Anti Repot, Inilah Cara Bayar BPJS Online dari Malaysia

EP 5 - Anti Repot, Inilah Cara Bayar BPJS Online dari Malaysia

Pada 1 Agustus 2017, BPJS Ketenagakerjaan atau BPJSTK mulai memberi perlindungan kepada TKI yang bekerja di berbagai negara, khususnya Malaysia. Sebelumnya TKI di Malaysia dilindungi oleh program Asuransi TKI. Namun, karena adanya kasus yang merugikan TKI maka pemerintah mengalihkan perlindungan tersebut dengan menggunakan BPJS yang disediakan oleh pemerintah secara langsung. Dengan adanya sistem layanan baru ini, tentunya para TKI juga harus menyesuaikan dan mempelajari lagi berbagai prosesnya mulai dari pendaftaran, pengecekan dan yang paling utama, pembayaran. Namun dengan perkembangan teknologi, TKI bisa melakukan proses bayar BPJS online. Sistem bayar BPJS online ini akan benar-benar memudahkan pembayaran bahkan ketika TKI tersebut harus selalu berada di Malaysia. Mereka tidak perlu mendatangi kantor-kantor cabang BPJS karena bayar BPJS online ini benar-benar membantu. Bagaimana tata caranya? Simak penjelasan berikut ini!

Via M-Banking

EP 5 1 - Anti Repot, Inilah Cara Bayar BPJS Online dari Malaysia

Sumber: https://www.banksinarmas.com/

Untuk lebih menghemat waktu, para TKI peserta BPJS bisa menggunakan fasilitas m-banking dari bank untuk melakukan pembayaran tagihan iuran. Anda bisa melakukan pendaftaran m-banking di kantor cabang bank terdekat. Ada beberapa bank Indonesia yang telah beroperasi di Malaysia, yang antara lain Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BRI dan Bank CIMB Niaga. Setelah melakukan pendaftaran tersebut Anda cukup menginstall aplikasi m-banking di ponsel pintar yang dimiliki dan lakukan pendaftaran akun. Setelah mempunyai akun, aplikasi siap untuk digunakan. Buka aplikasi, pilih menu pembayaran, pilih jenis BPJS yang akan dibayarkan, masukkan kode bank yang diikuti dengan kode billing, lalu klik “Benar/Selesai”. Dengan cara simpel di atas, tagihan BPJS Anda pun dapat dibayarkan sesuai dengan nominal yang telah ditentukan.

Via e-payment BPJS

EP 5 4 - Anti Repot, Inilah Cara Bayar BPJS Online dari Malaysia

Sumber: https://www.online-pajak.com/

Selain membayar tagihan melalui bank yang bekerja sama, kini BPJS pun telah mempunyai layanan pembayaran sendiri yang lebih mempermudah anggotanya khususnya para TKI. Sistem pembayaran baru yang diperkenalkan oleh BPJS adalah Electronic Payment System atau EPS. Sistem EPS ini menggantikan sistem Virtual Account (VA) yang dahulu digunakan perusahaan untuk melakukan pembayaran iuran BPJS. Sama halnya dengan pembayaran via m-banking, para peserta pun perlu meng-install aplikasi layanan pembayaran BPJS di smartphone masing-masing. Lakukan daftar akun terlebih dahulu, setelah itu para peserta BPJS akan diminta untuk membuat kode iuran. Kedua proses ini cukup mudah. Para peserta hanya perlu memasukkan e-mail dan mengisi data di form yang telah disediakan. Apabila kedua proses tersebut telah diselesaikan, para peserta pun siap untuk melakukan pembayaran.

Via Auto Debit

ep 5 2 - Anti Repot, Inilah Cara Bayar BPJS Online dari Malaysia

Sumber: https://www.panduanbpjs.com/

Selain aplikasi yang melayani pengecekan dan pembayaran iuran secara online, BPJS juga mempunyai terbosan baru dengan sistem pembayaran auto debit bank dan non-bank. Untuk mendaftarkan layanan ini para peserta tidak perlu pergi ke kantor cabang BPJS maupun bank. Bahkan peserta BPJS yang tidak mempunyai rekening bank atau tidak terjangkau layanan perbankan pun tetap bisa mendaftar dan menggunakan layanan auto debit ini. Para peserta BPJS dapat mendaftarkan layanan ini hanya dengan menggunakan aplikasi mobile JKN.  Konsep pembayaran ini dikembangkan dengan model pengisian saldo rekening atau e-money yang dapat dilakukan melalui ATM atau jaringan e-money lainnya seperti Alfamart, Indomaret dan lain sebagainya.

Via Aplikasi Online

EP 5 5 - Anti Repot, Inilah Cara Bayar BPJS Online dari Malaysia

Sumber: https://bisablog.com/

Dengan semakin berkembangnya teknologi, kini ada lebih banyak lagi layanan alternatif pembayaran iuran BPJS, salah satunya aplikasi pihak ketiga. Aplikasi ini telah banyak digunakan untuk berbagai kebutuhan. Aplikasi e-commerce seperti Traveloka, Tokopedia, Bukalapak, dan lain sebagainya yang tidak hanya memberikan manfaat dalam memudahkan peserta BPJS dalam membayar tagihan. Tetapi juga layanan belanja online untuk banyak sekali produk dan kebutuhan lainnya.

Via e-Wallet

EP 5 6 - Anti Repot, Inilah Cara Bayar BPJS Online dari Malaysia

Sumber: https://bisablog.com/

pilihan pembayaran terakhir adalah menggunakan e-wallet. Ini merupakan dompet digital dengan berbagai fitur untuk memudahkan para TKI dalam melakukan pembayaran. E-wallet kini menjadi tren karena banyaknya toko ataupun produk yang dapat dibayar secara online. Selain itu, diskon yang cukup menggiurkan juga menjadi alasan mengapa banyak yang lebih memilih bertransaksi menggunakan e-wallet. Para peserta yang melakukan pembayaran melalui e-wallet butuh untuk melakukan top-up ke dalam akun e-wallet yang digunakan. Dan uang digital ini nantinya bisa langsung digunakan untuk belanja, membayar tagihan atau melakukan transaksi lainnya.

Kabar baik untuk TKI Malaysia yang butuh melakukan pembayaran berbagai tagihan, termasuk BPJS. Karena kini telah hadir aplikasi dompet digital Qelola yang benar-benar dikhususkan untuk memudahkan para TKI Malaysia. Tidak hanya pembayaran tagihan, Qelola juga akan memudahkan para TKI mengirim uang untuk keluarga di Indonesia dan mengelolanya. Jadi untuk para TKI yang berada di Malaysia, Qelola merupakan aplikasi wajib yang harus ada di smartphone Anda. Download segera di sini dan nikmati berbagai kelebihannya!

Tags: , , , ,