5 Transportasi di Kuala Lumpur yang Menarik untuk Dicoba

transportasi di kuala lumpur

Jika Anda mengunjungi negara Malaysia jangan lewatkan untuk singgah ke Kuala Lumpur. Selain merupakan ibu kota dari negeri kampung Melayu itu, Kuala Lumpur juga merupakan destinasi wisata yang cukup menarik untuk dikunjungi. Contohnya saja Petronas Twin Tower yang cukup iconic menempel pada kota Kuala Lumpur. Daya tarik yang dimiliki Kuala Lumpur juga terlihat dari kemajuan transportasi yang ada. Jangan heran jika transportasi di Kuala Lumpur justru sangat diminati baik bagi wisatawan domestik dan juga asing.

Bagi Anda yang hendak bepergian, melanjutkan studi atau mengais rejeki di Malaysia wajib tahu transportasi di Kuala Lumpur ini. Transportasi di Kuala Lumpur sendiri dibagi menjadi dua yaitu berbasis rel atau kereta dan yang kedua berbasis bus. Lebih lanjut, ulasannya dapat Anda simak pada artikel berikut:

Deretan Transportasi di Kuala Lumpur yang Menarik untuk Dicoba

KTM (Kereta Tanah Melayu)

Transportasi berbasis rel pertama yang akan dibahas adalah Kereta Tanah Melayu. KTM merupakan komuter tertua yang ada di Kuala Lumpur, selain itu KTM memiliki rute pelayanan terpendek. Rute yang ditawarkan KTM sendiri meliputi Goa Batu-Pulau Sebang, Tanjung Malim-Port Klang, Padang Rengas-Bukit Mertajam, dan Butterworth-Padang Besar. Besarnya biaya yang harus Anda keluarkan jika menumpang KTM bervariasi, tergantung jauh dekatnya tujuan Anda. Umumnya kisaran tarifnya dimulai dari 12 ringgit hingga 15 ringgit. Perlu Anda ketahui bahwa pembelian tiket KTM hanya bisa dilakukan melalui vending machine kereta api setempat. Sayangnya, Kereta Tanah Melayu ini tidak terhubung dengan moda transportasi lainnya seperti KL-Monorail dan LRT.

ktm 2 1024x567 - 5 Transportasi di Kuala Lumpur yang Menarik untuk Dicoba

Sumber : wikipedia.com

KL Monorail

Transportasi kereta selanjutnya adalah KL Monorail. KL Monorail ini memiliki jalur layang yang tentunya berbeda dengan transportasi berbasis rel lainnya. KL Monorail hanya memiliki satu jalur saja yakni dari KL Sentral menuju Titiwangsa. Gerbong dari KL Monorail tidak banyak hanya berkisar 2 hingga 4 saja. Namun begitu, Anda akan disuguhi pemandangan indah yang ada di luar gerbong.

KL MONORAIL 4 1024x662 - 5 Transportasi di Kuala Lumpur yang Menarik untuk Dicoba

Sumber: blog.tourism.gov.my

Pembelian tiket KL Monorail dapat dilakukan dengan dua cara yaitu lewat vending machine atau menggunakan kartu Touch and Go. Jika Anda membeli pada vending machine maka tiket yang Anda dapatkan akan menyerupai koin yang bernama token. Saat akan masuk ke stasiun KL Monorail, Anda tinggal menempelkan token atau kartu Touch and Go pada mesin yang ada di gerbang stasiun. Sama halnya saat Anda sampai ke tujuan, sebelum keluar peron Anda harus menempelkan lagi kartu Touch and Go pada mesin di pintu keluar. Bedanya, untuk token Anda harus memasukannya ke dalam mesin.

KLIA Ekspress dan KLIA Transit

KLIA merupakan singkatan dari Kuala Lumpur International Airport, jadi KLIA Ekspress dan KLIA transit ini adalah kereta yang beroperasi dari dan ke bandara. Untuk KLIA Ekspres hanya melayani jalur bandara ke Bukit Bintang saja, sedangkan KLIA Transit berhenti ke tiga stasiun lainnya seperti Terminal Bersepadu Selatan, Putera Jaya, dan Salak Tinggi. Namun jika menggunakan KLIA Ekspress Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan moda transportasi lainnya yaitu KTM, KL Monorail atau LRT.

klia ekspress 1024x591 - 5 Transportasi di Kuala Lumpur yang Menarik untuk Dicoba

Sumber: klia2.info

Tarif yang dipatok untuk KLIA Ekspress terbilang pricey yaitu 55 ringgit. Sedangkan KLIA Transit harganya tergantung dari stasiun pemberhentian terakhir. Harga yang cukup mahal tersebut sepadan dengan visual kereta yang terlihat lebih eksklusif. Selain tampilannya yang sangat mewah, KLIA Ekspress dan KLIA Transit dilengkapi dengan fasilitas AC dan wifi. Tiketnya sendiri bisa Anda dapatkan melalui vending machine. 

GO-KL

goklbus 1024x676 1 - 5 Transportasi di Kuala Lumpur yang Menarik untuk Dicoba

Sumber: victoriahome.co

Transportasi di Kuala Lumpur selain kereta juga ada pilihan lainnya yaitu bus. Salah satu moda transportasi bus yang ada di “KL” (sebutan untuk Kuala Lumpur) adalah Go-KL. Bus Go-KL ini sebenarnya ditujukan untuk para wisatawan, namun pada kenyataannya warga setempat juga banyak yang gemar menaikinya. Untuk bisa mengendarai GO-KL ini Anda tidak akan dipungut biaya, hal inilah yang membuat GO-KL ini tak pernah sepi penumpang. Bahkan, GO-KL pernah dinobatkan sebagai transportasi terbaik di Malaysia pada tahun 2018. Rute bus GO-KL ini yaitu mengelilingi kota Kuala Lumpur dengan 4 jalur yang berbeda.

Rapid KL

rapid kl 1024x682 - 5 Transportasi di Kuala Lumpur yang Menarik untuk Dicoba

Sumber: myrapid.com.my

Selain GO-KL, Kuala Lumpur memiliki sarana transportasi bus yang tak kalah bagusnya yaitu Rapid KL. Bedanya, untuk bisa naik ke Rapid KL Anda harus mengeluarkan uang mulai dari 90 sen hingga 6 ringgit sesuai dengan tujuan akhir. Seperti layaknya bus pada umumnya, Anda dapat menaiki Rapid KL dengan menunggu di halte bus terdekat. Rapid KL sendiri memiliki ciri yang mudah dikenali yaitu bus berwarna putih dengan kombinasi biru.

Bagi Anda yang bekerja atau tinggal di Malaysia saat menaiki transportasi di Kuala Lumpur mungkin tiba-tiba harus melakukan transfer uang atau membayar tagihan dengan segera ke keluarga di Indonesia. Hal tersebut dapat Anda lakukan langsung lewat ponsel genggam pribadi. Anda tak perlu terburu-buru menuju agen pengiriman uang, cukup mengunduh aplikasi Qelola maka segala transaksi keuangan dapat Anda lakukan dari mana saja dan kapan saja. Melalui aplikasi Qelola ini, Anda dapat melakukan transfer uang ke Indonesia. Selain itu Anda juga dapat melakukan pembayaran tagihan listrik, air, dan BPJS keluarga Anda di Indonesia.  Bahkan, melalui aplikasi Qelola Anda juga dapat melakukan pembelian pulsa. Tunggu apalagi segera unduh aplikasi Qelola dan tak perlu khawatir karena aplikasi ini dijamin aman dan terpercaya.

Tags: , , , , ,