Kunjungi Beragam Wisata Religi di Malaysia Penuh Kedamaian

wisata religi

Berkunjung ke Malaysia, tak lupa lakukan wisata religi yang menenangkan hati. Malaysia dikenal sebagai negara dengan keragaman budaya dan agama yang berbeda. Banyak tempat ibadah di Malaysia dijadikan destinasi favorit bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Tentunya ketika mengunjungi tempat ibadah tetap harus menjaga kesopanan dan menghormati. 

1. Masjid Nasional Kuala Lumpur

Masjid Nasional adalah ikon kemerdekaan Malaysia. Lokasinya berada di Jalan Perdana, Tasik Perdana, 50480 Kuala Lumpur, Wilayah Persekutuan Kuala Lumpur, Malaysia. Desain arsitekturnya kini menjadi lebih modern dan berkarakter sejak renovasi total pada 1987. Beberapa air mancur dan kolam dengan gemericik air dapat ditemukan di dalam kompleks masjid. Dengan kapasitas total 15.000 orang, Masjid Nasional kini telah mengambil alih peran Masjid Jamek sebagai masjid utama di Kuala Lumpur.

2. Batu Caves, Wisata Alam dan Religi

batu caves malaysia - Kunjungi Beragam Wisata Religi di Malaysia Penuh Kedamaian

Sumber: www.thepoortraveler.net

Batu Caves berlokasi relatif dekat 15 kilometer dari Kuala Lumpur tepatnya di Jalan Batu Caves, off MRR2, 68100 Batu Caves, Selangor, Malaysia. Wisata ini merupakan gabungan antara wisata alam dan wisata religi. Di tempat ini Anda dapat menikmati pemandangan alam Batu Caves, bangunan kuil agama Hindu serta galeri seni yang berada di salah satu gua. Sampai di depan Batu Caves, para turis disambut oleh salah satu icon patung Malaysia, Dewa Muragan, setinggi 42 meter. 

Keunikan yang terdapat di kawasan ini, yaitu terdapat kurang lebih 272 anak tangga yang sengaja dibuat untuk memudahkan akses menuju kuil. Beberapa gua yang dapat Anda kunjungi di antaranya adalah Gua Kuil, Gua Seni, Gua Ramayana, dan Gua Museum. Anda juga dapat melihat aktivitas secara langsung salah satu hewan primata, yaitu monyet. Sebagai wisata religi, ribuan umat Hindu setiap tahun di akhir bulan Januari datang untuk merayakan Festival Thaipusam. Anda dapat mengunjungi lokasi wisata Malaysia terkenal ini setiap harinya pukul 06.00-21.00 waktu setempat.

3. Masjid Sultan Abu Bakar

Masjid Abu Bakar merupakan masjid paling terkenal di Johor Malaysia dengan segala kemegahan, keindahan, dan sejarah yang terkandung di dalamnya. Pembangunan masjid ini menandai dimulainya proses modernisasi Johor tahun 1892 yang diperintahkan oleh Sultan Abu Bakar, “Bapak Johor Modern”. Masjid ini dapat menampung hingga 2.000 orang jamaah. Masjid ini dibangun dengan campuran gaya arsitektur Victoria. Banyak orang yang mengatakan menara masjid ini menyerupai menara gereja atau menara pengawas di Inggris.

Lokasi wisata di Johor Bahru ini berada di sudut jalan dengan posisi lebih tinggi menghadap pantai dan dihiasi dengan beberapa pohon rindang dan taman bunga yang cantik. Masjid ini terbuka sepanjang hari dan pengunjung tidak dipungut biaya untuk memasuki masjid bersejarah ini.

4. Kuil Kaca Arulmigu Sri Rajakaliamman

Untitled design 2020 06 09T235836.284 - Kunjungi Beragam Wisata Religi di Malaysia Penuh Kedamaian

Sumber: travel.detik.com

Rumah ibadah umat Hindu paling mengkilap di Malaysia ini terletak di Kota Johor Bahru, tepatnya di perbatasan antara Malaysia dan Singapura. Mengapa mengkilap? Karena hampir seluruh bagian bangunan berlapis kaca yang berwarna putih, merah, biru, kuning, hijau, dan ungu. Masing-masing warna berjumlah sekitar 300.000 potong kaca. Di langit-langit ruang utama menggantung lampu kristal yang memberikan nuansa mewah. Cahaya lampu kristal tampak sangat indah karena terpancar hampir ke seluruh sudut ruangan. Tempat wisata religi ini terbuka sepanjang minggu. Biaya masuk untuk warga lokal tidak dikenakan alias gratis. Namun pengunjung luar negeri dikenakan tiket RM10.

5. Melaka Straits Mosque (Masjid Selat Malaka)

Untitled design 2020 06 09T234422.637 - Kunjungi Beragam Wisata Religi di Malaysia Penuh Kedamaian

Sumber: goodfon.com

Masjid ini memiliki keunikan tersendiri karena terapung di salah satu kawasan pulau komersial di bagian Selat Malaka. Siapapun dapat mengunjungi ikon Kota Melaka ini dengan syarat memakai pakaian tertutup dari badan hingga kaki. Pada saat senja, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan matahari terbenam yang menakjubkan. Jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan setiap momen di tempat ini dalam foto.

Baca Juga: Ketahui 7 Tempat Belanja Terbaik di Malaysia

6. St. Paul Hill and Church Melaka

St. Paul Church merupakan gereja bersejarah yang selesai dibangun pada tahun 1521. Gereja ini dikenal sebagai gereja tertua di Asia Tenggara. Sayangnya, St. Paul Church kini hanya tinggal reruntuhan akibat mengalami kebakaran pada tahun 1824 ketika dialihfungsikan sebagai pabrik bubuk mesin.

Meskipun tinggal reruntuhan, Anda tetap wajib mengunjungi gereja ini karena dari sekitar area gereja, Anda bisa menyaksikan pemandangan seluruh kota tua Melaka. Untuk mencapai gereja ini, Anda harus menaiki anak tangga karena letaknya berada di atas bukit. Di sekitar gereja juga ditemukan banyak batu-batu nisan berukuran besar yang bertuliskan bahasa Belanda dan Portugis. 

7. Christ Church Melaka

christ church melaka2 e1590596746825 - Kunjungi Beragam Wisata Religi di Malaysia Penuh Kedamaian

Sumber : malaysia.panduanwisata.id

Gereja ini dibangun oleh Belanda dan berdiri sejak tahun 1753 dan masih kokoh berdiri hingga sekarang. Awalnya gereja ini digunakan oleh para jemaat Kristen protestan Belanda, dan dialihkan menjadi Gereja Anglikan oleh jemaat Inggris saat masa kolonial Inggris. Pengunjung dapat masuk ke gereja tanpa dipungut biaya alias gratis. Di dalam gereja tampak deretan batu nisan, baik bertuliskan bahasa Belanda maupun Inggris.

8. Masjid Agung Kuching

Kultur di Malaysia hampir mirip dengan Indonesia, termasuk sebagian besar penduduknya pemeluk agama Islam. Anda tidak akan kesulitan ketika mencari masjid di kota ini. Masjid Agung Kuching bisa menjadi pilihan tepat untuk berwisata religi. Masjid ini sudah lama berdiri sejak tahun 1852. Meski menjadi salah satu masjid tertua, Masjid Agung Kuching memiliki keistimewaan. Tempat ibadah ini memiliki luas sekitar 4 hektar dengan daya tampung hingga 4.000 orang jamaah. Di halaman masjid, Anda akan menjumpai lokasi pekuburan lama masyarakat di Kampong Air dengan ribuan nisan kuno yang tersebar, Apabila Anda berjalan ke bagian belakang masjid, Anda dapat langsung melihat pemandangan Sungai Sarawak.

9. Mengunjungi Chin Swee Temple

genting highland malaysia 2 - Kunjungi Beragam Wisata Religi di Malaysia Penuh Kedamaian

Sumber: commons.wikimedia.org

Setengah perjalanan antara Genting Highlands Premium Outlets dan SkyAvenue, Anda bisa datang ke Kuil Chin Swee yang mencuri perhatian dengan pagoda 9 tingkat di atas bukit. Kuil ini didirikan oleh Lim Ooh Teng, pendiri Genting Highlands, sebagai penghormatan terhadap Chin Swee seorang pendeta Buddha yang dianutnya.

Rekomendasi tempat wisata religi di Malaysia di atas bisa Anda kunjungi saat berada di Malaysia. Untuk kemudahan mengelola keuangan selama berlibur di Malaysia, percayakan aplikasi Qelola. Qelola merupakan dompet elektronik (e-wallet) yang menyediakan fitur transaksi pembayaran tagihan dan transfer uang ke Indonesia. Nikmati keseruan wisata anak di Malaysia tanpa pusing memikirkan masalah keuangan. Unduh dan install aplikasi Qelola melalui smartphone Anda sekarang juga! Lakukan pendaftaran dan pengaktifan akun Qelola untuk menikmati berbagai layanan keuangan. Dapatkan informasi lebih lengkap di sini.

Tags: , , , , , , , , , , ,