Tinggalkan Cara Kuno, Pahami Sistem Pembayaran Masa Kini!

sistem pembayaran

Hingga kini, model transaksi atau sistem pembayaran di Indonesia semakin bergeser. Pergeseran tersebut tentu saja tidak lepas dari pergerakan tren. Mulai dari barter barang, uang kertas, pembayaran non-tunai melalui ATM dan kartu kredit hingga digital payment, semuanya mengiringi perubahan dalam cara pembayaran di Indonesia. Sekarang giliran Anda untuk mengikuti perkembangan zaman dan teknologi. Pahami apa saja sistem pembayaran masa kini dan mulailah untuk meninggalkan cara pembayaran kuno yang ribet.

Baca juga: Serba-Serbi Mengenai Aplikasi yang Harus Anda Ketahui

Tipe Pembayaran Non-Tunai di Indonesia

sistem pembayaran 1 - Tinggalkan Cara Kuno, Pahami Sistem Pembayaran Masa Kini!

Sistem pembayaran non-tunai merupakan sistem pembayaran tanpa menggunakan uang tunai yang mulai diperkenalkan dalam transaksi ritel pada tahun 1990-an. Sistem pembayaran non-tunai sendiri bukan sebagai pengganti sistem pembayaran tunai, namun saling melengkapi satu sama lain. Penggunaan uang tunai dalam transaksi pembayaran sebenarnya sudah jauh lebih praktis jika dibandingkan dengan sistem barter ataupun sistem commodity currency yang digunakan oleh orang zaman dulu. Tapi sejalan dengan kebutuhan masyarakat dan perkembangan teknologi, penggunaan uang tunai dianggap kurang praktis dan kurang aman.

Bank Indonesia telah mencatat total nilai transaksi non-tunai yang sangat besar melalui sistem RTGS (Real Time Gross Settlement) dan sistem kliring. Hal tersebut menandakan bahwa masyarakat Indonesia sebenarnya telah terbiasa dalam penggunaan sistem pembayaran non-tunai atau pembayaran online baik dalam skala kecil hingga besar. Menurut Bank Indonesia, ada 2 jenis tipe pembayaran non-tunai di Indonesia yaitu chip based dan server based.

  1. Chip based merupakan metode pembayaran dengan kartu yang biasanya diberikan oleh pihak bank seperti, debit dan e-money.
  2. Sementara server based merupakan metode pembayaran berbasis server yang bisa diakses melalui website atau aplikasi. 

Macam-macam Sistem Pembayaran Online

sistem pembayaran 2 - Tinggalkan Cara Kuno, Pahami Sistem Pembayaran Masa Kini!

Tingginya tingkat transaksi online juga menjadi salah satu pendorong munculnya beragam sistem pembayaran online di dunia. Selain kartu kredit, masih ada beberapa jenis pembayaran online lainnya yang juga digunakan banyak orang. Dari sekian banyak jenis pembayaran online yang ada, ada 3 jenis sistem pembayaran online yang sering digunakan karena tingkat keamanan yang terjamin serta aksesibilitas yang mudah. Berikut penjelasannya:

1. Transfer Bank

Metode pembayaran yang paling sering digunakan adalah transfer bank. Anda bisa melakukannya melalui mobile banking, internet banking, atau ATM. Metode ini tergolong cara lama namun masih digunakan hingga sekarang. Metode transfer bank tidak tergerus oleh keberadaan alat pembayaran online karena mereka dinilai aman dan sangat praktis untuk dilakukan. Selain itu, cara ini juga merupakan cara yang paling umum dan dikenal oleh banyak orang dari berbagai kalangan di tanah air.

Ada beberapa kelebihan yang bisa Anda dapatkan jika menggunakan metode transfer bank, seperti keamanan. Transfer melalui mobile banking, internet banking, atau ATM cenderung aman karena Anda hanya perlu memasukkan PIN saja. Kelebihan lainnya adalah mudah digunakan dan sudah terintegrasi dengan e-commerce, sehingga banyak orang lebih memilih menggunakan metode ini. Sedangkan kekurangannya adalah, metode transfer bank tergolong ribet. Karena Anda harus melakukan konfirmasi secara manual. Selain itu, Anda juga membutuhkan alat token bank untuk transfer dan jika lupa membawanya, maka transfer tidak dapat diproses.

2. Kartu Kredit

Di zaman sekarang ini, penggunaan kartu kredit masih menjadi salah satu metode pembayaran online yang disukai oleh banyak orang. Dengan kartu kredit, Anda bisa berbelanja apa saja baik di dalam maupun di luar negeri. Pada umumnya, para online shop baik di dalam maupun di luar negeri memasukkan kartu kredit sebagai salah satu metode pembayaran. Sehingga banyak orang yang menyukai dan menggunakannya. Apalagi ditambah teknologi yang semakin maju sehingga kartu kredit semakin berkembang dengan sistem yang telah terintegrasi dengan banyak hal. 

Kelebihan penggunaan kartu kredit adalah, mudah untuk digunakan dan hampir semua toko baik di dalam maupun di luar negeri menyertakan kartu kredit sebagai alat pembayaran. Sedangkan kekurangannya adalah rentan untuk menjadi sasaran kriminalitas lewat pencurian data.

3. Aplikasi Qelola

sistem pembayaran 3 - Tinggalkan Cara Kuno, Pahami Sistem Pembayaran Masa Kini!

Sementara untuk bertransaksi di luar negeri khususnya di Malaysia, aplikasi Qelola menjadi sarana pembayaran yang sangat populer. Aplikasi Qelola ini juga tergolong sebagai salah satu metode pembayaran selain kartu kredit yang disukai oleh banyak orang khususnya para TKI di Malaysia. Penggunaan aplikasi ini akan memudahkan orang-orang dalam bertransaksi. Mulai dari kirim uang domestik maupun internasional, bayar tagihan listrik, BPJS Kesehatan, PDAM, beli pulsa dan paket data internet, dan masih banyak lagi. Selain itu, ada juga fitur-fitur yang tersedia dan bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda.

Kelebihan yang bisa Anda dapatkan jika bertransaksi menggunakan Qelola, salah satunya adalah keamanan dan kenyamanan dalam bertransaksi. Selain itu, aplikasi ini juga sangat mudah digunakan dan tanpa ada biaya pendaftaran alias gratis. Qelola akan membuat sistem pembayaran Anda lebih mudah. Unduh dan daftarkan diri Anda sekarang juga!

Tags: , , , , , , , ,