Ide Kerja Sampingan untuk TKI, Bisa Menambah Pendapatan

EP 14 - Ide Kerja Sampingan untuk TKI, Bisa Menambah Pendapatan

Banyak warga negara indonesia yang memutuskan menjadi TKI karena tergiur oleh gaji yang besar. Sebagian TKI memang sudah sangat tercukupi dengan jumlah gaji yang diberikan. Namun ada juga yang masih butuh pendapatan tambahan baik karena bertambahnya kebutuhan dan tanggungan atau kebutuhan aktualisasi diri. Seorang TKI biasanya dibebankan pekerjaan selama 5-6 hari setiap minggunya. Oleh karena itu, bagi Anda yang butuh pendapatan tambahan bisa memanfaatkan hari libur di akhir minggu untuk mencari kerja sampingan. Sebenarnya banyak sekali kerja sampingan yang tersedia jika Anda bisa memanfaatkan kemampuan dan informasi yang ada. Dan dari berbagai ide kerja sampingan yang ada, berikut beberapa kerja sampingan sederhana yang bisa Anda lakukan dengan mudah untuk menambah pendapatan.

Baca Juga: Strategi Pemasaran Bisnis Rumahan untuk Sampingan TKI, Ini Tipsnya!

EP 14 1 - Ide Kerja Sampingan untuk TKI, Bisa Menambah Pendapatan

Berbisnis Online

Bisnis online adalah pekerjaan sampingan yang paling sering terpikirkan oleh banyak orang. Ini merupakan usaha yang bisa Anda lakukan baik di hari libur maupun pada hari-hari kerja Anda. Cukup memanfaatkan smartphone dan media sosial, Anda bisa mencari supplier yang tepat dan memasarkan berbagai produk. Target konsumen bisa masyarakat di Indonesia, orang-orang di negara tempat bekerja atau sesama tenaga kerja Indonesia. Ada dua jenis yang bisa Anda pilih yakni menjadi reseller atau menjadi dropshipper. Jika Anda mempunyai modal yang cukup bisa memilih menjadi reseller. Reseller umumnya diwajibkan menyetok beberapa barang terlebih dahulu dan tentu saja hal ini membutuhkan modal. Namun jika modal Anda sedikit bisa memilih menjadi dropshipper. Ketika menjadi dropshipper Anda hanya diminta untuk mempromosikan saja, sementara packing dan pengiriman produk adalah urusan supplier.

Membuka Jastip Barang-Barang Luar Negeri

Satu lagi bisnis yang sangat menggiurkan untuk para TKI di luar negeri yang ingin menambah penghasilan yakni membuka jasa titip barang-barang luar negeri. Masyarakat Indonesia banyak yang menyukai ataupun mencari-cari produk luar negeri, namun bingung harus membeli dimana. Dan jasa titip adalah solusi untuk itu. Anda bisa menawarkan jasa titip pembelian barang-barang dari negara tempat Anda bekerja bagi konsumen Indonesia. Sama seperti bisnis online, Anda cukup memanfaatkan smartphone dan media sosial untuk mengiklankan jasa titip Anda. Dan jasa titip juga tidak membutuhkan modal terlalu besar karena pembayaran akan dilakukan oleh konsumen terlebih dahulu sebelum berbelanja.

Mengajar Les Bahasa Indonesia

Ketika bekerja di luar negeri, setidaknya ada dua bahasa yang Anda kuasai yakni bahasa Indonesia dan bahasa negara tempat Anda bekerja. Tidak ada salahnya untuk memanfaatkan kemampuan ini dengan mengajar. Anda bisa mengajarkan bahasa Indonesia kepada warga setempat. Berbagai lowongan mengajar paruh waktu atau privat bisa ditemukan di situs-situs pencarian kerja. Atau bisa juga dengan mengiklankan diri sendiri secara langsung baik melalui situs-situs pencarian kerja atau menawarkan langsung pada orang-orang terdekat. Biasanya fasilitas dan kesempatan kerja seperti ini jauh lebih banyak dan mudah dijangkau di negara-negara maju. Selain itu upah yang diberikan juga cukup memuaskan.

EP 14 2 - Ide Kerja Sampingan untuk TKI, Bisa Menambah Pendapatan

Membuka Jasa Penerjemahan

Kemampuan menguasai dua bahasa juga bisa dimanfaatkan untuk pekerjaan penerjemah. Anda bisa membuka jasa penerjemahan dari bahasa negara tersebut ke bahasa Indonesia atau sebaliknya. Pekerjaan ini pun tidak membutuhkan banyak modal. Cukup memanfaatkan komputer atau perangkat elektronik lainnya serta jaringan internet. Anda bisa mencari orang-orang yang membutuhkan jasa Anda melalui situs freelance atau grup-grup khusus pencari penerjemah. Atau bisa juga langsung mengiklankan diri dan menawarkan kepada orang-orang terdekat.

Menerima Jasa Mengetik

Jika menjadi pengajar atau penerjemah masih cukup sulit dilakukan, Anda bisa menawarkan jasa mengetik naskah. Kemampuan mengetik adalah kemampuan dasar yang hampir semua orang bisa lakukan. Tawaran kerja untuk bagian ini biasanya cukup banyak, karena mengetik biasanya menghabiskan banyak waktu dan perusahaan lebih fokus kepada hal yang penting, maka mereka biasanya menawarkan pekerjaan ini kepada pekerja paruh waktu. Anda juga bisa menawarkan jasa Anda kepada pelajar atau mahasiswa. Namun tentu saja tarif yang ditawarkan harus disesuaikan dengan kemampuan mereka.

Memanfaatkan Kemampuan

Manfaatkan apapun kemampuan Anda, baik kemampuan bahasa, menggambar, menulis, musik, berbicara, bersih-bersih dan lain sebagainya untuk dijadikan pendapatan tambahan. Negara-negara maju biasanya mempunyai lebih banyak informasi dan peluang untuk pekerjaan paruh waktu. Tinggal memanfaatkan informasi yang disediakan sebaik mungkin, maka kesempatan terbuka lebar untuk Anda.

Menambah Jam Kerja di Weekend

Jika tidak ingin mencari pekerjaan baru di luar, Anda pun masih berkesempatan menambah pendapatan. Caranya adalah dengan meminta tetap bekerja di akhir minggu di tempat Anda bekerja saat ini. Upah menjadi TKI biasanya dibayarkan untuk 5-6 hari kerja tergantung kesepakatan di awal. Sehingga pekerjaan di akhir minggu akan mendapatkan bayaran yang berbeda lagi dari gaji Anda yang seharusnya. Selain itu Anda masih berada di lingkungan dan jobdesk yang familiar sehingga lebih nyaman dalam bekerja.

EP 14 3 - Ide Kerja Sampingan untuk TKI, Bisa Menambah Pendapatan

Selain mencari kerja sampingan, salah satu hal yang perlu dilakukan agar pendapatan Anda bisa mencukupi adalah dengan mengatur keuangan dengan baik. Lakukan pembagian yang tepat untuk setiap kebutuhan dan tabungan. Dahulukan bayar tagihan dan kirim kebutuhan keluarga di awal bulan agar uang tidak terpakai untuk hal yang tidak berguna yang justru menambah utang. Untuk mempermudah pengerjaan dua hal tadi bisa menggunakan aplikasi Qelola. Qelola merupakan aplikasi transfer uang luar negeri yang juga berikan Anda fasilitas multi-payment billing demi kemudahan membayar berbagai tagihan. Segera download aplkasinya dan rasakan kemudahannya.

Tags: , , , , , , , , , ,