Jangan Bingung! Begini Cara Mudah dan Aman Transfer Uang Lewat ATM

cara transfer uang lewat atm

Seberapa sering Anda melakukan transfer uang? Sebenarnya ada banyak cara transfer uang yang bisa dipilih. Namun yang paling sering adalah transfer uang lewat ATM. Meskipun paling sering digunakan, namun nyatanya masih ada sebagian orang yang belum mengerti cara transfer uang lewat ATM yang benar. Transfer uang lewat ATM harus mengikuti aturan untuk mencegah kartu ATM terblokir. Atau yang lebih parah, jika Anda tidak hati-hati Anda bisa menjadi korban penipuan. Berikut ini adalah cara mudah transfer uang lewat ATM beserta tips aman yang bisa Anda terapkan. 

Baca Juga: Tinggalkan Cara Kuno, Pahami Sistem Pembayaran Masa Kini!

Panduan Transfer Uang Lewat ATM

cara transfer uang lewat atm 1 - Jangan Bingung! Begini Cara Mudah dan Aman Transfer Uang Lewat ATM

Setidaknya ada 8 poin utama yang Anda perlu perhatikan sebagai bagian dari cara transfer uang lewat ATM:

  1. Pertama, masukkan kartu ATM ke slot mesin ATM. Pastikan Anda memasukkannya sesuai arah panah yang terdapat pada kartu.
  2. Setelah memasukkan kartu ATM, maka Anda akan diminta untuk memasukkan sebanyak 6 digit nomor PIN. Pastikan Anda memasukkan nomor dengan hati-hati. Jangan sampai ada salah angka, karena jika Anda salah tiga kali berturut-turut maka akan membuat kartu Anda terblokir.
  3. Kemudian, setelah memasukkan nomor PIN dengan benar maka layar akan menampilkan beberapa pilihan transaksi. Karena Anda ingin melakukan transfer, maka pilih menu “Transfer“.
  4. Pada menu transfer tersebut, Anda akan diberikan dua pilihan yaitu transfer ke sesama bank atau transfer ke bank lain. Pilih menu “Transfer sesama bank” jika tujuan rekening memiliki bank yang sama dengan Anda, kemudian masukkan nomor rekening, lalu pilih “Benar“. Sedangkan menu “Transfer antar bank” Anda pilih apabila tujuan rekening merupakan bank yang berbeda dengan Anda. Lalu masukkan kode bank terkait dan nomor rekening tujuan, lalu pilih “Benar“.
  5. Selanjutnya adalah memasukkan nominal uang yang akan Anda kirimkan. Pastikan angka yang Anda masukkan sudah benar sehingga Anda bisa melanjutkan ke tahap selanjutnya.
  6. Setelah Anda berhasil memasukkan nomor rekening dan jumlah uang yang akan ditransfer, maka layar akan menampilkan nama pemilik rekening, nomor rekening, serta nominal yang akan dikirimkan. Pilih “Benar“, jika semua data informasi telah sesuai. Atau pilih “Salah” jika Anda ingin melakukan koreksi.
  7. Setelah transfer berhasil diproses, maka layar akan memunculkan tulisan “Transaksi Berhasil Diproses” disertai dengan pilihan apakah Anda mau melanjutkan transaksi lain atau tidak. Pilih “Ya” jika Anda ingin melanjutkan atau pilih “Tidak” jika Anda ingin menyudahi.
  8. Yang terakhir, apabila transaksi sudah selesai Anda lakukan, maka mesin ATM akan mengeluarkan bukti transaksi. Ambil bukti transaksi tersebut dan jangan lupa untuk mengambil kartu ATM sebelum meninggalkan mesin ATM.

Cara Aman Transfer Uang Lewat ATM

cara transfer uang lewat atm 2 - Jangan Bingung! Begini Cara Mudah dan Aman Transfer Uang Lewat ATM

Meskipun aman, namun Anda tetap harus selalu berhati-hati setiap akan melakukan transfer uang lewat ATM. Phami tips-tips berikut ini:

  1. Masukkan kartu ATM secara hati-hati, dan pastikan tidak ada ganjalan maupun tambahan alat. Tujuannya adalah untuk menghindari risiko adanya skimming.
  2. Jagalah kerahasiaan nomor PIN Anda. Penting untuk menutupi area keypad saat Anda memasukkan nomor PIN. Tujuannya adalah untuk mencegah pelaku tindak kejahatan yang memantau Anda. Pastikan juga tidak ada benda kecil yang mungkin saja merupakan kamera tersembunyi yang ada di sekitar ATM.
  3. Pilihlah lokasi ATM yang dijaga oleh petugas keamanan dan tidak terlalu sepi. Hal ini berguna untuk mencegah tindak kejahatan yang bisa terjadi kapan dan di mana saja.
  4. Jangan sampai Anda lupa meninggalkan kartu ATM di mesin ATM, karena hal tersebut bisa disalahgunakan oleh orang lain.
  5. Ganti PIN Anda secara berkala. Mengganti PIN secara berkala akan membantu Anda untuk lebih menjaga keamanan dan menghindari risiko pembobolan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Anda bisa mengganti PIN setiap satu atau dua bulan sekali dengan membuat kombinasi yang susah ditebak. 

Cara Mudah Transfer Uang ke Luar Negeri

cara transfer uang lewat atm 3 - Jangan Bingung! Begini Cara Mudah dan Aman Transfer Uang Lewat ATM

Selain melalui bank atau ATM, ada cara transfer uang ke luar negeri yang lebih kekinian dan praktis. Yaitu menggunakan aplikasi Qelola. Cukup dengan terdaftar di aplikasi Qelola, Anda sudah bisa melakukan transfer uang kapan dan dari mana saja dengan proses yang sangat cepat. Menariknya lagi, Qelola juga menyediakan berbagai layanan pembayaran digital. Mulai dari bayar tagihan listrik, beli token listrik, beli pulsa dan paket data internet, dan masih banyak lagi.

Bagaimana cara menggunakan Qelola? Pertama, Anda harus mengunduh aplikasi Qelola, lalu lakukan registrasi secara gratis. Selanjutnya, Anda perlu mengisi saldo pada dompet digital Qelola terlebih dahulu sebelum mulai melakukan berbagai macam transaksi. Isi saldo Qelola bisa Anda lakukan melalui ATM atau bank manapun di Malaysia dengan cara memasukkan nomor akun virtual Qelola yang Anda dapatkan. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan agen resmi Qelola. Sangat mudah, bukan?

Tags: , , , , ,