Cara Kirim Uang dari Malaysia ke Indonesia Secara Online

Cara kirim uang dari Malaysia ke Indonesia

Banyak Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di luar negeri, terutama Malaysia. Motifnya beragam, mulai dari bekarja menjadi TKW atau TKI maupun sekadar berwisata. Hal yang paling sering dilakukan oleh WNI di luar negeri adalah transfer uang ke keluarga maupun kerabat di Indonesia. Lantas, bagaimana cara kirim uang dari Malaysia ke Indonesia?

Cara Kirim Uang dari Malaysia ke Indonesia

online pay 700x467 - Cara Kirim Uang dari Malaysia ke Indonesia Secara Online

Photo by rupixen.com on Unsplash

Kini, mengirim uang tidak harus lewat bank. Anda bahkan dapat mengirimkannya melalui mini market seperti Alfamart atau Indomaret. Tetapi tentu saja, cara paling mutakhir adalah mengirimkan uang secara online.

Salah satu syarat untuk bisa mengirimkan uang dari Malaysia ke Indonesia secara online adalah memiliki smartphone yang terhubung dengan internet. Anda juga dapat memanfaatkan komputer maupun laptop. Selanjutnya, Anda hanya perlu mengakses website tertentu ataupun menginstal aplikasi transfer online di ketiga perangkat tersebut.

Beberapa aplikasi pengirim uang dari Malaysia ke Indonesia adalah Maybank2U dan Qelola. Kedua aplikasi tersebut dapat memudahkan Anda dalam mengirimkan uang.

Melalui Maybank2U Foreign Telegraphic Transfer

  • Memiliki akun Maybank2U yang dapat Anda buat di bank.
  • Mengunduh aplikasi Maybank2U.
  • Masuk ke akun Maybank2U Anda.
  • Pilih “transfer” kemudian tekan “go”.
  • Pilih “telegraph foreign transfer”.
  • Isi semua data Anda dan jumlah uang yang akan ditransfer.
  • Lanjut ke “continue” dan “request No. TAC”.
  • Anda akan mendapat SMS berupa 6 digit No. TAC.
  • Masukkan No. TAC dan konfirmasi.
  • Tunggu 3—7 hari hingga uang sampai.

Melalui Western Union Maybank2U

  • Login ke akun Maybank2U.
  • Pilih “transfer”, lalu tekan “go”.
  • Pilih “western union”, “make a new wu transfer”, lalu “continue”.
  • Jika belum memiliki akun western union, klik “no”, lalu “continue”.
  • Pilih negara tujuan dan masukkan jumlah uang yang akan dikirim.
  • Isi semua data, lalu klik “continue”.
  • Isi data penerima.
  • Masukkan 6 No. TAC yang Anda dapat, lalu klik “confirm”.
  • Western union akan mengirim SMS kepada Anda dan penerima yang berisi MTCN atau NP kode.
  • Datang ke kantor pos maupun Western Union di Indonesia, lalu minta formulir pengambilan uang.

Menggunakan Aplikasi Qelola

kirim uang ke luar negeri 3 - Cara Kirim Uang dari Malaysia ke Indonesia Secara Online

Qelola merupakan aplikasi yang salah satu fungsinya adalah mentransfer uang baik itu lokal maupun internasional. Anda hanya perlu mendaftarkan akun serta menghubungkannya dengan rekening bank atau kartu kredit. Dengan mentransfer uang via aplikasi Qelola, Anda tidak perlu repot-repot pergi ke bank atau ATM hanya untuk mengirim uang.

Selain fitur transfer uang lokal dan internasional, ada banyak manfaat dan fitur lain yang dapat Anda gunakan di aplikasi Qelola, seperti:

Transfer Lokal dan Internasional yang Lebih Cepat

person holding 10 us dollar banknote in front of gray and 929285 1 700x467 - Cara Kirim Uang dari Malaysia ke Indonesia Secara Online

Photo by Artem Beliaikin from Pexels

Qelola memungkinkan Anda dapat mengirimkan uang dari negara tempat Anda berada ke Indonesia (ke bank manapun) atau sebaliknya. Pihak Qelola menyediakan saluran untuk transfer internasional yang dipegang oleh mitra perusahaan pengiriman uang terpercaya (PT MM Indonesia) dan telah mendapatkan ijin dari Bank Indonesia.

Menawarkan Instrumen Multi Keuangan

Pada dasarnya Qelola merupakan alat untuk manajemen keuangan. Qelola menawarkan banyak produk keuangan dari lembaga keuangan terpercaya sesuai dengan preferensi dan kebutuhan Anda, seperti tabungan, deposito, reksa dana, dan banyak lagi.

Manajer Investasi

Qelola menyediakan perencana keuangan, sehingga Anda dapat dengan mudah mengelola keuangan, baik untuk pengeluaran, tabungan, atau bahkan investasi.

Platform Tunggal untuk Berbagai Pembayaran

Anda dapat menggunakan aplikasi Qelola untuk melakukan berbagai pembayaran domestik bahkan ketika sedang berada di luar negeri. Misalnya, membayar tagihan listrik, air, pendidikan, dan banyak lagi. Qelola juga dapat berfungsi selayaknya E-Wallet. Anda dapat melakukan top-up dari mana pun dan kapan pun.

Kesimpulan

Transfer uang secara online adalah aktivitas yang cukup rawan akan kejahatan. Jadi, pastikan metode kirim uang yang Anda gunakan telah memiliki sistem keamanan yang baik, sehingga Anda akan terhindar dari risiko penipuan, pencurian, ataupun penyalahgunaan data.

Dengan menggunakan aplikasi Qelola, aktivitas kirim uang Anda akan berjalan dengan lebih mudah, cepat, dan aman karena telah sesuai dengan standar yang ditentukan oleh Bank Indonesia. Qelola juga menerapkan biaya transfer yang jauh lebih murah daripada metode pembayaran konvensional lainnya. Dengan begitu, pengeluaran Anda akan jauh lebih hemat.

Qelola juga dilengkapi dengan fitur-fitur yang dapat membantu mengelola keuangan dengan lebih baik, baik itu untuk transaksi lokal maupun internasional. Mulai dari tranfer uang, membayar tagihan di kampung halaman (listrik, air, telepon, dll.), investasi (reksa dana, obligasi, dll.), dan e-wallet (kirim uang atau top-up), semuanya ada di aplikasi ini. Jadi, tunggu apa lagi? download aplikasinya sekarang di Google Play dan dapatkan semua manfaatnya.

Ingin lebih tahu lebih banyak tentang Qelola? Pelajari selengkapnya di sini.

Tags: , ,