Surga Oleh-Oleh Malaysia, Central Market Kuala Lumpur

central market kuala lumpur

Mengunjungi tempat-tempat baru, tidak lengkap rasanya jika tidak membeli barang-barang untuk diri sendiri dan oleh-oleh untuk orang-orang terdekat. Bagi Anda yang sedang berkunjung ke Malaysia dan ingin berjalan-jalan sekaligus membeli oleh-oleh, tempat ini tentunya tidak boleh dilewatkan. Central Market Kuala Lumpur, yang terkenal sebagai pusat oleh-olehnya Malaysia. Saat Anda sampai di Central Market Kuala Lumpur, Anda akan melihat bangunan bergaya tradisional dengan nilai seni yang cukup tinggi. Hal ini tidak mengherankan karena Central Market Kuala Lumpur merupakan gedung bersejarah dan telah masuk ke dalam daftar warisan nasional Malaysia.

Central Market Kuala Lumpur sudah ada sejak tahun 1888 dan pada awalnya difungsikan sebagai pasar terbesar yang menjual barang-barang basah seperti ikan, daging, ayam, sayur-sayuran serta keperluan sehari- hari. Dan pada tahun 1980-an pemerintah Malaysia mengubahnya menjadi pusat kerajinan dan kesenian Malaysia. Di surganya oleh-oleh Malaysia ini kegiatan belanja pun akan terasa lebih nyaman karena gedungnya yang sangat bersih, rapi serta dilengkapi dengan AC. Apa saja yang bisa Anda temukan di Central Market Kuala Lumpur? Berikut daftarnya.

Barang-Barang di Central Market Kuala Lumpur

EP 11 1 - Surga Oleh-Oleh Malaysia, Central Market Kuala Lumpur

Sumber: https://www.justgola.com/

Barang-barang yang dijual di Central Market Kuala Lumpur merupakan produk budaya dan seni dari beragam ras yang ada di Malaysia yaitu Melayu, Tionghoa dan India. Ketika masuk, Anda akan menemukan berbagai kios yang menjual berbagai pernak-pernik dari kayu dan perak. Sedikit lebih ke dalam, barulah Anda akan menemukan berbagai lorong yang dibedakan berdasarkan ras.

Ada Little India yang tentu saja menjual berbagai pernak-pernik khas India. Selain itu Anda akan menemukan lorong Melayu yang menjual barang-barang khas Malaysia. Selanjutnya ada strait Chinese yang berisi barang-barang bergaya Negeri Tirai Bambu. Ada juga lorong Kolonial dimana Anda dapat menemukan barang unik bergaya masa kolonial. Selain suvernir, Anda pun bisa membeli berbagai oleh-oleh makanan ringan di Lorong kelapa. Barang-barang di berbagai lorong tersebut bermacam-macam. Ada sarung, songket, baju Melayu, batik Malaysia, sari India, patung, lukisan, kerajinan tangan, gantungan kunci, tas, magnet kulkas, coklat, keripik, dan lain sebagainya. Sangat lengkap bukan?

Harga

EP 11 2 - Surga Oleh-Oleh Malaysia, Central Market Kuala Lumpur

Sumber: https://uangindonesia.com/

Harga-harga yang ditawarkan di Central Market cukup terjangkau. Apalagi jika Anda pandai menawar atau berencana membeli dalam jumlah banyak. Namun ada juga beberapa barang berlabel ’fixed proce’ yang artinya sudah harga pas dan tidak dapat ditawar.

Panggung Terbuka

EP 11 3 - Surga Oleh-Oleh Malaysia, Central Market Kuala Lumpur

Sumber: https://www.pembaruannews.co/

Selain menjadi pusatnya oleh-oleh dan barang-barang unik lain, Central Market juga menyediakan panggung terbuka. Di panggung ini ada banyak acara seni dan budaya yang diadakan. Selama hari raya utama yang diakui negara, panggung ini akan terlihat lebih semarak dalam tema yang merefleksikan keragaman etnis di Malaysia. Bagi Anda yang sudah berlelah-lelah mengelilingi pasar, daerah panggung terbuka ini juga bisa dikunjungi untuk sekadar melepaskan penat.

Tempat Makan

EP 11 5 - Surga Oleh-Oleh Malaysia, Central Market Kuala Lumpur

Sumber: https://findingbeyond.com/

Selain hiburan, Anda juga bisa menikmati berbagai makanan untuk menghilangkan rasa lelah setelah berbelanja. Di lantai atas Central Market anda akan menemukan berbagai restoran dan food court berbagai jenis makanan, mulai dari cemilan ringan hingga makanan berat bisa dinikmati. Di sini juga banyak penjaja minuman yang akan menyegarkan tenggorkan Anda dan mengembalikan semangat berbelanja.

Berfoto di depan Gedung Central Market

EP 11 4 - Surga Oleh-Oleh Malaysia, Central Market Kuala Lumpur

Sumber: https://travelfauziamir.wordpress.com/

Sebagai bukti Anda telah mengunjungi Central Market Kuala Lumpur, jangan lupa untuk berfoto di depan gedungnya. Gedung dengan arsitektur kolonial dan ikon tulisan Central Market menjadi backgound yang apik untuk menambah cantik foto Anda. Anda juga bisa berfoto di  gedung-gedung kuno yang dicat warna-warni yang ada di sekitar Central Market.

Menikmati Seni di Annex Gallery

EP 11 6 1 - Surga Oleh-Oleh Malaysia, Central Market Kuala Lumpur

Sumber: https://www.timeout.com/

Satu tempat lagi yang tidak boleh terlewat untuk dikunjungi ketika Anda sudah berada di Central Market Kuala Lumpur, yaitu Annex Gallery. Bangunan yang berada di belakang Central Market ini berisi berbagai macam karya seni seniman Malaysia. Ada pula berbagai acara seperti pemutaran film, pameran seni dan talkshow. Anda juga dapat memesan karikatur diri, belajar membatik dan berfoto di museum 3D. Di Annex Gallery, Anda akan mendapatkan suasana yang lebih kontemporer.

Satu tempat yang lengkap sekali bukan? Banyak sekali hal menarik yang dapat ditemukan hanya dalam satu tempat saja, Central Market Kuala Lumpur.

Ketika ingin belanja oleh-oleh Anda bisa saja kekurangan uang. Dan ketika itu terjadi di Malaysia, tentu saja sangat merepotkan. Namun, kini hal tersebut tidak masalah karena ada Qelola. Anda bisa dengan mudah mengirim uang dari Indonesia, begitupun sebaliknya. Anda pun bisa melakukan top up dan menarik uang dengan mudah. Selain kemudahan ini, dengan aplikasi Qelola Anda pun bisa membayar berbagai tagihan di Indonesia langsung dari Malaysia tanpa repot. Tunggu apalagi? Download aplikasinya di sini!

 

 

Tags: , , , , , , , , ,