Intip 7 Keunggulan Kuliah di Malaysia, Apa Saja?

kuliah di malaysia

Malaysia menjadi negara tujuan studi terpopuler di Asia Tenggara. Banyak pelajar Indonesia yang melanjutkan kuliah di Malaysia karena kualitas pendidikannya yang bagus dan biaya kuliahnya yang cukup terjangkau. Selain itu, Malaysia banyak dipilih karena letaknya yang tidak jauh dari Indonesia sehingga para pelajar masih bisa pulang ke kampung halaman sesering mungkin. Ada banyak keunggulan kuliah di Malaysia yang bisa Anda peroleh, berikut adalah beberapa di antaranya.

1.  Pendidikan Bermutu Tinggi dengan Biaya Terjangkau

close up students writing reading exam answer sheets exercises classroom school with stress 73622 858 - Intip 7 Keunggulan Kuliah di Malaysia, Apa Saja?

Institusi pendidikan di Malaysia terkenal dengan sistem pendidikannya yang unik dan terstruktur dengan baik. Sistem pendidikannya juga selalu diawasi oleh Kementerian Pendidikan Pemerintah Persekutuan. Pengawasan tersebut bertujuan agar setiap institusi pendidikan di Malaysia mencapai pendidikan yang bermutu tinggi sehingga para lulusan yang dihasilkan memiliki kualitas tinggi dan bisa bersaing secara global. Jadi, jangan ragu lagi untuk melanjutkan kuliah di universitas yang ada di Malaysia.

2.  Budaya Mirip Indonesia

Budaya yang mirip dengan Indonesia tentu menjadi keunggulan tersendiri bagi para pelajar yang memilih kuliah di Malaysia. Hal ini bisa memudahkan Anda beradaptasi dengan lingkungan di sana. Budaya Malaysia yang mirip dengan Indonesia tidak hanya kesenian dan bahasa saja. Makanan yang ada di Malaysia juga sangat mirip dengan makanan Indonesia. Hal ini sangat erat kaitannya dengan fakta historis antara Indonesia dan Malaysia. Di Malaysia, Anda bisa menemukan makanan Indonesia seperti lontong, ayam penyet, nasi lemak (nasi uduk), rendang, dan masih banyak lagi. Anda bisa mencoba makanan-makanan tersebut saat rindu dengan kampung halaman.

3.  Lingkungan Aman dan Kondusif

young happy attractive asian student smiling camera 1439 174 - Intip 7 Keunggulan Kuliah di Malaysia, Apa Saja?

Malaysia merupakan salah satu negara yang memiliki kondisi lingkungan paling aman dan kondusif di dunia. Hal ini dikarenakan Malaysia memiliki peraturan yang tegas bagi siapa saja yang melakukan tindakan kriminal. Para pelajar bisa tenang dan tidak perlu takut adanya gangguan eksternal. Selain itu, lingkungan di Malaysia juga sangat bersih dan teratur. Bangunan tertata rapi dan fasilitas umum terjaga kebersihannya.

Bagi mahasiswa internasional, aktivitas sehari-hari Anda akan sangat terbantu dengan banyaknya transportasi umum di Malaysia. Transportasi di Malaysia terdiri dari kereta listrik, monorel, bus, taksi, dan sepeda motor. Anda bisa menggunakan transportasi tersebut untuk bepergian. Jangan khawatir, keamanan dalam menggunakan transportasi umum di Malaysia sangat terjaga. Anda bisa menikmati segala fasilitas umum yang tersedia di Malaysia dengan aman dan nyaman.

4.  Persaingan Masuk Universitas Tidak Terlalu Ketat

Tingkat persaingan masuk universitas di Malaysia tidak terlalu tinggi. Hal ini disebabkan jumlah populasi di Malaysia yang jauh lebih sedikit daripada di Indonesia. Selain itu, Malaysia juga memiliki jumlah universitas yang cukup banyak. Bagi Anda yang memilih kuliah di universitas swasta yang ada di Malaysia, Anda tidak perlu khawatir tentang persaingan masuk universitas tersebut. Sebaliknya, apabila Anda menginginkan berkuliah di universitas negeri, Anda harus mengetahui kuota untuk mahasiswa internasional. Secara umum, kuota untuk mahasiswa internasional sebesar 5% dari total mahasiswa baru yang diterima.

5.  Kemudahan Membuat Visa

visa application form travel immigration 36325 171 - Intip 7 Keunggulan Kuliah di Malaysia, Apa Saja?

Pemerintah Malaysia sangat mendukung kedatangan para pelajar internasional yang ingin kuliah di Malaysia. Salah satu bentuk dukungannya adalah kemudahan proses pembuatan visa untuk pelajar. Bahkan, setiap universitas di Malaysia akan membantu dalam proses aplikasi visa untuk pelajar yang telah diterima di universitas tersebut. Jadi, jangan khawatir Anda akan mengalami kendala dalam persiapan administratif khususnya dalam membuat visa.

6.  Banyak Tempat Wisata

Ada banyak sekali tempat wisata di Malaysia yang bisa Anda coba. Mulai dari wisata alam, wisata edukasi, wisata sejarah, wisata belanja, hingga wisata kuliner ada di Malaysia. Lokasi tempat wisata di Malaysia juga mudah dijangkau dengan transportasi umum sehingga akan lebih memudahkan Anda. Anda bisa menjelajahi tempat-tempat wisata di Malaysia untuk melepas penat akibat aktivitas perkuliahan.

7.  Biaya Hidup Murah

person s hand inserting coin white piggybank desk 23 2147892158 - Intip 7 Keunggulan Kuliah di Malaysia, Apa Saja?

Bila Anda memilih kuliah di Malaysia, Anda tidak hanya mendapatkan kualitas pendidikan yang bagus dengan biaya yang murah, tetapi juga biaya hidup yang murah. Jika dibandingkan dengan kuliah di luar negeri seperti di negara-negara Eropa, Australia, dan Amerika, biaya hidup di Malaysia tentu jauh lebih terjangkau. Inilah salah satu keunggulan kuliah di Malaysia yang diminati pelajar. Biaya hidup di Malaysia dalam rupiah bagi seorang pelajar berkisar antara Rp4.000.000 – Rp7.000.000 per bulan.

Baca Juga: Kira-Kira Berapa Biaya Kuliah di Malaysia Sampai Lulus?

Itulah beberapa keunggulan yang bisa Anda peroleh saat kuliah di Malaysia. Jadi, sudah ada gambaran untuk kuliah di Malaysia? Apapun keputusan Anda, jangan lupa lakukan persiapan secara matang untuk menunjang kelancaran hidup Anda selama menempuh kuliah di Malaysia. Salah satu persiapan yang tak boleh Anda lewatkan salah satunya adalah mengelola keuangan. Untuk mempermudah pengelolaan keuangan Anda di Malaysia, Anda bisa menggunakan aplikasi Qelola. Layanan keuangan Qelola menawarkan kemudahan transfer uang dan pembayaran berbagai tagihan dari Malaysia ke Indonesia. Dengan biaya administrasi yang sangat ekonomis, Anda sudah bisa melakukan berbagai transaksi keuangan dengan cepat dan efisien. Segera unduh aplikasi Qelola dan nikmati kemudahannya sekarang juga!

Tags: , , , , , , , , ,