Pulau Tioman Malaysia: Juaranya Wisata Alam!

Wisata Pulau Tioman

Bicara tentang negara Malaysia, maka topik wisata tak boleh diremehkan. Jika Anda ingin liburan di satu tempat dengan banyak destinasi wisata, namun ingin sekali-kali pergi ke luar negeri, Malaysia adalah jawabannya. Selain lebih dekat dengan Indonesia, biaya yang dikeluarkan juga relatif lebih murah. Salah satu komplek wisata yang patut dicoba adalah Pulau Tioman. Pulau Tioman memiliki berbagai macam objek wisata alam yang tak kalah dengan obyek wisata alam populer lainnya di Malaysia. Mulai dari bermain air bersama ombak, rehabilitasi penyu, hingga mendaki gunung. Apakah Anda perlu rekomendasi objek wisata mana saja di Pulau Tioman yang menarik? Simak daftarnya berikut ini.

1.  Daftar Pantai untuk Snorkeling

Banyak sekali pantai di Pulau Tioman yang menyediakan fasilitas untuk melihat snorkeling, menikmati keindahan dunia bawah laut. Pertama, ada Pulau Renggis yang pemandangannya cantik untuk dijadikan latar belakang foto. Kedua, ada Pulau Tulai atau Coral Island yang menawarkan keindahan pasir putih dan air laut yang jernih. Bayangkan betapa indahnya snorkeling di laut bening tersebut. Pantai ketiga adalah Monkey Bay, pantai yang tak kalah indah dan cocok untuk barbeque bersama keluarga. Lalu ada pantai Batu Malang, tapi bukan yang di Indonesia ya. Pantai ini terkenal memiliki pemandangan terumbu karang yang tak boleh dilewatkan. Kemudian pantai terakhir yang juga direkomendasikan adalah Salang. Pantai Salang tidak hanya cocok untuk snorkeling, namun juga menjelajah hutan kecil di sekitarnya. Menantang untuk dicoba bukan?

DSC 0147 - Pulau Tioman Malaysia: Juaranya Wisata Alam!

Sumber: pulautioman.com.my

Anda dapat memilih dan mengunjungi beberapa pantai yang berdekatan. Bisa juga memilih pantai yang jaraknya paling dekat dengan hotel atau airbnb Anda. Apapun alasan Anda, mengunjungi salah satu pantai di atas lalu mencoba snorkeling di sana merupakan pilihan yang tepat ketika liburan di Pulau Tioman.

2.  Coba Juga Mendaki Gunung

Terkenal dengan wisata di pantai, Pulau Tioman juga menawarkan pengalaman naik gunung bagi Anda para pendaki gunung. Destinasi gunung yang memiliki jalur pendakian disini adalah Gunung Nenek Semukut. Jika Anda berencana mendaki gunung ini, persiapkanlah jauh-jauh hari karena butuh waktu kurang lebih 5 hari untuk sampai puncak dan turun kembali. Meski lama, pemandangan hamparan laut dari puncak gunung akan menjadi hadiah semua rasa lelah Anda.

Gunung kedua yang tak kalah menantang adalah Gunung Kajang. Gunung ini adalah yang tertinggi di Pulau Tioman, yaitu 1038 mdpl. Tidak hanya flora dan fauna langka yang berpotensi Anda temui saat mendaki. Namun jika beruntung Anda bisa melihat mekarnya salah satu bunga langka yang terkenal, yaitu Rafflesia Arnoldi. Karena jalur pendakian yang dimiliki termasuk dalam kategori ekstrim, Anda dan kerabat juga harus mempersiapkannya dengan matang. Cukup tertantang dengan kedua gunung tersebut? Ayo rencanakan liburan Anda agar berkesan.

17068251839 d268862cd7 b - Pulau Tioman Malaysia: Juaranya Wisata Alam!

Sumber: flickr.com

3.  Rehabilitasi Penyu yang Membahagiakan

Apakah Anda salah satu pecinta hewan, khususnya binatang laut? Jika ya, maka tempat ini sangat direkomendasikan untuk Anda kunjungi, yaitu Juara Turtle Project. Sesuai dengan namanya, tempat ini adalah proyek penangkaran penyu terkenal di Pulau Tioman. Apabila Anda datang antara bulan Februari hingga Oktober, Anda akan disuguhkan pemandangan para penyu yang sedang bertelur. Bahkan jika beruntung, Anda dapat mengikuti pelepasan bayi penyu ke laut. Tentu Anda tidak ingin melewatkan momen bahagia dan imutnya ibu penyu dan bayi penyu di sana bukan? Selain ikut dalam proyek rehabilitasi penyu, Anda juga dapat menikmati asyiknya berkemah dan barbeque di sepanjang bibir pantai, dekat dengan tempat penangkaran penyu.

tenby school 03 - Pulau Tioman Malaysia: Juaranya Wisata Alam!

Sumber: www.juaraturtleproject.com

4.  Mengunjungi Banyak Pulau dan Bertemu Lumba-Lumba

Destinasi wisata satu ini juga tidak boleh dilewatkan jika Anda sedang berlibur di Pulau Tioman, yaitu Island Hopping. Sesuai dengan naman tempat ini, Anda akan diajak untuk berlompat dari satu pulau ke pulau yang lain. Island Hopping merupakan gugusan pulau yang maisng-masing pulaunya memiliki keindahan yang berbeda. Beberapa pulau yang akan Anda singgahi adalah Pulau Sri Buat Tokong Bahara, Pulau Sepoi, Pulau Labas, Pulau Chebeh, Pulau Jahat, dan sebagainya. Serta diantara pulau-pulau tersebut, Anda akan melewati jalur air laut yang juga biasa dilewati oleh sekelompok lumba-lumba. Jadi jika beruntung, Anda bisa menikmati lucunya tarian lumba-lumba saat “melompat-lompat” antar pulau tersebut.

Coral Island snorkeling 1 2 - Pulau Tioman Malaysia: Juaranya Wisata Alam!

Sumber: pearlstartravel.com

Baca Juga: Temukan Wisata Alam Paling Menarik di Penang Malaysia

Itu tadi adalah rekomendasi destinasi wisata yang harus dicoba jika Anda mengunjungi Malaysia, khususnya Pulau Tioman. Meskipun saat ini belum ada kesempatan untuk berlibur ke sana, persiapkan rencana liburan Anda mulai dari sekarang. Salah satu bentuk persiapan sebelum liburan ke luar negeri adalah menyelesaikan urusan keuangan rutin seperti membayar tagihan yang ada di Indonesia. Tentu Anda tidak mau bukan jika liburan Anda terganggu dengan banyaknya tagihan dari Indonesia. Untuk mengatasi masalah tersebut, gunakanlah aplikasi Qelola. Dengan berbagai fiturnya, Anda dapat membayar tagihan di Indonesia langsung dari smartphone Anda, meskipun Anda sedang ada di Malaysia. Yuk pelajari dari sekarang dengan download Qelola di sini.

Tags: , , , ,