Harus Coba! Menu Makanan Unik Khas Malaysia

EP 14 scaled - Harus Coba! Menu Makanan Unik Khas Malaysia

Mengunjungi suatu tempat, tidak lengkap rasanya jika tidak merasakan kelezatan kuliner khasnya. Beragam menu makanan dengan bumbu yang berbeda dari apa yang ada di negara kita mempunyai tantangan sekaligus keseruan sendiri saat menyantapnya. Bagaimana menu makanan tersebut memberikan rasa yang aneh yang tidak pernah ditemui, menyuguhkan kelezatan yang tidak dirasakan sebelumnya atau malah mengecewakan karena biasa saja. Bahkan ketika Anda berkunjung ke Malaysia, yang notabene mempunyai rasa yang hampir sama, mencoba berbagai menu makanan khasnya adalah hal yang harus dilakukan. Agar tidak bosan dengan rasa dan bentuk yang sama, Anda juga bisa mencoba berbagai menu masakan uniknya. Mau tahu apa saja rekomendasi menu masakan unik khas Malaysia? Berikut penjelasannya.

Nasi Kerabu

EP 14 1 - Harus Coba! Menu Makanan Unik Khas Malaysia

Sumber: http://www.geocities.ws/

Kuliner ini menempati urutan pertama kuliner unik karena tampilannya yang berbeda dari biasanya. Anda pasti sudah biasa melihat nasi berwarna putih atau coklat ketika habis digoreng. Tapi, pernahkah Anda menjumai dan mencicipi nasi yang berwarna biru? Jika belum, maka kuliner ini salah satu yang patut dicoba. Nasi kerabu namanya, ikon kuliner khas Malaysia ini mendapatkan warna biru cantiknya dari kelopak kembang telang. Kerabu sendiri mempunyai arti campuran daun-daun mentah. Nama itu disematkan karena selain kembang telang, nasi ini juga dicampur dengan rempah lain seperti kecombrang, kunyit, dan kencur untuk memberikan aroma yang wangi. Nasi kerabu biasanya disantap berasama ikan kering, ayam goreng, telur asin, kerupuk, ayam bakar, dan berbagai jenis sayuran. Namun kini akan sulit mendapatkan nasi kerabu berwarna biru karena sulitnya menemukan pewarna alaminya. Sehingga nasinya diganti dengan nasi putih biasa, nasi kuning, atau nasi hitam.

Burger Bakar

EP 14 3 1 - Harus Coba! Menu Makanan Unik Khas Malaysia

Sumber: http://tmksktp5.blogspot.com/

Anda pasti sudah sering menikmati hidangan burger. Kuliner khas Eropa yang saat ini sudah bisa ditemukan di mana-mana termasuk di Indonesia. Burger yang Anda nikmati sebelumnya biasanya dimasak dengan wajan rata yang diberi margarin. Namun, bagaimana dengan burger bakar? Seperti namanya, daging burger ini dibuat dengan cara dibakar dan tidak dimasak di atas wajan rata. Proses pembakaran ini yang menimbulkan aroma smoky yang membuatnya semakin istimewa. Dan di Malaysia Anda bisa menemukan burger bakar di banyak tempat.

Cekodok

EP 14 2 - Harus Coba! Menu Makanan Unik Khas Malaysia

Sumber: https://www.makanan.club/

Mendengar namanya, mungkin Anda akan teringat dengan hewan amfibi licin yang gemar melompat itu. tetapi tenang saja, Anda tidak disuruh untuk menikmati hewan itu. Cekodok yang sebenarnya adalah gorengan khas Malaysia. Namun bedanya adalah dari penggunaan bahan. Jika gorengan yang dijajakan di Indonesia biasanya sangat sedikit gizinya, maka berbeda dengan cekodok Malaysia. cekodok menggunakan bahan-bahan kaya gizi, seperti pisang, ikan, udang, labu, dan masih banyak lagi.

Chee Cheong Fun

EP 13 3 1 - Harus Coba! Menu Makanan Unik Khas Malaysia

Sumber: https://eatwhattonight.com/

Apa yang membuat makanan ini unik adalah bentuknya yang mirip seperti usus babi. Oleh karena itu banyak yang menyebut masakan ini sebagai mie usus babi. Padahal tidak ada unsur babi dalam pembuatannya. Orang sering beranggapan bahwa makanan khas Tioghoa mengandung berbagai macam unsur babi. Akan tetapi, walaupun kuliner ini merupakan makanan khas Tionghoa, mie yang dibentuk seperti usus tersebut hanya diisi bahan-bahan seperti udang, daging sapi, sayuran dan lainnya.

Kek Lapis Sarawak

EP 14 4 1 - Harus Coba! Menu Makanan Unik Khas Malaysia

Sumber: https://www.pinterest.com/

Layaknya di Indonesia, kuliner Malaysia juga mempunyai kue lapis sebagai hidangan andalan. Namun yang membuat unik kue lapis ini karena tumpukan warna-warninya yang sangat berseni. Para pembuatnya biasa memberikan motif-motif cantik yang menarik hati. Tentu saja kek lapis sarawak ini tidak dibuat oleh sembarang orang karena butuh kesabaran tinggi dan ketelatenan dalam prosesnya.

Manok Pansoh

EP 14 5 - Harus Coba! Menu Makanan Unik Khas Malaysia

Sumber: https://twitter.com/tourismmalaysia/

Manok Pansoh adalah masakan berbahan dasar ayam yang dimasak dengan berbagai bumbu. Yang membuatnya unik adalah media memasaknya yang menggunakan bambu. Sebelum memasukkan ayam ke dalam bambu, bambu dibersihkan dahulu dan dilapisi dengan daun pisang. Saat dibakar, permukaan bambu ditutup dengan daun ubi kayu untuk menahan uap panas agar tidak keluar. Melihat cara masaknya yang serba berbahan alami, Anda pasti bisa membayangkan bagaimana wanginya manok pansoh ketika dinikmati, bukan?

Umai

EP 14 6 1 - Harus Coba! Menu Makanan Unik Khas Malaysia

Sumber: https://saji.my/

Umai merupakan sasimi dalam versi tradisional Malaysia. Umai adalah  hidangan yang menyajian ikan mentah untuk dinikmati. Untuk membuat umai, tentu saja ikan yang dipilih haruslah ikan yang segar. Tidak semua jenis ikan bisa dibuat umai. Biasanya penduduk Malaysia memilih ikan terubuk, parang, bawal putih, bawal hitam, atau udang. Setelah itu, ikan-ikan ini akan direndam di dalam perasan jeruk kasturi untuk menghilangkan bau amisnya. Setelah direndam ikan langsung dibaluri bumbu yang terbuat dari campuran bawang merah, bawang putih, cabai, garam, dan bumbu penyedap.

Itu tadi beberapa kuliner unik khas Malaysia yang sayang sekali jika dilewatkan. Kuliner ini banyak ditemukan di manapun di Malaysia, jadi tidak sulit untuk menemuinya. Yang menjadi sulit jika Anda kekurangan uang untuk membayarnya. Tetapi jangan khawatir, karena sekarang transfer uang dari Indonesia ke Malaysia dan sebaliknya jauh lebih mudah dengan Qelola. Selain itu, Anda tidak perlu repot untuk menghitung konversinya karena Qelola yang akan melakukannya untuk Anda. Qelola akan otomatis mengkonversi setiap rupiah yang Anda transfer menjadi ringgit Malaysia. Jadi tunggu apalagi? Download di sini sekarang!

 

Tags: , , , , , , , , ,