Strategi Pemasaran Bisnis Rumahan untuk Sampingan TKI, Ini Tipsnya!

strategi pemasaran

Bisnis rumahan merupakan salah satu pilihan yang banyak diambil oleh pemula yang ingin membuka usaha dengan modal yang kecil. Bisnis rumahan dapat membantu Anda meningkatkan pendapatan karena bersifat fleksibel. Khusus bagi TKI di luar negeri, bisnis rumahan ini akan menguntungkan di samping melakoni pekerjaan utama di sektor formal maupun domestik. Salah satu kunci mencapai kesuksesan bisnis yaitu strategi pemasaran. 

Segala ide, pelayanan, produk yang Anda miliki perlu dipasarkan agar dikenal dan dibeli oleh konsumen. Oleh karena itu, pemasaran menjadi hal yang sangat penting pada bisnis rumahan. Pokok dari pemasaran adalah menyebarluaskan informasi tentang bisnis Anda dan menemukan konsumen yang potensial. Berikut beberapa strategi marketing tepat yang dapat Anda terapkan untuk bisnis Anda.

1. Manfaatkan Fitur Online Media Cetak

Anda bisa memasarkan produk/jasa yang dimiliki melalui media cetak seperti koran dan majalah. Apalagi di era digital ini media cetak telah didukung oleh fitur online. Dengan begitu Anda bisa menautkan link website atau akun social media untuk menjangkau calon pelanggan dengan lebih banyak dan mudah.

2. Menyebarkan dan Memasang Brosur atau Pamflet

Biasanya target pemasaran bisnis rumah dimulai dari sekitar lingkungan tempat tinggal. Membuat brosur atau pamflet dan menyebarkannya dirasa menjadi salah satu strategi pemasaran yang tepat dan efektif. Anda juga dapat memasang pamflet di lokasi strategis yang mudah dilihat orang dan ramai. Semakin banyak yang melihat brosur dan pamflet Anda maka peluang bisnis Anda semakin dikenal. Anda juga bisa memasang banner di beberapa titik yang strategis untuk meningkatkan pelanggan. 

3. Promosi Bisnis Melalui Konten Social Media

cek kk online 3 - Strategi Pemasaran Bisnis Rumahan untuk Sampingan TKI, Ini Tipsnya!

Manfaatkan social media yang Anda miliki untuk memasarkan dan mengenalkan bisnis Anda. Di era digital seperti sekarang, social media berperan besar untuk memasarkan sebuah produk/jasa. Jangkauan pasar yang diinginkan pun dapat Anda atur sesuai kebutuhan. Fitur promosi baik gratis maupun berbayar terdapat di beberapa social media seperti Facebook, Twitter, Instagram, Linkedin, YouTube. Tentu promosi gratis akan mengurangi biaya pemasaran. Promosi berbayar bisa Anda sesuaikan dengan budget yang Anda miliki dan hasilnya relatif akan lebih baik dibanding dengan promosi gratis. Persiapkan content yang menarik dan bagus sebelum mempromosikan bisnis di social media..

4. Bangun Relasi Bisnis pada Forum-Forum Pengusaha

Sekarang banyak sekali forum dan grup online yang dibuat oleh para pengusaha. Tak ada salahnya bergabung dan Anda dapat melakukan sharing ataupun kerjasama bisnis. Relasi dan pengetahuan tentang bisnis akan Anda peroleh dan sangat bermanfaat untuk kelangsungan bisnis Anda.

Baca Juga: 6 Manfaat Pembayaran Non Tunai, Banyak Untung!

5. Mengikuti Pameran atau Bazar

Strategi pemasaran selanjutnya yang dapat dilakukan untuk mengenalkan produk adalah dengan mengikuti pameran atau bazar. Acara pameran umumnya diadakan untuk memperingati momen tertentu atau memang khusus diadakan untuk mewadahi pelaku bisnis rumahan. Hasilnya dengan ikut pameran, bisnis Anda dapat dipamerkan dan dikenal luas oleh pengunjung pameran.

6. Minta Testimoni Pelanggan

Testimoni dari pelanggan merupakan salah satu bentuk strategi marketing. Berikan pelayanan yang baik dan memuaskan kepada pelanggan. Minta testimoni pembelian dari pelanggan semakin memberikan kepercayaan kepada calon pelanggan lainnya untuk menggunakan produk Anda.

7. Berikan Kartu Nama pada Calon Pelanggan

Gunakan kartu nama untuk memasarkan bisnis Anda. Dengan kartu nama, calon pelanggan atau bahkan investor akan mudah menghubungi Anda suatu saat. Usahakan miliki kartu nama dan berikan kepada calon pelanggan potensial di berbagai momen yang memungkinkan.

8. Buat Iklan pada Website atau Blog

Untitled design 2020 06 11T153105.587 - Strategi Pemasaran Bisnis Rumahan untuk Sampingan TKI, Ini Tipsnya!

Salah satu media memasang iklan yang bisa Anda gunakan adalah melalui website atau blog. Tak perlu bingung mencari lapak berjualan, website dan blog dapat menjadi toko online Anda. Sajikan informasi secara jelas, detail, dan menarik pembaca. Kelola website dengan baik dan terorganisir. Selain website milik sendiri, Anda juga bisa memanfaatkan marketplace untuk memasarkan produk Anda secara gratis seperi Shopee, Tokopedia, Bukalapak, Lazada, dan sebagainya. Anda cukup mendaftarkan diri dan membuat akun. Mudah bukan?

Dari uraian strategi pemasaran di atas, kemasan produk juga harus Anda perhatikan untuk mendapat kepuasan pelanggan. Mempunyai bisnis rumahan hingga sukses tentu saja menjadi impian banyak orang. Terlebih lagi jika bisnis rumahan yang Anda geluti merupakan pekerjaan sampingan Anda sebagai TKI di luar negeri, Anda perlu melakukan perencanaan dan pengelolaan keuangan dengan baik dan benar. Tenang saja, aplikasi Qelola memiliki fitur fund manager untuk mengatur keuangan Anda hanya melalui smartphone. Berbagai transaksi pembayaran online dan kirim uang ke Indonesia juga bisa dilakukan menggunakan aplikasi Qelola. Unduh dan install aplikasi Qelola melalui smartphone Anda sekarang juga! Lakukan pendaftaran dan pengaktifan akun Qelola untuk melakukan pembayaran secara aman. Ajak juga teman-teman dan relasi bisnis Anda menggunakan aplikasi Qelola agar bisa saling bertansaksi sesama pengguna Qelola. Dapatkan informasi lebih lengkap di sini.

Tags: , , , , , , , , , , , ,