Sewa WiFi untuk Liburan? Kenapa Tidak?

Sewa WiFi

Selalu terhubung dengan jaringan internet rasanya sudah jadi satu kebutuhan utama. Terlebih untuk Anda yang gemar travelling dan membagikan berbagai pengalaman pada media sosial, memiliki paket data yang always on adalah satu keharusan. Namun apa jadinya jika Anda berkunjung ke luar negeri? Haruskah membayar biaya roaming yang besar? Atau adakah yang menyediakan sewa WiFi untuk dibawa bepergian?

Yang belakangan disebut, sebenarnya kini sedang populer di kalangan wisatawan asal Indonesia yang berkunjung ke luar negeri. Pasalnya, penggunaan perangkat yang disewa ini bisa menghemat sangat banyak pengeluaran serta membuat prosesnya menjadi semakin praktis. Anda tinggal menghubungi penyedia layanan yang ada dan menyewa untuk waktu yang Anda perlukan.

Tapi Bagaimana Prosedur Sewa WiFi yang Ada?

Untitled design1034 - Sewa WiFi untuk Liburan? Kenapa Tidak?

Sebenarnya prosedur yang ada cukup mudah untuk sewa WiFi guna keperluan travelling. Anda cukup menghubungi layanan yang menyediakan fasilitas tersebut, menyampaikan tujuan kunjungan dan berapa lama Anda akan menyewa perangkat tersebut, kemudian Anda bisa memilih paket yang disediakan.

Penyedia layanan sewa WiFi biasanya menyediakan berbagai pilihan paket data yang dapat digunakan, misalnya 500 MB per hari, 1 GB per hari, atau yang benar-benar tidak terbatas. Tentu harga juga akan menyesuaikan jumlah paket data yang diberikan, semakin besar paket data yang bisa digunakan maka semakin besar pula dana yang harus Anda keluarkan.

Mengapa Harus Menyewa Jika Bisa Membeli SIM Baru?

Untitled design1035 - Sewa WiFi untuk Liburan? Kenapa Tidak?

Sebenarnya tujuan dari penyewaan perangkat ini (biasanya disebut Mobile WiFi atau MiFi) adalah agar perjalanan Anda lebih praktis dan tidak perlu mengeluarkan ongkos besar untuk tetap terhubung ke jaringan internet. Seperti diketahui bersama, layanan paket data roaming memang tersedia namun menuntut pengeluaran yang cukup besar. Tentu saja hal ini akan membuat alokasi budget liburan jadi terganggu.

Dengan menyewa perangkat WiFi ini, Anda akan tetap dapat terhubung ke jaringan internet tanpa perlu khawatir budget membengkak. Ini karena Anda sudah akan memiliki batasan pada paket data yang bisa digunakan ketika melakukan pembelian, sehingga tidak akan terjadi pembengkakan.

Selain itu, siapa sih yang mau liburannya terganggu dengan repotnya bongkar-pasang SIM pada smartphone yang dibawa? Belum lagi harus melakukan registrasi yang juga memerlukan prosedur tertentu, pasti akan memakan banyak waktu bukan? Liburan Anda akan banyak terganggu dengan hal-hal yang kurang esensial seperti ini.

Jaringan WiFi di Tempat Umum

Untitled design1036 - Sewa WiFi untuk Liburan? Kenapa Tidak?

Jika sewa WiFi masih terasa berat untuk perencanaan keuangan liburan Anda, maka Anda bisa memanfaatkan fasilitas WiFi publik yang tersedia di berbagai tempat umum. Tentu saja, resikonya mungkin Anda tak bisa terhubung dengan internet ketika Anda berada di area pedalaman, karena fasilitas publik belum tentu memiliki WiFi di semua tempat.

Meski demikian, untuk negara seperti Malaysia misalnya, Anda tak perlu cemas sebab hampir setiap fasilitas publik yang ada di sana sudah memiliki pemancar WiFi sehingga memudahkan turis. Pengelola tempat wisata juga sepertinya sudah paham bahwa wisatawan kekinian sangat membutuhkan koneksi internet untuk menopang agenda wisata yang dilakukannya.

Yang perlu diingat ketika menggunakan akses WiFi publik seperti ini adalah untuk meminimalisir transaksi ekonomi dan membuka data pribadi seperti e-mail. Pasalnya, terdapat resiko kebocoran data dan pencurian oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Hanya diperlukan kehati-hatian agar setiap informasi yang Anda miliki di smartphone atau laptop terbaik tetap aman.

Penyedia Jasa 

Anda bisa menemukan jasa penyewaan perangkat WiFi di berbagai tempat, mungkin paling mudah bisa ditemukan informasinya melalui mesin pencarian. Pastikan tempat yang memberikan penawaran tersebut menyediakan persewaan untuk destinasi wisata Anda. Jangan sampai Anda ingin berlibur ke Malaysia dan menyewa perangkat untuk koneksi internet di Australia.

Jasa sewa WiFi juga tampaknya cukup menjanjikan mengingat tingginya jumlah budget traveler yang berasal dari Indonesia. Bukan maksud merendahkan, namun ‘golongan’ ini justru menjadi salah satu kelompok wisatawan paling aktif melakukan kunjungan ke luar negeri sehingga memberikan banyak pemasukan dari sisi tiket atau bea cukai barang yang masuk.

Baca Juga: 6 Tips Belajar untuk Mahasiswa Baru di Luar Negeri yang Wajib Diterapkan

Menyewa WiFi menjadi salah satu solusi jika Anda ingin menekan pengeluaran ketika akan berkunjung ke luar negeri. Dengan sedikit biaya tambahan, Anda akan mendapatkan perangkat MiFi lengkap dengan charger, pouch pembawa, dan perangkat pendukungnya. Cukup ekonomis jika diperhitungkan dari segi manfaat dan nilai yang bisa diberikan perangkat mungil ini.

Penggunaan dan sewa WiFi mungkin kedepan akan jadi tren baru. Yang tetap sama adalah bahwa waktu liburan tidak boleh terganggu dengan hal lain, seperti misalnya datangnya tagihan listrik, PDAM, atau BPJS. Akan sangat aneh rasanya jika pergi berlibur namun tetap harus direpotkan dengan hal ini. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan layanan Qelola. Layanan remitansi ini dapat digunakan membayar berbagai tagihan tersebut dalam hitungan menit dan dengan biaya administrasi yang rendah. Unduh aplikasinya di sini, dan nikmati waktu liburan Anda dengan maksimal!

 

Tags: , , , , , , , , , , , , ,