Info Lengkap tentang Jurusan Teknik Pertambangan di Malaysia

jurusan teknik pertambangan

Sektor pertambangan masih menjadi bidang pekerjaan yang sangat diminati hingga saat ini. Hal tersebut kemudian membuat banyak pelajar dari mancanegara, termasuk Indonesia berencana melanjutkan pendidikan di jurusan teknik pertambangan. Dalam hal ini, Malaysia bisa menjadi negara tujuan studi yang tepat untuk jurusan teknik pertambangan. Namun tetap saja, sebelum memilih kuliah teknik pertambangan di Malaysia, ada baiknya Anda mengetahui lebih jauh seputar jurusan tersebut. Informasi mengenai apa saja yang dipelajari, syarat masuk, rekomendasi universitas, serta biaya masuk tentu sangat Anda butuhkan. Untuk mendapatkan penjelasan lengkap mengenai hal itu, simak rangkuman berikut ini.

Apa Saja yang Dipelajari di Jurusan Teknik Pertambangan?

asian engineer checking condenser water pump 34936 1514 - Info Lengkap tentang Jurusan Teknik Pertambangan di Malaysia

Memilih kuliah di jurusan teknik pertambangan berarti Anda juga memilih untuk mempelajari beberapa mata kuliah yang memang diperlukan di sektor ini. Secara garis besar, aspek yang dipelajari dalam teknik pertambangan di Malaysia mulai dari teknik reservoir, produksi, pengeboran, hingga manajemen perekonomian untuk minyak dan gas.

Secara detail, Anda akan belajar mengenai teknik peledakan, geoteknik tambang, teknik gas dan bumi, fisika teknik, gambar teknik, evaluasi proyek tambang, geomorfologi, metalurgi, dan masih banyak lagi. Dalam jurusan ini, Anda juga bisa mempelajari perancangan inovatif dalam bidang penemuan teknik yang lebih efisien dalam hal eksplorasi dan pengolahan hasil tambang.

Berapa Lama Kuliah di Jurusan Teknik Pertambangan?

Durasi waktu yang dibutuhkan saat kuliah di teknik pertambangan umumnya sekitar 4 tahun untuk program sarjana (S1). Sementara durasi waktu kuliah untuk program pascasarjana sekitar 2-3 tahun. Durasi waktu kuliah tersebut bisa berubah tergantung dengan spesialisasi yang Anda pilih dan seberapa aktif Anda mengikuti perkuliahan. Untuk mengetahui seberapa lama durasi waktu yang dihabiskan untuk kuliah di jurusan pertambangan Malaysia ini, Anda bisa menentukan dari banyaknya program kuliah yang Anda ambil. Semakin banyak program kuliah yang Anda ambil, maka durasi kuliah akan semakin lama.

Baca Juga: Wajib Tahu! Inilah Informasi Seputar Universitas di Malaysia

Rekomendasi Universitas untuk Teknik Pertambangan

portrait asian college student campus 46208 62 - Info Lengkap tentang Jurusan Teknik Pertambangan di Malaysia

Jika dibandingkan dengan jurusan kuliah lainnya, universitas di Malaysia yang menawarkan jurusan pertambangan terbilang cukup sedikit. Walaupun sedikit, pendidikan serta fasilitas kuliah yang diberikan sangat berkualitas dan memadai. Berikut adalah beberapa universitas terbaik yang menawarkan jurusan teknik pertambangan di Malaysia:

  • Universiti Teknologi Malaysia
  • UCSI University Malaysia
  • Universiti Malaysia Sabah
  • Universiti Teknologi Petronas Malaysia
  • Heriot Watt University Putrajaya Malaysia

Syarat Masuk Kuliah Jurusan Teknik Pertambangan

Syarat masuk kuliah menjadi kebutuhan informasi dasar yang harus diketahui oleh calon mahasiswa. Persyaratan masuk masing-masing universitas di Malaysia bisa berbeda-beda, tergantung dari kebijakan yang diterapkan. Namun, secara umum, syarat masuk untuk kuliah jurusan teknik pertambangan di Malaysia, terutama pada program sarjana (S1) adalah sebagai berikut:

  • Jurusan IPA dengan nilai rata-rata di atas 7,5 dan berkewajiban untuk mengambil mata pelajaran fisika.
  • Memiliki kondisi fisik yang sehat dan normal, sehingga mudah ketika bekerja praktik di lapangan.
  • Sertifikat bahasa Inggris dengan skor minimal 6.0 untuk tes IELTS atau 550 untuk tes TOEFL PBT.
  • Menyerahkan fotokopi identitas (paspor) serta fotokopi dokumen pendidikan sebelumnya, seperti ijazah dan rapor untuk lulusan SMA di Indonesia.

Biaya Kuliah Jurusan Teknik Pertambangan di Malaysia

graduation hat piggy bank with stack coins money green background saving money education concept 106094 271 - Info Lengkap tentang Jurusan Teknik Pertambangan di Malaysia

Perlu Anda ketahui, kuliah teknik pertambangan di Malaysia memiliki biaya kuliah yang relatif lebih mahal dibandingkan jurusan lainnya. Biaya kuliah tersebut akan dibedakan berdasarkan program kuliah yang dipilih seperti program sarjana, magister, dan doktor. Kisaran biaya kuliah untuk program sarjana adalah Rp300 – Rp320 juta per semester. Sementara program magister memiliki kisaran biaya kuliah sekitar Rp160 – Rp180 juta. Biaya kuliah teknik pertambangan untuk program doktor sebesar Rp20 juta per semester.

Biaya yang disebutkan di atas hanya biaya kuliah saja, belum termasuk akomodasi dan biaya hidup sehari-hari. Namun jangan khawatir, Malaysia terkenal dengan biaya akomodasi dan biaya hidup yang terjangkau untuk pelajar jika dibandingkan dengan negara-negara lain seperti Inggris, Australia, dan Amerika. Akomodasi dan biaya hidup di Malaysia tentu jauh lebih murah daripada biaya kuliah yang harus Anda bayar. Dengan catatan, Anda selalu disiplin mengelola keuangan. Untuk mempermudah pengelolaan keuangan, pastikan Anda menggunakan layanan keuangan Qelola.

Qelola menawarkan kemudahan pengiriman dan penerimaan uang dari Malaysia ke Indonesia. Dengan fitur menarik seperti e-wallet, transfer uang domestik dan internasional, serta layanan multi-billing payment, pengelolaan keuangan selama menempuh pendidikan di Malaysia akan lebih praktis dan efisien. Melalui Qelola, Anda sudah bisa melakukan berbagai transaksi keuangan dengan proses yang cepat dan biaya terjangkau. Tertarik mencoba? Segera unduh aplikasi Qelola sekarang juga! Jangan lupa lakukan pendaftaran akun dan pengisian saldo agar Anda bisa mendapatkan manfaat yang maksimal dari setiap fiturnya. Dapatkan juga promo biaya transaksi sebesar RM2+diskon 30% selama bulan Juni 2020. Selamat mencoba!

Tags: , , , , , , , , , ,