7 Tempat Wisata Ipoh Terpopuler yang Sayang Dilewatkan!

ipoh

Berwisata ke Ipoh bisa menjadi salah satu alternatif tujuan Anda selanjutnya ketika mengunjungi Negeri Jiran Malaysia. Ipoh merupakan salah satu kota di Malaysia yang cukup populer di telinga para traveler. Kota ini adalah ibu kota negara bagian Perak dan menjadi kota transit karena letaknya berada di tengah-tengah Kuala Lumpur dan Penang, Malaysia. Karena letaknya yang strategis, banyak wisatawan yang sengaja datang ke kota ini untuk mengunjungi beberapa tempat wisata. Berikut ini daftar 7 tempat wisata Ipoh yang wajib Anda kunjungi saat berada di Malaysia. Check this out!

1. Lost World of Tambun

Untitled design 2020 06 06T111702.742 - 7 Tempat Wisata Ipoh Terpopuler yang Sayang Dilewatkan!

Sumber: agoda.com

Kawasan ini paling tepat digunakan untuk menghabiskan waktu liburan Anda bersama keluarga. Lost World of Tambun menjadi satu-satunya tempat wisata di Ipoh yang mempunyai pesona lengkap. Tempat ini cocok dikunjungi bagi Anda yang suka bermain air. Beragam wahana air dan permainan bisa Anda coba, seperti Tube Rider, Cliff Racer, Jungle Wave Bay, serta Toger Valley.

Anda dapat menemui banyak penginapan dan pusat perbelanjaan yang dikelilingi oleh perbukitan kapur. Di sekitar tempat ini Anda juga akan menemui wisata pemandian air panas atau Tambun Hot Spring dengan fasilitas spa yang bisa menyegarkan pikiran Anda kembali. Selain itu, ada night park nan eksotis yang sayang untuk dilewatkan. 

2. Birch Memorial Clock Tower

Ketika berlibur di Ipoh, Anda wajib datang ke Birch Memorial Clock Tower, yang tak pernah sepi pengunjung. Bangunan legendaris ini telah berdiri kokoh sejak tahun 1909 silam hingga saat ini. Tempat ini sangat bersejarah karena dibangun untuk mengenang James WW Birch, seorang pejabat kolonial Inggris di Perak pada tahun 1826 – 1875. 

3. Ipoh Town Hall

Tempat menyenangkan selanjutnya yang bisa dijelajahi adalah Ipoh Town Hall. Tempat liburan menarik di Ipoh ini merupakan bangunan yang mempunyai gaya neoklasik. Perancang bangunan bersejarah ini adalah AB Hubback yang juga merancang stasiun kereta Api di kota ini. Kawasan ini dulunya digunakan sebagai kantor pos dan telegraf. Kini Anda dapat puas berfoto-foto sambil menikmati suasana di sekitar bangunan yang memiliki desain unik ini.

4. Kinta River Front

Untitled design 2020 06 06T113149.392 - 7 Tempat Wisata Ipoh Terpopuler yang Sayang Dilewatkan!

Sumber: lookeastmagazine.com

Liburan akan terasa lebih lengkap jika menikmati malam yang dingin dan syahdu. Biasanya, malam menjadi waktu yang paling sempurna untuk mengikat rasa dan romantisme di suatu kota yang disinggahi. Malam pasti akan menghadirkan kemilau yang indah, seperti halnya di Kinta River Front ini.

Kawasan ini dihiasi dengan lampu-lampu LED bercahaya yang menjadi daya tarik tersendiri. Untuk menikmati Kinta Riverfront ini, Anda bisa berjalan kaki menyusuri sungai atau bersepeda santai. Untuk menyewa sepeda, wisatawan harus merogoh kocek relatif terjangkau sekitar RM5 – RM10 saja.

Baca Juga: Cari Rumah Sewa di Ipoh? Ini Rekomendasi Terbaiknya!

5. Kek Long Tong Cave Temple & Zen Garden

Rekomendasi terakhir bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke kota ini adalah Kek Long Tong Cave Temple & Zen Garden. Kuil Buddha ini berada di sebuah gua di Gunung Rapat. Anda akan disuguhkan dengan keberadaan kompleks kuil yang terdiri atas altar utama yang menampilkan dewa-dewa China.

Di sini terdapat gua berusia ratusan tahun yang terjadi secara alami dengan dilengkapi pemandangan sempurna stalaktit dan stalakmit. Mengunjungi tempat ini akan membuat mata Anda terpukau dan enggan berkedip. 

Jangan lupa pula mengunjungi Taman Zen yang letaknya tidak jauh. Di taman ini wisatawan akan merasakan ketenangan dari hiruk pikuk perkotaan.

6. Pasar Pagi Ipoh

Pasar Pagi Ipoh bisa jadi destinasi selanjutnya untuk mencari barang-barang bekas dan baru yang masih berkualitas dan bisa Anda dapatkan dengan harga miring. Barang-barang bekas seperti peralatan elektronik, peralatan dapur, pakaian, handphone bisa Anda dapatkan di sini. Letak pasar ini sangat strategis di pusat kota dan beroperasi mulai pukul 7 pagi hingga 1 siang.

7. Lukisan Mural Karya Ernest Zacharevic

Untitled design 2020 06 06T112536.320 - 7 Tempat Wisata Ipoh Terpopuler yang Sayang Dilewatkan!

Sumber: ohbulan.com

Terakhir, ada satu tempat wisata yang cukup populer dan menarik untuk dikunjungi, terutama bagi para pecinta seni jalanan. Di dinding-dinding beberapa sudut jalan kota, terdapat tujuh lukisan mural dari seorang pelukis berkebangsaan Lithuania, Ernest Zacharevic. Anda bisa menikmati detail tiap lukisan Ernest ini sekaligus berfoto-foto di depan lukisan Ernest yang membuat Anda berdecak kagum.

Pesona wisata Ipoh memang tak kalah dengan Kuala Lumpur atau kota lainnya di Malaysia. Daftar tempat wisata di atas bisa menjadi rekomendasi liburan Anda selanjutnya saat berada di Malaysia. Biaya yang akan Anda keluarkan untuk berwisata di Malaysia bisa Anda kelola dengan baik menggunakan aplikasi Qelola. Ketika sudah berada di Malaysia, Anda tak perlu bingung untuk membayar berbagai tagihan bulanan keluarga di rumah. Qelola menyediakan layanan multi-billing payment ke Indonesia untuk segala pembayaran berbagai kebutuhan secara online. Unduh dan install aplikasi Qelola melalui smartphone Anda sekarang juga! Lakukan pendaftaran dan pengaktifan akun Qelola untuk menikmati berbagai layanan keuangan. Dapatkan informasi lebih lengkap di sini.

Tags: , , , , , , , , , , ,