6 Tips Menjaga Kesehatan Selama Kuliah di Luar Negeri

menjaga kesehatan

Menjaga kesehatan selama kuliah di luar negeri memang wajib dilakukan. Khususnya untuk mahasiswa dari Indonesia yang memiliki tantangan tersendiri karena harus beradaptasi dengan adanya perbedaan musim. Selama kuliah Anda akan tinggal dalam kurun waktu yang tidak sebentar, karena kuliah diluar negeri tidak hanya satu atau dua bulan saja. Oleh karena itu, menjaga kesehatan dan memastikan badan agar tetap sehat dan bugar sangatlah penting.

Selain itu, kegiatan kuliah di luar negeri tentunya tidak ada habisnya. Apalagi jika Anda adalah seorang aktivis kampus atau ikut ekstrakurikuler yang terkadang menyita banyak waktu sehingga Anda tidak memperhatikan kesehatan Anda sendiri. Jadwal kuliah atau kegiatan selama kuliah yang padat memerlukan stamina yang kuat. Oleh karena itu menjaga kesehatan dengan baik sangatlah penting. Lalu bagaimana cara menjaga kesehatan selama kuliah di luar negeri? Berikut kami bagikan tipsnya di sini.

  1. Rutin Berolahraga

runners silhouettes athletes fitness 39308 - 6 Tips Menjaga Kesehatan Selama Kuliah di Luar Negeri

Sudah tidak perlu diragukan lagi bahwa selain untuk meningkatkan daya tahan tubuh, berolahraga juga dapat memberikan manfaat seperti menghilangkan stress, mengurangi resiko penyakit, dan masih banyak manfaat lainnya. Banyaknya kegiatan dan tugas kampus yang tidak henti-hentinya selalu menjadi rutinitas mahasiswa luar negeri. Namun dengan banyaknya kegiatan dan tugas yang harus dikerjakan tersebut tidak bisa dijadikan alasan untuk tidak berolahraga.

Olahraga yang rutin adalah cara yang terbaik untuk meningkatkan daya tahan tubuh Anda, akan tetapi bila Anda tidak memiliki cukup waktu, Anda cukup berjalan kaki selama 30 menit yang dapat Anda lakukan di sela istirahat makan siang atau diantara jam kuliah. Terdapat banyak keuntungan dengan berjalan kaki setiap hari, mulai dari meningkatkan stamina hingga kesehatan tulang serta sendi yang lebih baik. Untuk itu sebaiknya para mahasiswa yang ada di luar negeri hendaknya memulai hidup sehat dengan cara berolahraga. Karena olahraga bermanfaat untuk menjaga kesehatan Anda.

  1. Mengkonsumsi Makanan Bergizi

pexels photo 3985872 - 6 Tips Menjaga Kesehatan Selama Kuliah di Luar Negeri

Sebagai seorang mahasiwa yang kuliah di luar negeri, pasti banyak dari Anda yang malas untuk memasak atau lebih menyukai makanan cepat saji. Sangat mudah untuk memakan makanan cepat saji yang cenderung praktis dan cepat ini. Namun, kebanyakan makanan ini merupakan makanan yang berlemak. Walaupun Anda sedang sibuk, Anda harus menjaga pola makan dan usahakan untuk tetap menkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Anda harus bisa selektif dalam memilih makanan di sana. Makanan itu bisa berupa sayur-sayuran, buah-buahan, atau beberapa lauk pauk yang bervitamin lengkap. Sebab, diluar negeri belum tentu semua makanan mengandung banyak kandungan protein yang lengkap.

  1. Istirahat yang Cukup

Tidur Nyenyak e1592552031337 - 6 Tips Menjaga Kesehatan Selama Kuliah di Luar Negeri

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan selama kuliah di luar negeri adalah dengan istirahat yang cukup. Istirahat yang cukup setiap hari bisa menjaga daya tahan tubuh Anda agar tetap sehat dan bugar, dalam hal ini adalah dengan tidur yang cukup dan berkualitas. Tidur yang cukup sangatlah penting bagi mahasiswa. Penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa yang tidak cukup tidur cenderung memiliki kesehatan yang kurang baik. Jika Anda memiliki jadwal yang padat sehingga membuat Anda tidak cukup tidur, pastikan Anda menggantinya dengan tidur siang. Biasakan untuk tidur lebih awal, jangan keseringan begadang. Kurangi minuman yang mengandung banyak kafein atau gula, karena minuman ini akan membuat Anda sulit untuk tidur di malam hari.

  1. Tetap Terhidrasi

pexels photo 416528 - 6 Tips Menjaga Kesehatan Selama Kuliah di Luar Negeri

Usahakan untuk minum air putih yang cukup minimal 8 gelas sehari. Hal ini dilakukan agar tubuh Anda tetap terhidrasi dengan memasukkan cairan dalam tubuh dengan jumlah yang cukup. Jangan terlalu banyak minum kopi dan soda. Karena walaupun sama-sama sebuah cairan, minum minuman ini akan membuat Anda mengalami dehidrasi. Anda bisa membawa botol minum sendiri agar Anda cenderung ingat untuk minum cukup air. Terlebih lagi, Anda dapat menghemat serta membantu melestarikan lingkungan dengan tidak membeli air minum dalam botol plastik.

  1. Hindari Minuman Beralkohol

pexels photo 681847 - 6 Tips Menjaga Kesehatan Selama Kuliah di Luar Negeri

Minum minuman beralkohol tentunya tidak baik untuk kesehatan. Saat Anda memasuki dunia perkuliahan di luar negeri yang mempunyai budaya yang berbeda dengan Indonesia, mungkin Anda akan diperkenalkan dengan minuman keras atau alkohol oleh teman-teman Anda. Agar bisa tetap menjaga kesehatan Anda, Anda harus menghindari minuman beralkohol tersebut.

  1. Melakukan Cek Rutin Kesehatan

medical appointment doctor healthcare 40568 - 6 Tips Menjaga Kesehatan Selama Kuliah di Luar Negeri

Melakukan cek rutin kesehatan sangat penting untuk dilakukan. Anda bisa melakukan kunjungan rutin ke dokter untuk memastikan bahwa Anda berada pada kondisi kesehatan yang baik. Jika Anda merasa sakit, tidak enak badan atau berpikir ada sesuatu yang salah dengan badan Anda, segeralah untuk pergi ke dokter. Jangan menundanya hanya karena Anda sedang sibuk. Luangkan waktu untuk memikirkan kesehatan Anda sehingga Anda dapat kembali fokus pada kuliah.

Baca Juga: Bagaimana Cara Daftar Kuliah di Malaysia? Simak di Sini!

Proses perkuliahan di luar negeri terutama di Malaysia tentu tak akan lepas dari berbagai biaya yang meliputinya. Baik biaya akademis atau non akademis, semua harus dipenuhi secara berkala agar calon mahasiswa bisa benar-benar fokus menimba ilmu di Negeri Jiran tersebut. Transaksi pengiriman uang akan jadi salah satu transaksi yang rutin dilakukan.

Setelah memahami cara menjaga kesehatan di atas, maka saatnya Anda sekarang juga memahami pengguanaan aplikasi keuangan yang baik pula. Untuk layanan pengiriman uang, Anda bisa menjatuhkan pilihan pada Qelola. Dengan tarif yang sangat ekonomis, pengiriman yang yang dilakukan tidak akan membebani Anda. Meski saat ini Qelola baru bisa melayani pengiriman dari Malaysia ke Indonesia, namun tak ada salahnya mengunduh aplikasi ini terlebih dahulu karena ke depan akan terus dilakukan pengembangan sehingga bisa melayani transaksi dua arah.

Tags: , , , , , ,