Simak Daftar Objek Wisata Alam di Malaysia Timur yang Cakep!

Malaysia Timur

Banyak wisatawan yang berpikir bahwa Malaysia adalah satu daratan yang besar. Faktanya, Malaysia sendiri terbagi menjadi dua bagian yang berbeda yaitu Malaysia Barat dan Malaysia Timur. Malaysia Barat berada di ujung selatan Semenanjung Malaya, sendangkan Malaysia Timur terletak di bagian utara Pulau Kalimantan. Keduanya memiliki pesona yang pastinya unik dan mempesona, namun banyak wisatawan yang melewatkan keindahan yang ditawarkan dari Malaysia Timur.

Jika orang menyebut Malaysia yang mungkin terlintas di kepala Anda adalah menara kembar yang menjadi ikon dari negara tersebut. Jika Anda sudah bosan dengan pemandangan dan keramaian kota seperti itu, Malaysia Timur adalah pilihan yang tepat. Di Malaysia Timur, Anda akan menemukan banyak wisata alam dengan melihat pemandangan serta satwa liar. Anda juga bisa menemukan budaya yang menarik serta makanan yang lezat disana.

1. Taman Nasional Gunung Mulu

Taman Nasional Gunung Mulu (gambar pertama) yang berada di Sarawak merupakan tempat sejarah yang memiliki makna luar biasa. Taman tersebut dulunya digunakan untuk penguburan selama lebih dari 3000 tahun dan bentang alamnya telah menjadi legenda yang harus dihormati keberadaannya. Puncak tertinggi di taman tersebut adalah Gunung Mulu. Anda juga bisa melihat banyak formasi batu kapur (karst) yang menakjubkan dan menjulang tinggi di atas taman tersebut. Formasi batu kapur tersebut juga membentuk gua yang sangat besar. Gua Clearwater memiliki panjang 227,2 km ini merupakan salah satu gua terpanjang di Asia Tenggara. Anda juga bisa mengunjungi Sarawak Chamber dan juga mendaki ke Air Terjun Paku.

2. Taman Nasional Kinabalu

Dengan ketinggian puncaknya yang mencapai 4.095 meter (13.435 kaki) Gunung Kinabalu merupakan gunung tertinggi yang berada di wilayah Asia Tenggara. Jika Anda ingin melihat puncak gunung atau mendaki gunung tersebut, Anda harus menuju ke Taman Nasional Kinabalu di Sabah. Pendakian penuh hingga ke puncak Gunung Kinabalu membutuhkan waktu sekitar dua hari dengan pemandangan yang tentunya menakjubkan. Anda juga bisa menikmati pemandian air panas serta melihat kebun raya yang berada di dalam taman tersebut.

3. Taman Nasional Bako

Anda harus pergi ke Kuching untuk menikmati pemandangan indah dan margasatwa yang berada di Taman Nasional Bako. Di dalam taman ini Anda bisa menikmati hutan hujan yang rimbun dan juga pantai yang indah. Bako adalah taman nasional tertua yang berada di Malaysia dan sebagian besar pengunjung yang datang bertujuan untuk melihat bekantan (proboscis monkey) yang langka. Primata yang terancam punah ini memiliki hidung yang tidak biasa dan itulah yang menjadi daya tarik bagi wisatawan. Di taman ini juga Anda bisa melihat babi janggut, kadal terbang dan kera. Anda juga bisa mendaki namun diharuskan mendaki dengan guide dan melewati jalur yang telah di tandai.

taman nasional bako sarawak - Simak Daftar Objek Wisata Alam di Malaysia Timur yang Cakep!

Sumber: sitimustiani.com

4. Taman Nasional Gunung Gading

Dua jam perjalanan dari Kota Kuching, Anda bisa berwisata ke Taman Nasional Gunung Gading. Taman ini terkenal karena memiliki satu bunga yang disebut The Rafflesia. Bunga tersebut adalah bunga terbesar di dunia dan dapat tumbuh hingga mencapai satu meter. Bunga itu juga memancarkan bau yang kuat untuk menarik serangga. Selain itu, Anda juga menikmati keindahan dari hutan rimba dan beberapa air terjun.

5. Pulau Sipadan

Sebelah timur negara Sabah adalah Pulau Sipadan yang bisa dibilang merupakan salah satu destinasi scuba diving terbaik di seluruh Malaysia. Daya tarik utama dari tempat ini tentunya keindahan yang ditawarkan di bawah air. Aktivitas scuba diving dan snorkeling akan memberikan kesempatan bagi Anda untuk melihat hiu, penyu, ikan berwarna-warni serta terumbu karang yang sangat besar. Di Pulau Sipadan tidak menyediakan akomodasi, jadi Anda hanya bisa menyelam saat siang hari dan menikmati malam hari atau beristirahat di kapal.

6. Cagar Alam Semenggoh

Para pecinta binatang tentu saja tidak akan mau melewatkan wisata Cagar Alam Semenggoh yang luar biasa ini. Cagar alam ini berjarak sekitar 20 km dari Kota Kuching dan akan menjadikan perjalanan selama sehari menjadi meyenangkan. Daya tarik utama dari cagar alam ini adalah Pusat Margasatwa Semenggoh yang menerima binatang yang membutuhkan tempat tinggal atau binatang yang terluka dari alam liar untuk rehabilitasi. Ada juga bisa mengikuti tur cagar alam, dimana Anda dapat mempelajari lebih jauh tentang binatang dan bagaimana mereka selama di rehabilitasi dan kemudian dikembalikan ke alam liar.

trainer feeding orang utan in semenggoh nature reserve 1024x1024.progressive - Simak Daftar Objek Wisata Alam di Malaysia Timur yang Cakep!

Sumber: adventoro.com

7. Dataran Tinggi Kelabit

Di negara bagian Sarawak, Anda bisa menikmati pemandangan alam indah yang berada di Dataran Tinggi Kelabit. Sebagian besar wisatawan datang untuk mendaki dan menjelajahi beberapa desa kecil. Bario-Pa Umor merupakan jalur pendakian paling populer. Anda hanya membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam untuk mencapai puncak.

Baca Juga: Menjelajah Hutan Penuh Tantangan? Cobalah Taman Negara Malaysia

Nah, apakah Anda sudah siap menjelajahi cantiknya wisata alam yang berada di Malaysia Timur? Mari mulai persiapan liburan Anda dengan membuat itinerary. Jika membuat itinerary masih belum terbayang, Anda juga bisa berburu promo tiket pesawat agar liburan murah meriah bisa terwujud. Selamat berlibur!

Masih berhubungan dengan berlibur di Malaysia, tahukah Anda tentang aplikasi yang bisa membantu memudahkan Anda mengurus keuangan di Indonesia? Aplikasi ini adalah Qelola, aplikasi yang memiliki fitur transfer uang antar negara yang murah dan banyak promonya. Selain itu, Anda juga bisa membayar berbagai tagihan rutin di Indonesia meski sedang ada di Malaysia hanya dengan smartphone. Yuk tunggu apa lagi? Download Qelola sebagai salah satu persiapan liburan Anda.

Tags: , , , ,