Kuasai Bahasa Malaysia Sehari-hari Sebagai Bekal Selama Kuliah di Sana

bahasa malaysia sehari-hari

Malaysia menjadi salah satu negara yang paling banyak diminati oleh calon mahasiswa S1 maupun S2 dari Indonesia untuk menempuh pendidikan. Maklum saja, karena secara jarak pun dekat, budaya Malaysia juga tidak terlalu jauh berbeda dengan Indonesia. Selain itu, biaya hidup dan biaya kuliah juga tidak semahal di Eropa, Amerika, atau Australia. Selain beberapa alasan tersebut, yang menjadi daya tarik Malaysia sebagai pilihan tempat menempuh pendidikan adalah karena kualitas universitas dan pendidikannya yang sangat menjanjikan. Sebelum kuliah di Malaysia, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan secara matang. Salah satunya adalah Anda dituntut untuk mengetahui dan mempelajari bahasa Malaysia sehari-hari. Dengan menguasai bahasa Malaysia sehari-hari, tentu saja akan lebih memudahkan Anda dalam berkomunikasi selama berada di sana.

Baca Juga: Kuliah Murah di Luar Negeri? Malaysia Bisa Jadi Opsi

Apa Saja Keuntungan Kuliah di Malaysia?

bahasa malaysia sehari hari 1 - Kuasai Bahasa Malaysia Sehari-hari Sebagai Bekal Selama Kuliah di Sana

Sebagai negara tetangga, Malaysia menempati posisi ke 11 dunia sebagai negara tujuan studi. Hingga saat ini, ada banyak pelajar dari Indonesia yang memilih untuk kuliah di Malaysia yang lokasi dan budayanya tidak berbeda jauh dengan Indonesia. Lalu, apa saja keuntungan yang bisa Anda dapatkan saat memilih untuk kuliah di Malaysia?

  • Dengan kuliah di Malaysia, Anda akan mendapatkan pendidikan yang berkualitas dengan standar internasional.
  • Biaya yang Anda butuhkan selama kuliah di Malaysia cukup terjangkau, baik untuk biaya kuliah maupun untuk biaya hidup.
  • Meskipun bahasa Melayu merupakan bahasa utama di Malaysia, namun bahasa Inggris juga banyak digunakan. Hal tersebut tentu saja akan bermanfaat untuk persiapan karir Anda di masa depan setelah lulus kuliah.
  • Malaysia memiliki lingkungan yang bersahabat dan fasilitas kelas dunia.
  • Prosedur imigrasi tidak terlalu sulit.
  • Malaysia juga menawarkan pengalaman internasional dan keragaman budaya.

Itulah beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika Anda memilih untuk melanjutkan studi ke Negeri Jiran tersebut.

Belajar Bahasa Malaysia Sehari-hari

bahasa malaysia sehari hari 2 - Kuasai Bahasa Malaysia Sehari-hari Sebagai Bekal Selama Kuliah di Sana

Bahasa Melayu menjadi bahasa sehari-hari yang digunakan di Malaysia selain bahasa Inggris. Sejak dini, anak-anak di Malaysia sudah terbiasa dengan bahasa Inggris, sehingga kebanyakan orang Malaysia berbahasa Melayu dalam dialek Melayu yang bercampur dengan aksen barat. Sebenarnya, akar kata dalam bahasa Melayu sebagian besar sepaham dengan bahasa-bahasa Melayu yang ada di Indonesia. Namun di sisi lain, perkembangan bahasa Malaysia sehari-hari sudah dipengaruhi oleh bahasa Inggris. Sehingga banyak serapan bahasa Inggris maupun aksen atau dialek dalam berbicara yang menjadi bagian dari bahasa Malaysia sehari-hari. 

Oleh karena itu, banyak orang Malaysia yang mengerti cara berbicara atau apa yang dikatakan orang Indonesia. Namun sebaliknya, banyak orang Indonesia yang kurang mengerti apa yang dikatakan orang Malaysia dalam sebuah percakapan. Untuk itu, agar Anda tidak kesulitan dalam berkomunikasi selama Anda kuliah di Malaysia, maka mempelajari bahasa Malaysia sehari-hari merupakan hal penting yang harus Anda lakukan.

Contoh Kosakata Bahasa Melayu Malaysia

bahasa malaysia sehari hari 3 - Kuasai Bahasa Malaysia Sehari-hari Sebagai Bekal Selama Kuliah di Sana

Bahasa Melayu yang dituturkan di Malaysia pada dasarnya sama dengan bahasa Melayu yang dituturkan di sebagian besar daerah yang ada di Indonesia. Sebagai contoh, berikut ini ada beberapa kata dalam bahasa Melayu Malaysia yang banyak digunakan sehari-hari:

  • Apa-apa = Apa saja
  • Ape = Apa
  • Awak = Kamu
  • Berbeza = Berbeda
  • Berbual = Ngobrol
  • Berseronok = Bersenang-senang
  • Budak-budak =Anak-anak
  • Cakap = Bicara
  • Cem mana/Macam mana = Bagaimana
  • I belanja you lah = Saya traktir kamulah
  • I nak cakap = Saya Mau Ngomong
  • Jom = Yuk/Mari
  • Lepas tu = Habis itu/Setelah itu
  • Macem nak pegi = Seperti mau pergi

Selain mengetahui apa saja yang perlu disiapkan sebelum kuliah di Malaysia termasuk menguasai bahasa Malaysia sehari-hari, hal yang tidak kalah penting adalah menyiapkan Visa Belajar untuk izin belajar dan tinggal di sana. Di Malaysia, Visa Belajar ini disebut dengan istilah Student Pass. Dengan memiliki dokumen yang sah, maka Anda akan lebih aman dan nyaman selama menempuh pendidikan di Malaysia. Jangan lupa untuk mengelola keuangan dengan tepat, agar dapat terhindar dari pemborosan. Jika Anda tidak mengelola keuangan sebaik mungkin, Anda tentu bisa membayangkan bagaimana kelanjutan hidup Anda di negara orang saat kekurangan biaya.

Untuk itu, gunakan dompet digital Qelola yang akan membantu Anda dalam mengontrol setiap pengeluaran bulanan. Keperluan beli pulsa hingga paket data internet, bayar tagihan listrik prabayar dan pascabayar, hingga bayar tagihan lainnya bisa Anda selesaikan dengan mudah dan cepat. Menariknya lagi, dengan Qelola Anda akan lebih mudah untuk mengirim dan menerima kiriman uang dari keluarga di tanah air. Tidak perlu berlama-lama antri di bank atau ATM, kirim uang antar negara pakai Qelola saja. Yuk, langsung unduh aplikasinya dan ajak seluruh anggota keluarga dan sahabat Anda untuk pakai Qelola juga.

Tags: , , , , ,