan Token Listrik’.
  6. Lalu masukan ID Pelanggan atau nomor meteran Anda.
  7. Klik ‘Cari’.
  8. Selanjutnya aplikasi PLN Mobile akan langsung menampilkan status tagihan listrik Anda beserta besaran nominalnya.

Apabila swaktu-waktu Anda ingin masuk tanpa login, maka bisa klik pilihan ‘Masuk Tanpa Login’ dan ikuti langkah-langkah seperti di atas.

iOS

Bagi pengguna perangkat iOS, berikut cara yang bisa dilakukan untuk menecek tagihan listrik secara online.

  1. Unduh aplikasi PLN Mobiledi App Store.
  2. Setelah diunduh, buka aplikasi, dan lakukan pendaftaran akun.
  3. Masuk dengan akun yang telah dibuat sebelumnya.
  4. Klik menu ‘Informasi’ pada tab menu.
  5. Klik menu ‘Informasi Tagihan dan Token Listrik’.
  6. Masukan ID Pelanggan atau nomor meteran Anda.
  7. Klik Cari.
  8. Selanjutnya aplikasi PLN Mobile akan menampilkan status tagihan listrik Anda beserta besaran nominalnya.

E-mail Resmi PLN

EP 22 2 - Lebih Simpel, Ini Cara Cek Tagihan Listrik secara Online

Sumber: https://indonesia.go.id/

Selain dua pilihan di atas, Anda juga bisa mengetahui tagihan listrik dengan mendapatkan pemberitahuan langsung dari PLN melalui email. Namun, untuk mendapatkan pemberitahuan yang berbentuk e-billing berisi tagihan listrik ini, Anda harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Pendaftarannya pun cukup mudah. Anda bisa mendaftar dengan menghubungi customer service PLN di nomor 123, mengirim e-mail ke pln123@pln.co.id, melalui media sosial twitter @pln_123 atau facebook PLN123.

Aplikasi Lain

EP 5 6 1 - Lebih Simpel, Ini Cara Cek Tagihan Listrik secara Online

Sumber: https://qelola.com/

 

Selain pemberitahuan dari e-mail, website atau aplikasi resmi PLN di android dan iOS, Anda juga bisa melakukan cek tagihan listrik melalui aplikasi lainnya seperti aplikasi e-commerce atau e-wallet. Mengecek tagihan menggunakan aplikasi seperti ini biasanya lebih sering dilakukan. Karena selain bisa mengecek dan membayar tagihan listrik secara langsung, Anda juga bisa melakukan transaksi lainnya seperti membayar beragam tagihan lain bahkan belanja kebutuhan sehari-hari hanya dalam satu aplikasi. Mengecek tagihan listrik menggunakan aplikasi seperti ini juga cukup sederhana. Hanya dengan membuka aplikasi, pilih menu ‘Listrik’ atau ‘Tagihan Listrik’, masukkan nomor meter atau ID pelanggan Anda, dan klik ‘Cek’ atau ‘Cari’. Apabila tagihan Anda sudah dibayar maka akan muncul pemberitahuan ‘Sudah dibayarkan’. Namun, apabila tagihan listrik Anda belum dibayar, maka akan muncul nominal pembayaran sekaligus dengan denda (bila ada).

Salah satu aplikasi e-wallet yang bisa digunakan untuk melakukan cek tagihan listrik sekaligus membayarnya adalah Qelola. Selain tagihan listrik, Qelola juga menyediakan fasilitas pembayaran tagihan PDAM, BPJS, TV kabel, pembelian pulsa, paket data, berbagai voucher dan lain sebagainya. Tidak sampai di situ, untuk Anda yang berada di luar negeri, Qelola juga bisa diandalkan dalam hal pengiriman uang luar negeri yang mudah dan murah. Bagi para TKI yang mempunyai rutinitas mengirim uang kepada keluarga dan membayar tagihan di kampung halaman, Qelola solusinya. Ingin merasakan kemudahannya? Download aplikasinya di sini sekarang juga!

Tags: , , , , , , ,