Harus Coba! 12 Minuman Khas Malaysia yang Menyegarkan

minuman khas malaysia

Lelah berkeliling menikmati berbagai tempat wisata? Ini saatnya untuk istirahat sejenak dan melepas dahaga. Di berbagai pusat wisata di Malaysia, biasanya banyak stan-stan dengan berbagai jenis jajanan dan minuman. Sebelum melanjutkan perjalanan, tidak ada salahnya untuk mencoba beberapa pilihan menunya. Dan yang tidak boleh dilewatkan adalah minuman khas Malaysia. Negeri Jiran ini mempunyai banyak sekali varian minuman khasnya. Minuman khas Malaysia ini juga mempunyai beragam rasa, mulai dari manis, asam, asin hingga perpaduan ketiganya. Tidak hanya menyegarkan tetapi juga cocok dipadukan dengan berbagai makanan ataupun jajanan. Apa saja minuman khas Malaysia yang harus dicoba? Berikut rekomendasinya.

Baca Juga: Harus Coba! Menu Makanan Unik Khas Malaysia

Ep 25 1 - Harus Coba! 12 Minuman Khas Malaysia yang Menyegarkan

1. Air Mata Kucing

Tenang tenang! Ini bukan air mata kucing sungguhan yang ditampung untuk diminum. Namun ini adalah sebutan untuk minuman yang terbuat dari buah lengkeng. Di Malaysia buah lengkeng memang sering disebut sebagai buah ‘mata kucing’. Tidak heran jika penamaan minuman ini juga akan begitu. Air mata kucing dibuat dari buah lengkeng, buah kundur, buah Lo Han Kuo, dan perasan jeruk nipis. Membayangkan perpaduannya saja sudah sangat menyegarkan, bukan? Apalagi jika ditambah dengan es batu yang akan sangat mengobati dahaga Anda.

2. Teh Tarik

Satu lagi minuman khas Malaysia dengan nama yang cukup unik, teh tarik. Untuk minuman ini, penamaannya memang benar-benar sesuai dengan proses pembuatannya yakni dengan ditarik. Minuman ini terbuat dari campuran teh dan susu yang dicampur dengan memindahkan dari satu gelas ke gelas lain dalam jarak yang jauh sehingga terlihat seperti ditarik.

3. Pak Ko Pi

Sebagai salah satu ikon kuliner Malaysia, Ipoh, mempunyai minuman andalannya yakni Pak Ko Pi. Pak Ko Pi berasal dari bahasa Kanton yang berarti kopi putih. Eits, bukan warna kopinya berubah menjadi putih bersih ya. Putih di sini dimaksudkan untuk kopi yang diproses tanpa bahan tambahan. Sehingga ketika Anda mencicipinya beragam lapisan rasa dalam kopi akan terasa kental dan aromatik.

EP 25 4 - Harus Coba! 12 Minuman Khas Malaysia yang Menyegarkan

4. ABC

Ini bukan merk sirup yang iklannya sering Anda lihat ketika bulan Ramadhan. ABC di Malaysia merupakan singkatan dari air batu campur. Sebenarnya konsep minuman ini sama saja dengan es campur yang ada di Indonesia. Namun yang membuat ABC berbeda adalah karena menggunakan bahan-bahan yang jarang ada di es campur Indonesia. ABC biasanya menggunakan kacang merah khas Jepang, buah lengkeng, buah atap, dan agar-agar. Kemudian dicampur dengan es serut yang disiram dengan sirup yang manis.

5. Pop The Soda

Pop The Soda adalah minuman soda paling legendaris di Malaysia. Ini tidak mengherankan karena Pop The Soda sudah ada sejak tahun 1957 dan masih bertahan sampai sekarang. Yang membuat soda ini unik dan bisa diterima oleh siapa saja karena kadar rasa manis dan sodanya yang lebih sedikit. Selain itu Anda juga dapat menikmati Pop The Soda dalam berbagai varian rasa yang jarang ditemukan seperti manggis, nanas, pisang, durian belanda, dan leci.

6. Ais Tembikai

Tembikai adalah semangka dalam bahasa Melayu. Maka jika dikatakan ais tembikai maka yang dimaksud adalah es semangka. Semangka merah merekah diolah sedemikian rupa menjadi minuman yang sangat menyegarkan. Ais tembikai cocok sekali jika dijadikan pelepas dahaga setelah lelah berkeliling selama liburan.

EP 25 2 - Harus Coba! 12 Minuman Khas Malaysia yang Menyegarkan

7. Ais Asam Boi Campur Kedondong dan Jambu

Minuman dengan perpaduan buah-buahan memang tidak pernah gagal untuk menyegarkan tenggorokan. Itulah yang terjadi jika Anda menikmati ais asam boi yang dipadukan dengan kedondong dan jambu. Asam manis buah kedondong dan jambu yang dicampur dengan asam kiamboi yang bercita rasa asin akan membuat minuman ini mempunyai rasa yang unik sekaligus enak juga menyegarkan.

8. Ais Kepal Milo

Anda mungkin sudah tidak asing dengan minuman ini. Ais kepal milo memang sempat populer di Indonesia. Namun tahukah Anda bahwa minuman ini sebenarnya berasal dari Malaysia? Walaupun sudah pernah mencoba di Indonesia, Anda tidak boleh melewatkan ais kepal milo ketika berlibur ke Malaysia. Karena rasa yang disajikan pasti lebih otentik.

9. Air Kelapa Bakar

Kalau sudah pernah mencoba air kelapa segar, maka ini saatnya mencoba air kelapa bakar. Air kelapa ini akan memberikan sensasi yang berbeda, karena kelapa yang digunakan dibakar terlebih dahulu hingga airnya mendidih. Setelah itu didinginkan dan ditambahkan beberapa rempah seperti kayu manis, cengkeh, kunyit dan lain sebagainya.

EP 25 5 - Harus Coba! 12 Minuman Khas Malaysia yang Menyegarkan

10. Kit Chai Ping

Ada satu minuman yang tidak boleh terlewat ketika Anda berkunjung ke Sabah. Minuman yang terbuat dari limau kalamasi, sirup gula, air, dan Ham Moi (Prem Cina dengan citarasa asam asin) ini diberi nama Kit Chai Ping. Kit Chai Ping mempunyai rasa yang asam, asin, serta manis yang cocok sekali dinikmati di hari yang panas.

11. Teh C Peng

Dari Sabah langsung beralih ke Sarawak. Negara bagian Malaysia yang berada di Pulau Kalimantan ini mempunyai minuman khas yang diberi nama Teh C Peng. Teh C Peng juga disebut dengan teh tiga lapis. Ini karena dalam satu gelas ada berbagai bahan yang dibuat berlapis-lapis. Lapisan bawah diisi oleh gula aren cair, diikuti susu kental manis di lapisan tengah dan teh hitam di lapisan paling atas. Percampuran tiga bahan ini akan menghasilkan rasa teh yang legit.

12. Leng Chee Kang

Ley Chee Kang merupakan minuman khas yang berasal dari resep turunan Tionghoa. Minuman pelepas dahaga mempunyai isian yang cukup banyak. Mulai dari buah lengkeng yang ditemukan hampir di berbagai minuman khas Malaysia, kacang walnut, leci, kismis, nata de coco, dan selasih. Selain ditemukan di berbagai tempat di Malaysia, Ley Chee Kang juga menjadi minuman yang paling banyak ditemukan di beragai perayaan dan festival Tionghoa.

EP 25 3 - Harus Coba! 12 Minuman Khas Malaysia yang Menyegarkan

Sangat menarik dan menyegarkan, bukan? Berbagai jenis minuman khas ini banyak dijajakan di manapun di Malaysia, jadi tidak sulit untuk menemuinya. Yang menjadi sulit jika Anda kekurangan uang untuk membayarnya. Tetapi jangan khawatir, karena sekarang transfer uang dari Indonesia ke Malaysia dan sebaliknya jauh lebih mudah dengan Qelola. Selain itu, Anda tidak perlu repot untuk menghitung konversinya karena Qelola yang akan melakukannya untuk Anda. Qelola akan otomatis mengkonversi setiap rupiah yang Anda transfer menjadi ringgit Malaysia. Jadi tunggu apalagi? Download di sini sekarang!

 

Tags: , , , , , ,