Simak 6 Tips dan Trik Liburan Murah ke Malaysia

liburan murah

Ingin liburan ke Malaysia namun budget  terbatas? Tenang saja, ada banyak cara untuk bisa liburan di Malaysia dengan biaya yang murah. Terlebih, karena letaknya yang dekat dengan Indonesia dan biaya hidupnya yang tidak jauh berbeda, liburan di Malaysia bisa dijangkau dengan mudah tanpa perlu mengeluarkan banyak uang. Asalkan pintar membuat rencana liburan dan mengelola keuangan, dijamin liburan Anda tidak akan menguras kantong. Sebagai panduan agar Anda bisa mewujudkan liburan murah ke Malaysia, yuk simak 6 tips dan trik berikut ini.

1. Pesan Tiket Jauh-Jauh Hari

young asian woman holding air tickets shouting excited front 1187 37999 - Simak 6 Tips dan Trik Liburan Murah ke Malaysia

Umumnya, tiket pesawat dari Jakarta ke Kuala Lumpur memiliki harga sekitar Rp700.000 – Rp2.000.000. Jika Anda menginginkan harga yang lebih murah dari itu, Anda bisa memesan tiket Low Cost Carrier (LCC) sejak beberapa bulan sebelum keberangkatan. Anda juga bisa menunggu pembelian tiket sampai ada promo. Seperti yang Anda ketahui, harga promo tiket pesawat bisa terbilang sangat miring. Bahkan, ada maskapai yang menawarkan diskon pesawat hingga 50 persen. Agar tidak ketinggalan info promo diskon, rajinlah untuk mengecek situs maskapai yang Anda pilih. Tips satu ini terbukti sangat efektif untuk mendapatkan liburan murah di Malaysia.

2. Pilih Penginapan Hostel

Jika ingin mendapatkan liburan murah, hindari untuk menginap di hotel. Sebagai gantinya, Anda bisa menginap di hostel Malaysia. Harga hostel di Malaysia berkisar antara Rp100.000 – Rp200.000 per malam. Sementara harga menginap di hotel rata-rata paling murah sekitar Rp500.000 per malam. Tentu jauh lebih murah bukan? Namun sepadan dengan harga yang murah, kalau menginap di hostel Anda harus siap untuk menempati satu kamar bersama orang-orang lainnya. Anda juga harus menggunakan kamar mandi secara bergantian dengan tamu lain. Jika Anda berniat untuk menginap di hostel, sebaiknya pilih hostel yang menyediakan Wi-Fi dan sarapan gratis agar Anda bisa lebih menghemat uang untuk sarapan.

3. Kunjungi Objek Wisata Gratis di Malaysia

petronas towers 35977 487 - Simak 6 Tips dan Trik Liburan Murah ke Malaysia

Ada banyak objek wisata gratis yang bisa Anda kunjungi di Malaysia. Dengan memilih berkunjung ke objek wisata tersebut, Anda tentu bisa lebih hemat selama liburan di sana. Salah satu wisata gratis di Malaysia yang paling sering dikunjungi wisatawan adalah Menara Kembar Petronas. Anda bisa berfoto di depan icon Malaysia ini. Anda juga bisa melihat pemandangan Kota Kuala Lumpur dari atas menara. Selain Menara Kembar Petronas, masih banyak tempat wisata gratis di Malaysia seperti Batu Caves, Royal Selangor Visitor Centre, Bukit Bintang, Galeri Seni Nasional, Jalan Alor, KL Forest Eco Park, Masjid Jamek, dan Kuala Lumpur City Gallery.

4. Gunakan Transportasi Umum agar Liburan Semakin Murah

Agar mendapatkan liburan murah di Malaysia, Anda bisa berpergian ke tempat-tempat wisata menggunakan transportasi umum seperti bus atau kereta. Hindari menggunakan taksi karena harganya tentu jauh lebih mahal. Tidak perlu khawatir atau bingung selama menggunakan transportasi umum di Malaysia. Sebab, fasilitas transportasi di sana sudah cukup aman dan memadai. Hampir semua transportasi umum telah tersedia banyak petunjuk berbahasa Inggris sehingga lebih memudahkan Anda selama bepergian.

Bagi Anda yang ingin berkeliling Kota Kuala Lumpur, Anda bisa menggunakan bus GO-KL. Bus GO-KL yang berwarna ungu ini akan membawa Anda berkeliling di banyak tempat wisata dan tempat belanja yang ada di Kuala Lumpur. Transportasi publik ini disediakan secara gratis oleh pemerintah Malaysia. Setiap harinya bus ini beroperasi mulai dari jam 6 pagi hingga jam 11 malam. Bus ini memiliki jadwal berangkat setiap 5-10 menit.

Baca Juga: Things to Do in Kuala Lumpur: Jelajahi 7 Wisata Gratis Ini

5. Coba Makanan Khas Malaysia di Kedai-Kedai Kecil

bangkok street food has many delicious dishes many kinds dishes choose fromm 41781 27 - Simak 6 Tips dan Trik Liburan Murah ke Malaysia

Untuk menghemat budget liburan, sebaiknya Anda menghindari membeli makanan di restoran. Sebaliknya, Anda bisa datang ke kedai-kedai kecil atau makanan pinggir jalan yang menyediakan makanan khas Malaysia. Dengan harga sekitar Rp25.000, Anda sudah bisa membeli nasi lemak lengkap dengan lauk-pauknya di kedai-kedai tersebut. Jika Anda ingin wisata kuliner, coba datang ke Jalan Alor. Di Jalan Alor banyak pedagang kaki lima yang menjual makanan dan camilan khas Malaysia dengan harga yang sangat terjangkau. Jadi, Anda bisa tetap kenyang tanpa membuat kantong jebol.

6. Berbelanja Oleh-Oleh di Central Market Malaysia

Berbelanja oleh-oleh sudah menjadi hal wajib yang harus Anda lakukan saat liburan di Malaysia. Agar tetap mendapatkan liburan murah, Anda bisa berbelanja oleh-oleh di Central Market Kuala Lumpur, Malaysia. Harga barang-barang yang dijual di Central Market sangat terjangkau dan bisa ditawar. Dengan harga mulai Rp10.000, Anda sudah bisa membeli aneka suvenir khas Malaysia seperti gantungan kunci, tas, kaos, sandal, dan sebagainya. Kualitas barangnya pun cukup bagus sehingga Anda tidak akan menyesal berbelanja oleh-oleh di tempat ini.

Kalau sudah tahu tips dan triknya, liburan murah ke Malaysia bukan lagi hal yang mustahil tentunya. Pada prinsipnya, untuk bisa mendapatkan liburan murah, Anda harus merencanakan liburan secara matang dan disiplin dalam mengelola keuangan. Untuk mempermudah pengelolaan keuangan Anda, pastikan Anda menggunakan aplikasi Qelola. Layanan keuangan Qelola menawarkan kemudahan transfer uang dan pembayaran berbagai tagihan dari Malaysia ke Indonesia. Dengan fitur menarik seperti e-wallet, transfer uang domestik dan internasional, serta layanan multi-billing, pengelolaan keuangan selama liburan di Malaysia akan lebih praktis dan efisien.

Melalui Qelola, Anda sudah bisa melakukan berbagai transaksi keuangan dengan proses yang cepat dan biaya terjangkau. Tunggu apalagi? Unduh aplikasi Qelola sekarang juga! Jangan lupa lakukan pendaftaran akun dan pengisian saldo agar Anda bisa mendapatkan manfaat yang maksimal dari setiap fiturnya.

Tags: , , , , , , , , , , , ,