Tips Hemat dan Aman Sewa Mobil di Kuala Lumpur

sewa mobil di kuala lumpur

Transportasi umum memang masih menjadi primadona ketika berwisata ke luar negeri, termasuk ke Malaysia. Ongkos yang murah biasanya menjadi alasan utama memilih moda transportasi ini. Namun tidak ada salahnya jika memilih jenis transportasi lain pada kunjungan Anda kali ini. Menyewa mobil misalnya. Dengan menyewa mobil Anda dapat menjangkau tempat-tempat yang mungkin tidak bisa dikunjung dengan transportasi publik. Lebih banyak tempat yang dituju dan lebih menghemat waktu. Ketika berada di Malaysia, sewa mobil di Kuala Lumpur juga menjadi salah satu rekomendasi. Anda bisa langsung dijemput di bandara, diantar ke penginapan serta menemani setiap tujuan wisata Anda. Namun tentu saja ada kekhawatiran ketika memilih sewa mobil di Kuala Lumpur. Apakah budget-nya cukup? Apakah aman dari tindak penipuan? Dan untuk meminimalisasi kekhawatiran ketika memutuskan sewa mobil di Kuala Lumpur, berikut Qelola memberikan tipsnya untuk Anda.

Baca Juga: Surga Oleh-Oleh Malaysia, Central Market Kuala Lumpur

EP 16 1 - Tips Hemat dan Aman Sewa Mobil di Kuala Lumpur

Cari Informasi Sebanyak-banyaknya

Hal pertama yang sebaiknya dilakukan sebelum memutuskan sesuatu adalah mencari informasi sebanyak-banyaknya, termasuk ketika memutuskan menyewa mobil di Kuala Lumpur. Cari informasi tempat-tempat persewaan mobil di Kuala Lumpur, perhatikan layanan yang disediakan dan bandingkan harga yang diberikan. Mencari informasi di awal akan menghindarkan Anda dari pengeluaran yang membengkak ataupun penipuan.

Pesan Jauh Hari

Setelah menemukan tempat persewaan yang sesuai, Anda bisa langsung memesan mobil yang akan digunakan ketika di Kuala Lumpur. Memesan mobil jauh-jauh hari bisa lebih hemat karena harga yang diberikan biasanya lebih murah. Perjalanan Anda pun akan lebih tenang karena transportasi sudah disiapkan sejak awal. Agar lebih hemat, ketika memesan jangan lupa tanyakan mengenai diskon lain-lain. Terkadang ada diskon yang belum dijelaskan dalam promosi.

Perhatikan Biaya Lain-Lain

Untuk membuat promosi lebih menarik, biasanya pihak persewaan mobil tidak mencantumkan biaya lain-lain yang dibebankan kepada penyewa. Oleh karena itu jangan lupa untuk menanyakan perihal ini agar Anda tidak kecolongan ketika sudah berada di Kuala Lumpur. Biaya lain-lain yang bisa Anda tanyakan antara lain denda keterlambatan, tambahan biaya bahan bakar, tip untuk supir dan lain sebagainya. Tanyakan pula bagaimana cara pengambilan dan pengembalian mobil.

Memiliki SIM Internasional

Memiliki SIM internasional biasanya akan memudahkan Anda untuk menyewa mobil di luar negeri termasuk di Malaysia. Selain itu dengan SIM internasional Anda juga dapat mengemudikan mobil sewaan sendiri sehingga lebih bebas berpetualang dan tentu saja dengan harga yang lebih hemat. SIM internasional bisa dibuat apabila sudah mempunyai SIM Indonesia. Anda dapat mengurus SIM internasional di Korlantas Polri dengan membawa syarat-syarat yang diperlukan dan membayar biaya sebesar IDR250.000.

EP 16 2 scaled - Tips Hemat dan Aman Sewa Mobil di Kuala Lumpur

Ketahui Aturan Lalu Lintas Negara Tujuan

Sebelum Anda menyewa kendaraan, ketahui dahulu aturan lalu lintas yang berlaku di Malaysia. Ini berlaku baik untuk Anda yang ingin mengemudikan sendiri ataupun ditemani oleh supir. Pengetahuan lalu lintas akan memudahkan Anda ketika berkendara ataupun bisa digunakan untuk mengingatkan supir lokal apabila terlihat melanggar lalu lintas. Selain aturan lalu lintas, ketahui juga area yang boleh dan tidak boleh dilewati.

Perhatikan Asuransi

Sebagian besar persewaan mobil akan menyediakan asuransi dasar dalam harga sewa dasarnya. Asuransi dasar ini akan menanggung tiga kerusakan yakni biaya perbaikan jika mobil tergores atau mengalami kecelakaan, asuransi kehilangan mobil dan kehilangan properti lainnya. Pastikan seluruhnya sudah ditanggung ketika Anda membayar harga sewa dasar mobil. Apabila tidak ditanggung maka sebaiknya Anda mempersiapkannya sebelum berangkat ke Malaysia. Penyewaan mobil ada juga yang menawarkan asuransi secara terpisah, namun harganya jauh lebih mahal.

Periksa Mobil Sebelum Dipakai

Periksa mobil yang Anda sewa sebelum dipakai. Apabila terdapat kerusakan kecil maupun besar, pastikan kedua belah pihak mengetahuinya. Pihak persewaan biasanya akan mengajak Anda untuk mengecek bersama, namun pengecekan itu akan berjalan sangat cepat. Mintalah waktu lebih untuk mengecek mobil lebih teliti. Catat apa saja kerusakan yang ada baik itu goresan kecil, penyok, retak dan lain sebagainya, lalu ditanda tangani bersama.

EP 16 3 - Tips Hemat dan Aman Sewa Mobil di Kuala Lumpur

Selain beberapa poin di atas, metode pembayaran juga menjadi salah satu hal yang dikhawatirkan. Untuk transaksi luar negeri kebanyakan agen persewaan akan menggunakan kartu kredit untuk melakukan pembayaran. Jadi bagaimana jika Anda tidak mempunyai kartu kredit? Tidak perlu khawatir, untuk transfer dan pembayaran luar negeri khususnya di Malaysia, Anda dapat menggunakan Qelola. Qelola sendiri berfokus pada pelayanan pengiriman uang dari dan ke Malaysia serta membayar berbagai tagihan seperti listrik, PDAM, BPJS, dan lain sebagainya. Selain layanannya yang cukup banyak, Qelola juga melayani pengiriman dengan biaya yang murah serta proses yang cepat. Cukup dengan RM1, Anda sudah bisa mengirim uang dari dan ke luar negeri khususnya Malaysia. Download aplikasinya di sini dan nikmati kemudahan transfer pembayaran sewa mobil Anda.

Tags: , , , , , ,